Inilah Cara Disinfeksi Rumah Sesudah Selesai ISOMAN

Inilah Cara Disinfeksi Rumah Sesudah Selesai ISOMAN

Apakah kamu atau anggota keluargamu pasien positif COVID-19 yang baru selesai isolasi mandiri dan sedang mencari informasi mengenai cara disinfeksi rumah?

Bagi pasien yang positif COVID-19 dan orang yang kontak dekat dengan pasien positif COVID-19, mereka diwajibkan untuk melakukan isolasi rumah sampai risiko penularan ke orang lain dianggap rendah. 

Jika tidak menunjukkan gejala, kamu atau anggota keluargamu bisa bergabung kembali dengan anggota keluarga yang lain setelah 14 hari seusai tes negatif. Keputusan selesainya ISOMAN ditentukan oleh petugas kesehatan di daerahmu. Namun, sebelum bergabung kembali dengan keluarga dan masyarakat, kamu harus membersihkan dan mensterilkan ruangan tempat kamu atau anggota keluargamu melakukan isolasi mandiri. 

Klik Untuk Donasi - Bertahan Hidup dengan Mesin Cuci Darah, Ibu Desi Sangat Mengharapkan Bantuanmu!
Gagal Ginjal Kronis
Desy Arizandi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,198,000
  2. Pencapaian 9.16%
  3. Donatur 63

Kapan Harus Membersihkan dan Kapan Harus Disinfeksi

Sanitasi merupakan suatu keharusan. Tapi bagaimana cara disinfeksi rumah setelah ISOMAN? Produk apa yang bisa digunakan? Permukaan mana yang harus dibersihkan? 

Produk yang memiliki kandungan sabun atau deterjen dapat digunakan untuk bersih-bersih karena produk tersebut bisa mengurangi kuman di permukaan. Caranya yaitu dengan menghilangkan kontaminan serta mengurangi risiko infeksi dari permukaan.

Jika di rumah tidak ada orang dengan positif COVID-19, maka pembersihan biasanya cukup sekali dalam sehari. Ini sudah bisa menghilangkan virus yang mungkin ada di permukaan dan membantu menjaga fasilitas yang sehat. 

Lakukan pembersihan yang lebih sering atau disinfeksi di ruang bersama jika ruang tersebut adalah area lalu lintas tinggi. Selain itu disinfeksi dilakukan jika kondisi tertentu berlaku yang bisa meningkatkan risiko infeksi dari menyentuh permukaan, seperti:

  • Lingkungan dengan transmisi COVID-19 tinggi 
  • Tingkat vaksinasi di lingkungan yang rendah 
  • Jarang menggunakan tindakan pencegahan lain, seperti pemakaian masker (di antara orang yang tidak divaksinasi) dan mencuci tangan
  • Ruang tersebut dihuni oleh mereka yang memiliki risiko tinggi terkena penyakit parah disebabkan COVID-19
  • Jika ada orang sakit atau seseorang yang dinyatakan positif COVID-19 di fasilitas milikmu dalam 24 jam terakhir, kamu harus membersihkan dan mendisinfeksi ruangan.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Disinfeksi Rumah

Sebelum kamu mengikuti cara disinfeksi rumah setelah ISOMAN, kamu bisa melakukan hal berikut ini:

Menutup Rumah Selama Seminggu

Cara disinfeksi rumah termudah sesudah kamu atau seseorang di rumahmu terjangkit COVID-19 yaitu dengan menutup rumah selama seminggu. Virus tidak akan aktif pada saat itu. Selain itu, semakin lama ditutup, semakin aman untuk dibersihkan. Namun jika menunggu selama itu tidak memungkinkan, bersihkan dan disinfeksi ruangan secara menyeluruh sebelum rumah dimasuki lagi. 

Buka Jendela Rumah

Karena penularan melalui udara, disarankan untuk memiliki ventilasi ruangan yang baik. Membuka semua jendela selama satu atau dua hari memungkinkan ventilasi yang baik dan membantu menyingkirkan virus sampai batas tertentu.

Ayo Tunjuk Tangan untuk Dukung Anak Indonesia Tumbuh Maksimal

Cara Disinfeksi Rumah yang Benar untuk Mengurangi Risiko Penyebaran Virus

Ada kabar baik mengenai penyebaran virus COVID-19. Pertama, COVID-19 tidak menyebar khususnya melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi. Risiko tertular COVID melalui permukaan jauh lebih rendah dibandingkan dengan berbagi udara dengan orang yang bisa menularkan.

Meskipun demikian, kemungkinan risikonya tidak nol karena itu sangat membantu untuk mendisinfeksi permukaan yang kamu sentuh saat kamu sakit. Pembersihan menyeluruh dengan disinfektan yang sesuai akan membantu melindungi orang-orang di sekitarmu.

Virus COVID-19 mati cukup cepat di sebagian besar permukaan. Namun sesudah sembuh dari COVID-19, lebih baik kamu membersihkan permukaan dan mencuci pakaian serta tempat tidur. Berikut ini cara disinfeksi rumah setelah ISOMAN:

  • Kenakan sarung tangan dan masker saat membersihkan
  • Gunakan disinfektan yang sesuai; banyak produk pembersih terkenal yang bisa 
  • Disinfeksi permukaan yang banyak disentuh seperti gagang pintu dan keran
  • Cuci semua pakaian dan tempat tidur menggunakan pengaturan air paling hangat yang sesuai dan keringkan barang-barang sepenuhnya. (Untuk meminimalkan kemungkinan penyebaran virus melalui udara, cucian kotor jangan dikebut-kebutkan.)
  • Buka jendela jika memungkinkan
  • Cuci semua piring dan sendok garpu yang kamu gunakan saat kamu sakit
  • Bersihkan kamar mandi dan toilet 
  • Buang semua sampah

Tips Menggunakan Disinfektan Bahan Kimia dengan Aman

Selain memperhatikan cara disinfeksi rumah, kamu juga harus memperhatikan bahan disinfektan yang kamu gunakan. Berikut ini tips cara menggunakan disinfektan yang berbahan kimia.

  • Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk pada label produk pembersih dan desinfeksi untuk memastikan penggunaan yang aman dan efektif. Kenakan alat pelindung diri, seperti sarung tangan, kacamata atau goggle, bergantung pada petunjuk pada label produk.
  • Pastikan ventilasi yang memadai (misalnya, buka jendela dan kipas angin).
  • Gunakan sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan pada label.
  • Jika cairan disinfektan perlu pengenceran menggunakan air, gunakan air yang sesuai dengan suhu kamar (kecuali disebutkan lain pada label).
  • Beri label pada larutan pembersih atau disinfektan yang diencerkan
  • Simpan serta gunakan bahan kimia yang aman dari jangkauan anak-anak serta hewan peliharaan.
  • Jangan mencampur produk cairan disinfektan atau bahan kimia.
  • Jangan makan, minum, menghirup, atau menyuntikkan produk pembersih dan desinfeksi ke dalam tubuhmu atau mengoleskannya langsung ke kulitmu karena bisa menyebabkan kerusakan serius.
  • Jangan menyeka atau memandikan orang atau hewan peliharaan dengan produk pembersih dan desinfeksi permukaan.
  • Pertimbangan cairan yang dipilih jika ada penderita asma. Beberapa produk pembersih dan desinfeksi bisa memicu asma. Pelajari lebih lanjut tentang mengurangi kemungkinan serangan asma saat melakukan disinfeksi untuk mencegah COVID-19.

Itulah cara disinfeksi rumah untuk pasien yang sudah melakukan ISOMAN. Sesudah selesai isolasi mandiri pastikan kamu bersihkan dulu rumah tempatmu atau anggota keluargamu yang melakukan ISOMAN agar virus tidak menyebar. Sesudah kamu selesai melakukan isolasi mandiri dan sehat kembali, yuk bantu pasien lain yang membutuhkan donasi untuk pengobatan.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Jakarta Bergerak Bantu Masyarakat Terdampak
  1. Terdanai Rp.643,000
  2. Pencapaian 0.56%
  3. Donatur 11

Referensi

Bernanke, A. (2021). How should I clean my house after recovering from COVID? Diambil kembali dari covid-101.org.

Cleaning and Disinfecting Your Facility. (2021). Diambil kembali dari cdc.gov.Pawar, N. J. (2021). How to disinfect the quarantine room at home. Diambil kembali dari architecturaldigest.in.

Sumber Featured Image : Pixabay.com