Mau Daftar kartu Prakerja? Cek Infonya di Sini

Mau Daftar kartu Prakerja? Cek Infonya di Sini

Pasti kamu sudah pernah mendengar mengenai kartu prakerja, kan? Program ini merupakan salah solusi yang diambil oleh pemerintah untuk mengatasi banyaknya pemutusan kerja diakibatkan oleh pandemi Covid-19 yang melumpuhkan sektor ekonomi dan sektor-sektor lainnya.  Seperti apa program ini dan bagaimana cara mendaftarnya? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Kartu Prakerja?
  2. 2. Syarat Mendaftar Kartu Prakerja
  3. 3. Manfaat Kartu Prakerja
  4. 4. Cara Daftar Kartu Prakerja Indonesia

Apa Itu Kartu Prakerja?

Program KP adalah program pengembangan kompetensi kerja serta kewirausahaan bagi para pencari kerja juga para pekerja dan buruh. Mereka ini adalah para pekerja dan buruh yang mengalami PHK atau pemutusan kerja karena dampak pandemi Covid-19. Program ini juga ditujukan untuk para pelaku usaha kecil yang mengalami kelesuan usaha akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membantu para pekerja juga pelaku usaha yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program ini didesain dan dikemas dengan semaksimal mungkin supaya memberikan nilai untuk pengguna. Pemerintah mengharapkan program ini akan memberikan nilai untuk sektor swasta.

Pelaksanaan program pengembangan kompetensi kerja juga kewirausahaan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan yang dilangsungkan secara daring dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Selain itu, ada juga pemberian bantuan sosial tunai.

Klik Untuk Donasi - Bantu Warga Isoman Jambi
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 0

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Jika kamu berminat untuk mendaftar, ada beberapa persyaratan yang harus diketahui. Berikut ini informasinya yang dilansir dari lama situs Prakerja.

  • Warga negara Indonesia dengan usia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  • Tidak sedang bekerja/penerima upah/pelaku usaha mikro dan kecil, pekerja atau buruh yang terkena PHK karena pandemi Covid-19 yang memerlukan peningkatan kompetensi kerja
  • Tidak menerima bantuan sosial yang lain saat pandemi Covid-19.
  • Bukan seorang Pejabat Negara, Pimpinan juga Anggota DPRD, Prajurit TNI, ASN, Anggota Polri, Kepala Desa serta perangkat desa juga Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas di BUMN maupun BUMD.
  • Dalam satu KK maksimal dua NIK yang bisa jadi Penerima.

Manfaat Kartu Prakerja

Berdasarkan infomasi dari laman situs web Prakerja, pengguna program ini akan mendapatkan manfaat berupa uang senilai Rp3.550.000. Adapun rinciannya seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Bantuan untuk pelatihan sebesar Rp1.000.000
  • Insentif sesudah melakukan pelatihan sebesar Rp600.000 tiap bulan (selama 4 bulan)
  • Insentif survei untuk kebekerjaan sebesar Rp50.000 tiap sekali survei (Ada 3 kali survei). Jumlah totalnya Rp150.000 per peserta. 

Adapun bantuan untuk mengikuti pelatihan akan diberikan pada pengguna secara non-tunai. Untuk insentif yang diberikan sesudah selesai pelatihan akan ditransferkan ke rekening bank maupun e-wallet yang dimiliki pengguna. Insentif tersebut hanya disalurkan ke rekening e-wallet maupun rekening bank yang sudah didaftarkan di akun Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Indonesia

Untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri, pertama-tama kamu harus memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan di atas. Apabila memenuhi persyaratan, selanjutnya adalah membuat akun Kartu Prakerja di laman www.prakerja.go.id.

Membuat Akun 

  1. Berikut ini cara membuat akun Kartu Prakerja di laman situs web prakerja.go.id:
  2. Buka laman situs web prakerja.go.id
  3. Masukkan alamat email atau no. ponsel
  4. Klik tombol Daftar
  5. Kemudian pilih metode verifikasi
  6. Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melakui email atau SMS
  7. Pendaftaran akun berhasil
  8. Pemohon sudah sukses membuat akun Kartu Prakerja

Tahap selanjutnya adalah pendaftaran serta tes Kartu Prakerja

Pendaftaran & Tes Kartu Prakerja

Sesudah berhasil membuat akun, pemohon dapat mendaftarkan diri agar bisa masuk dan mengikuti program ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman situs web prakerja.go.id
  2. Login menggunakan akun yang sudah terverifikasi
  3. Klik Daftar 
  4. Mengisi formulir pendaftaran
  5. Kemudian klik Selanjutnya
  6. Ikuti tes kemampuan dasar
  7. Akhiri dengan meng-klik Selesai

Sesudah menyelesaikan pendaftaran serta mengisi formulir juga mengikuti tes dasar, maka pemohon akan mendapatkan sebuah notifikasi di akun masing-masing. Bagi pemohon yang lolos tes dan mendapatkan kuota dari batch yang dipilih, maka mereka berhasil diterima dan bisa mengikuti program KP.

 Untuk pemohon yang lolos seleksi tetapi kuota batch yang dipilih sudah penuh, pemohon bisa melakukan pendaftaran ulang pada batch selanjutnya. Bagi mereka yang melakukan daftar ulang tak perlu mengisi kembali data mereka. Semua data sebelumnya sudah terekam secara otomatis.

Itulah informasi mengenai Kartu Prakerja serta cara mendaftarnya. Untuk kamu yang mengalami pemutusan hubungan kerja atau sedang mencari pekerjaan, kamu bisa mencoba program ini. Bagi yang sudah mendaftar, sambil menunggu notifikasi di dashboard-mu, yuk bantu semampumu mereka yang juga mengalami kesusahan biaya pengobatan akibat pandemi Covid-19. Cara gampang sekali. Kamu cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Saling Bantu Untuk Indonesia Sehat
  1. Terdanai Rp.1,262,749,500
  2. Pencapaian 63.14%
  3. Donatur 148

Referensi

Mengenal Apa Itu Kartu Prakerja: Manfaat, Syarat dan Cara Daftar Prakerja Indonesia. (2020). Diambil kembali dari idcloudhost.com.

Putsanra, D. V. (2020). Manfaat Kartu Prakerja di prakerja.go.id: Dapat Uang dan Pelatihan. Diambil kembali dari tirto.id.

Susanto, V. Y. (2021). Soal pembukaan gelombang 22 kartu prakerja, ini penjelasan PMO kartu prakerja. Diambil kembali dari nasional.kontan.co.id.Tentang Kartu Prakerja. (2020). Diambil kembali dari prakerja.go.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *