5 Cara Mengenal Diri Sendiri Dengan Lebih Baik

5 Cara Mengenal Diri Sendiri Dengan Lebih Baik

Usia bukanlah patokan seberapa kita mengenal diri sendiri, terkadang di usia dewasa ini seringkali kita belum memahami betul diri sendiri. Begitu pula sebaliknya, seseorang yang masih remaja dapat mengetahui apa yang diinginkan dan bagaimana cara mencapainya. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Rawat ODGJ di Yayasan Jamrud Biru dapat hidup dengan sejahtera
  1. Terdanai Rp.822,000
  2. Pencapaian 1.42%
  3. Donatur 7

Mengenal diri sendiri akan berdampak pada segala aspek dalam kehidupan dan bagaimana kita merespon suatu keadaan. Kita takkan mudah merasa minder, pesimis, gelisah, insecure, overthinking, atau perasaan buruk lainnya. Bila kamu ingin mengenal diri lebih dalam lagi, simak pembahasan berikut ini, ya!

Cara Mudah Mengenal Diri Sendiri

Mengenal diri memang tak mudah, sebab itu akan berlangsung sepanjang hidup kita. Namun bila kita berhasil mengenal dan memahami diri, kita dapat menjalani kehidupan yang penuh kedamaian, lebih bermakna, dan lebih percaya diri. 

Agar dapat mengenal diri kita dengan lebih baik, ada baiknya untuk mengetahui dahulu apa yang menjadi kelebihan maupun keistimewaan kita. Berikut ini adalah cara mudah untuk mengenal diri:

Ketahui apa kekuatan dan kelemahanmu

Langkah pertama untuk mengenal diri adalah dengan mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan atau kelemahanmu. Kamu bisa menuliskannya di kertas, setidaknya 5 hal yang menjadi kekuatan dan kelemahanmu. 

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri, kita dapat mengetahui di mana batas kemampuan sendiri. Selain itu, kita juga menjadi lebih percaya diri dan dapat menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

Mencari tahu minat

Kamu juga bisa mengenal diri melalui minat, hobi, atau passion-mu. Kira-kira hal apa yang paling menarik perhatianmu? Kamu dapat mengetahui kegiatan tersebut lebih dalam, mungkin saja itu merupakan minatmu selama ini. Dengan menekuni minat atau hobi tersebut, kita dapat menentukan arah hidup kita dan menemukan cara untuk menjalani hidup dengan lebih menyenangkan.

Jujur terhadap diri sendiri

Ketika sedang dalam proses memahami diri, itu artinya kita harus menerima berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri kita. Kita dapat mengevaluasi diri dengan cara jujur pada diri sendiri. Dengan itu, kita akan lebih menerima diri dan memahami bahwa tidak semua orang sempurna.

Menentukan tujuan hidupmu

Agar hidup kita lebih terarah dan bermakna, kita harus memiliki tujuan hidup yang jelas. Setelah mengetahui tujuan hidup, kamu dapat mulai menuliskan langkah-langkah apa yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Alami Kelainan pada Wajahnya, Adik Risha Sangat Mengharapkan Uluran Tanganmu!

Mengikuti tes kepribadian

Bila kamu kesulitan untuk mengenal diri, misalnya karena memiliki banyak minat dan tidak tahu cara mengembangkannya. Atau justru sebaliknya, kamu tidak mengetahui apa yang menjadi minat dan bakat, ada baiknya untuk berkonsultasi ke psikolog dan mengikuti rangkaian tes kepribadian. 

Setiap manusia memang memiliki kepribadian yang unik dan beragam. Kita tak perlu berpura-pura menjadi orang lain, sebab kita yang nantinya akan menjalani hidup kita sendiri. Bila sudah mengenal karakter, sifat, serta kepribadian diri, maka kita akan pun akan lebih mudah memahami orang lain. 

Salah satu cara untuk memahami orang lain adalah dengan saling berbagi kebaikan pada orang lain. Misalnya dengan membantu pasien kurang mampu yang membutuhkan uluran tangan kita. Yuk, bantu mereka dengan berdonasi melalui aplikasi WeCare.id yang bisa diunduh melalui App Store maupun Google Play Store. Bantuan darimu akan sangat berarti untuk mereka. 

Klik Untuk Donasi - Vaksinasi Untuk Eliminasi COVID-19 | #SinergiUntukJakarta
  1. Terdanai Rp.1,259,000
  2. Pencapaian 0.81%
  3. Donatur 21

Referensi:

  • Kreatuvv.com. (2021). 6 Cara Mengenali Diri Sendiri Untuk Hidup Lebih Bahagia dan Bermakna. Diakses pada 19 Agustus 2021, dari https://kreativv.com/mengenali-diri-sendiri/view-all/ 
  • Riliv.co. (2019, 2 September). Jangan Jahat Dengan Dirimu Sendiri! Cobalah Mengenal Diri Sendiri. Diakses pada 19 Agustus 2021, dari https://riliv.co/rilivstory/mengenal-diri-sendiri/
  • Sehatq.com. (2021, 18 Juni). Susah-Susah Gampang, Ini Trik Agar Bisa Mengenal Diri Sendiri. Diakses pada 19 Agustus 2021, dari https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-diri-sendiri 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *