Mau Tahu Cara Mengatasi Overthinking? Baca di Sini!

Mau Tahu Cara Mengatasi Overthinking? Baca di Sini!

Apakah kamu sedang mencari cara mengatasi overthinking yang kamu alami sekarang ini? Banyak pikiran-pikiran negatif dan kekhawatiran yang berseliweran di dalam kepalamu. Ketika kamu mengalami hal seperti ini, pikiran berputar-putar di sekitar kepalamu dan kamu mendapati dirimu terjebak dan tidak dapat bergerak maju. Parahnya lagi, kamu mulai menemukan pikiran-pikiran aneh yang benar-benar bertentangan satu sama lain.

Klik Untuk Donasi - Anak Kuli Bangunan Menderita Gagal Jantung, Bantuanmu Sangat Diharapkan!
Gagal Jantung Kongestif
Gilang Adi Pratama
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,175,000
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 87

Orang yang overthinking terlalu memikirkan setiap masalah kecil sampai menjadi lebih besar dan lebih menakutkan daripada yang sebenarnya. Mereka terlalu memikirkan hal-hal positif sampai hal-hal tersebut tidak terlihat begitu positif lagi dan kecemasan mulai meningkat. Bisa juga orang yang overthinking menganalisis dan mendekonstruksi sesuatu secara berlebihan sehingga kebahagiaan yang datang dari momen saat ini jadi menghilang.

Gangguan overthinking bisa mengakibatkan menjadi orang jadi diam saja tidak melakukan apapun dan menyabotase diri sendiri dari hal-hal baik yang terjadi dalam hidup.

Daftar isi:

  1. 1. Bahaya Overthinking
  2. 2. Cara Mengatasi Overthinking

Bahaya Overthinking

Terlalu banyak berpikir bukan hanya gangguan, tapi bisa berdampak serius pada kesejahteraanmu. Penelitian menyebutkan bahwa memikirkan kekurangan, kesalahan, dan masalah bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan mental. Dan ketika kesehatan mental menurun, kecenderungan untuk merenung meningkat. Ini bisa mengakibatkan lingkaran setan yang sulit diputus. 

Menurut hasil studi, overthinking dapat mengakibatkan tekanan emosional yang cukup serius. Beberapa orang memilih menghindari tekanan ini dengan cara yang tidak sehat, seperti makan yang banyak atau beralih ke alkohol.

Orang yang overthinking selalu mendapati pikirannya tak bisa dihentikan sehingga membuat mereka tidak bisa tidur. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh penelitian yang menemukan bahwa merenung dan kekhawatiran dapat mengakibatkan jam tidur menjadi lebih sedikit dan kualitas tidur jadi lebih buruk.

Cara Mengatasi Overthinking

Mengakhiri mengulang-ulang pikiran, menebak-nebak, dan memprediksi masalah, lebih mudah untuk diucapkan dibandingkan dilakukan. Namun, jika berlatih dengan konsisten, kamu bisa membatasi pola berpikir negatifmu. Untuk kamu yang memerlukan cara mengatasi overthinking yang kamu alami, berikut ada beberapa metode yang dirangkum dari laman situs Psychology Today adan the Healthy.

1. Belajar untuk menyadari

Kesadaran adalah langkah pertama dalam cara mengatasi overthinking. Mulailah memperhatikan cara dirimu berpikir. Kenali kapan kamu melakukannya. Mengakui bahwa kamu mungkin cemas mengenai hasil dari keputusan yang kamu ambil dapat membantumu melihat akar dari keputusanmu. Tindakan sederhana mengambil langkah mundur, bernapas dan mengamati seluruh situasi dapat membantu untuk berhenti berpikir berlebihan. Juga, jangan menyalahkan diri sendiri karena terlalu banyak berpikir sebab itu bisa memperburuk keadaan.

Menunggak Biaya Persalinan Buah Hatinya, Bu Sahni Butuh Pertolonganmu Segera!

2. Tantang Pikiranmu

Sangat mudah terbawa oleh pikiran negatif. Jadi sebelum kamu menyimpulkan bahwa meminta izin akan membuatmu dipandang tak profesional atau melupakan satu tenggat waktu akan mengakibatkan kamu jadi dipecat, akui bahwa pikiranmu mungkin terlalu negatif. Belajarlah untuk mengenali dan mengganti kesalahan berpikir, sebelum pikiranmu membuatmu menjadi gila.

3. Tetap Fokus Pada Pemecahan Masalah Aktif

Memikirkan masalahmu tidak membantu, tapi mencari solusi bisa membantu. Tanyakan pada diri sendiri langkah apa yang bisa kamu ambil untuk dipelajari dari kesalahan yang terjadi atau untuk menghindari masalah ini di masa depan. Alih-alih bertanya mengapa ini terjadi? Lebih baik tanya pada dirimu apa yang bisa kamu lakukan.

4. Buat Jadwal untuk Melakukan Refleksi

Memikirkan masalah untuk jangka waktu yang lama tidak produktif, tetapi refleksi singkat bisa membantu. Memikirkan tentang bagaimana kamu bisa melakukan sesuatu secara berbeda atau mengenali potensi masalah pada rencanamu, misalnya, bisa membantumu melakukan lebih baik di masa depan.

Caranya kamu bisa beri waktu dirimu 20 menit untuk memikirkan semua kekhawatiranmu dan memikirkan apa yang ingin kamu lakukan. Sesudah waktu habis, beralihlah ke hal yang lebih produktif. Saat terpancing untuk memikirkan hal itu lagi, ingatkan dirimu bahwa nanti kamu akan memiliki waktu untuk memikirkan hal tersebut.

5. Melatih Mindfulness

Tidaklah mungkin untuk mengulang hari kemarin atau mengkhawatirkan hari esok ketika kamu hidup di masa sekarang. Berkomitmen untuk menjadi lebih sadar akan hidup saat sekarang. Sama seperti keterampilan lainnya, perhatian membutuhkan latihan, tetapi seiring waktu, latihan ini bisa mengurangi pemikiran berlebihan.

6. Alihkan Perhatian

Jangan coba berusaha untuk menyuruh diri berhenti berpikir tentang suatu hal karena justru pikiran itu akan terus bermunculan. Sebagai gantinya, sibukkan dirimu dengan suatu aktivitas. Ini merupakan salah satu cara mengatasi overthinking. Berolahraga, terlibat dalam percakapan tentang topik yang sama sekali berbeda atau kerjakan proyek yang akan mengalihkan pikiran dari rentetan pikiran negatif.

7. Membayangkan Akhir yang Bahagia

Berfokus pada atau bermeditasi tentang hasil positif dapat membantu memblokir pikiran yang membingungkan atau negatif. Membayangkan tujuan akhir itu dapat membuat kamu tetap termotivasi, serta mengalihkan perhatianmu dari kekhawatiran langsung. Membayangkan akhir yang bahagia hanyalah salah satu kebiasaan sehari-hari orang-orang yang tidak pernah stres.

Mungkin cara mengatasi overthinking di atas tidak akan langsung berhasil. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Namun latihan yang terus-menerus akan membuahkan hasil. Sambil berlatih, yuk bantu juga pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit yang membutuhkan bantuan dana. Caranya cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Mari kita bantu wujudkan impian para penghafal quran untuk punya seragam baru
  1. Terdanai Rp.285,000
  2. Pencapaian 2.47%
  3. Donatur 4

Referensi

Cutolo, M. (2021). 11 Simple Tricks to Stop Yourself from Overthinking Everything. Diambil kembali dari thehealthy.com.

Edberg, H. (2020). How to Stop Overthinking Everything: 12 Simple Habits. Diambil kembali dari positivityblog.com.

Itani, O. (2020). 8 Steps to Help You Stop Overthinking Everything. Diambil kembali dari omaritani.com.

Morin, A. (2016). 6 Tips to Stop Overthinking. Diambil kembali dari psychologytoday.com.

Sumber Featured Image : Freepik.com