PPKM Darurat Bikin Stres? Ini Tips dan Trik Mengatasinya

PPKM Darurat Bikin Stres? Ini Tips dan Trik Mengatasinya

Dengan semakin meningkatnya jumlah kasus Corona, pemerintah menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Selama PPKM darurat ini, pemerintah meminta masyarakat untuk lebih banyak di rumah dan hanya keluar jika memang ada keperluan mendesak atau penting saja.

Klik Untuk Donasi - Jakarta Bergerak Bantu Masyarakat Terdampak
  1. Terdanai Rp.643,000
  2. Pencapaian 0.56%
  3. Donatur 11

PPKM darurat juga mengharuskan mall tutup dan restoran tidak melayani makan di tempat. Hal-hal di atas ternyata berdampak pada kesehatan mental seseorang. Nah apakah PPKM darurat bikin stres kita juga? Yuk intip tips dan trik cara mengatasinya agar kita bisa tetap tenang dan bijak menghadapi masa-masa ini.

Daftar isi:

  1. 1. Stres di Masa Pandemi
  2. 2. Tips dan Trik Cara Mengatasi Stres di Masa Pandemi

Stres di Masa Pandemi

Stres di masa pandemi memang menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Banyaknya berita kematian, berita-berita hoax yang tidak terbendung, dan belum lagi banyak orang terdampak dalam hal ekonomi, berperan dalam menyumbang beban pikiran. 

Beberapa respon yang muncul adalah rasa takut, khawatir, sedih, marah, dan frustasi. Beberapa orang bahkan kehilangan semangat, energi, dan nafsu makan. Respon-respon ini tentu bisa berdampak bagi kesehatan tubuh seperti sulit tidur, sakit kepala, gangguan pencernaan, hingga nyeri pada tubuh.

Selain berdampak pada kesehatan tubuh, respon di atas juga bisa memengaruhi kesehatan mental. Adapun resiko yang bisa muncul adalah burnout syndrome dan depresi.

Tips dan Trik Cara Mengatasi Stres di Masa Pandemi

Filter Informasi yang Tidak Perlu

Saat ini cukup banyak berita-berita yang membuat kita semakin takut dan was-was. Bahkan tanpa menyalakan televisi pun, berita-berita yang sama juga memenuhi internet dan media sosial. 

PPKM darurat bikin stres karena itu agar tidak cemas berlebihan, ada baiknya beristirahat dari menonton, mendengar, atau membaca berita terkait pandemi. Berikan waktu untuk otak kita beristirahat. Carilah informasi sesekali saja tapi jangan terlalu intens.

Tetap Menjalin Komunikasi Dengan Orang Lain

PPKM bukan berarti kita harus menarik diri dari lingkungan kita. Bahkan, di saat-saat seperti ini, kita harus lebih peduli dengan sesama. Kita bisa menghubungi teman sekolah atau kerabat dan menanyakan kabar mereka. 

Apabila memungkinkan, tawarkan pula bantuan jika memang mereka sedang membutuhkan. Kita juga bisa mengirimi mereka bingkisan makanan. Hal-hal kecil seperti ini tentu akan membuat mental kita lebih tenang dan sehat.

Bersama Lawan COVID-19, Bantu Masyarakat Terdampak

Merawat Tubuh

Merawat tubuh bisa membuat perasaan jauh lebih baik. Merawat tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara rutin, menghindari rokok, kafein, dan makanan tidak sehat lainnya, dan juga tidur cukup. 

Dengan merawat tubuh, kesehatan pun lebih terjaga sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Melakukan Aktivitas yang Kita Sukai

Tips dan trik selanjutnya untuk menghadapi PPKM darurat bikin stress adalah dengan melakukan kegiatan yang kita sukai. Melakukan aktivitas santai yang kita sukai terbukti mampu meredakan stres dan membuat diri kita bahagia. 

Kita bisa meluangkan waktu dengan memasak, membaca buku, melukis, memancing, menjahit, bermain musik, fotografi, menulis, atau otomotif. 

PPKM darurat bikin stress? Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita dalam menghadapi pandemi. Dengan tips dan trik cara mengatasinya, kita bisa berfokus pada kesehatan tubuh dan mental serta menghadapi masa pandemi ini tanpa rasa cemas dan khawatir berlebihan. 

Nah untuk mengetahui info menarik dan bermanfaat lainnya seputar kesehatan, pandemi, dan bersedekah, kunjungi WeCare.id. Di sini, kalian juga bisa melakukan donasi secara mudah. Donasi yang diberikan pun bisa kalian awasi karena sedekah di WeCare.id dilakukan secara transparan. Selain bisa diakses lewat website, aplikasi WeCare.id juga bisa diunduh secara gratis di Play Store.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Referensi

Dian Fitriani N. (2021, 17 Juli). PPKM Darurat Bikin Kena Mental? Tenang, Begini Cara Mengatasinya! Diakses pada tanggal 19 Agustus 2021, dari https://nova.grid.id/read/052791043/ppkm-darurat-bikin-kena-mental-tenang-begini-cara-mengatasinya?page=all 
Nabilla Tashandra. (2021, 7 Juli). PPKM Darurat Bikin Stres? Atasi dengan 7 Cara Ini. Diakses pada tanggal 19 Agustus 2021, dari https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/07/094912520/ppkm-darurat-bikin-stres-atasi-dengan-7-cara-ini?page=all