Berbagai Penyebab Sering Lupa dan Cara Mengatasinya

Berbagai Penyebab Sering Lupa dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu sering lupa di mana menaruh barang, lupa tidak membawa sesuatu, atau kapan ulang tahun pasangan? Jika kondisi ini dibiarkan, nantinya bisa menganggu, membuat kesal, dan bahkan mengkhawatirkan. 

Klik Untuk Donasi - Benjolan Tumor dalam Tempurung Kepala Pak Sugiyono Membuat Matanya Tak Dapat Melihat!
Tumor Otak
Sugiyono
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.463,587
  2. Pencapaian 1.77%
  3. Donatur 10

Semua orang pasti pernah mengalami lupa. Hal tersebut sering kita alami saat kita memiliki banyak pekerjaan, saat kelelahan, atau sedang terlalu asik saat melakukan sebuah hal.

Daftar isi:

  1. 1. Penyebab Sering Lupa
  2. 2. Cara Mengatasi Lupa

Yuk cari tahu apa saja penyebab mengapa kita sering lupa dan  cara mengatasinya.

Penyebab Sering Lupa

Sering mengalami lupa tidak selalu berkaitan dengan penuaan. Berikut beberapa penyebab yang dapat membuat orang lupa.

1. Kurang Tidur

Tidak cukup tidur bisa memicu kecemasan dan juga menyebabkan perubahaan mood. Selain itu, kurang tidur juga dapat menurunkan kemampuan dalam berkonsentrasi. Maka, tidak heran jika kurang tidur menjadi salah satu penyebab utama kita sering lupa.

2. Gangguan Emosi

Depresi, stres, atau kecemasan bisa membuat kita sulit menerima informasi dan kurang mampu berkonsentrasi. Hal tersebut menyebabkan kita sering lupa. 

Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur. Sehingga dapat memperparah baik gejala gangguan emosi maupun kemampuan dalam mengingat.

3. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan antidepresan seperti amitryptiline dan paroxetine dan obat-obatan antihistamin bisa memengaruhi daya ingat. Jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan jenis tersebut dan mengalami efek samping yang parah, segera konsultasikan ke dokter untuk memperoleh obat pengganti.

4. Mengonsumsi Terlalu Banyak Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol bisa mempengaruhi ingatan jangka pendek. Akibat ini bisa terus berlangsung bahkan setelah efek alkohol tersebut hilang. Maka, tidak heran jika orang sering melupakan apa yang dilakukannya saat mabuk.

5. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah, infeksi otak, tumor, cedera kepala, gangguan ginjal atau hati, serta gangguan kelenjar tiroid, bisa menyebabkan penderitanya mengalami gangguan dalam menyimpan, menerima, dan mengolah informasi. Maka tidak heran jika penderita salah satu penyakit tersebut sering lupa.

6. Kekurangan Vitamin B12

Salah satu penyebab lupa adalah kurangnya asupan vitamin B12 yang kita konsumsi. Hal tersebut dikarenakan vitamin ini memiliki peran yang penting dalam menjaga sel saraf, termasuk yang ada di otak.

Ulurkan Tangan untuk Bantu Tenaga Medis dalam Percepatan Vaksinasi di DKI Jakarta

Cara Mengatasi Lupa

Seseorang yang sering lupa pada usia muda memang disebabkan oleh berbagai faktor yang beragam. Dengan melakukan identifikasi penyebab tersebut, kamu bisa mengatasi kondisi mudah lupa yang sering terjadi.

Jika kamu mengalami mudah lupa karena kamu tidak cukup tidur, maka memiliki waktu tidur yang berkualitas dan cukup dapat memperbaiki masalah memori secara perlahan. Hindari begadang dan pastikan kamu memperbaiki pola tidurmu.

Selain itu, kamu juga perlu mengurangi konsumsi alkohol jika kebetulan kamu sering mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak. Meningkatkan konsumsi vitamin B12 dan asam lemak omega 3 juga dapat menutrisi otak. 

Membatasi makanan yang mengandug lemak trans dan lemak jenuh juga bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. Sehingga, kasus mudah lupa dapat dikurangi.

Jika kamu mengalami sering lupa karena meminum obat-obatan tertentu, maka bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, dokter bisa mengganti atau menyesuaikan dosis obat yang perlu kamu konsumsi untuk meminimalisir masalah yang berkaitan dengan memori.

Nah itu dia beberapa penyebab mudah lupa dan cara untuk mengatasinya. Selain meningkatkan kemampuan memori otak, jangan lupa untuk meningkatkan empati dan amal baik dengan berdonasi di WeCare.id.

Kamu bisa berdonasi di website WeCare.id melalui pranala ini. Ingin cara yang lebih mudah? Kamu bisa berdonasi melalui aplikasi WeCare.id yang bisa diinstal di Playstore ataupun Appstore. Berdonasi jadi lebih mudah dengan WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Peduli Anak Kanker di Tengah Pandemi Covid-19
  1. Terdanai Rp.568,500
  2. Pencapaian 1.97%
  3. Donatur 15

Referensi:

Alodokter. (2020, 5 Juli). Mungkin Ini Alasan Kamu Sering Lupa. Diakses melalui https://www.alodokter.com/mungkin-ini-alasan-kamu-sering-lupa, pada 18 Agustus 2021.

Hellosehat. (2021, 2 Februari). Berbagai Penyebab Anda Mudah Lupa serta Cara Mengatasinya. Diakses melalui https://hellosehat.com/saraf/penyebab-sering-lupa/, pada 18 Agustus 2021.

Orami. (2021, 8 Juli). Penyebab dan Cara Mengatasi Sering Lupa, untuk Moms yang Merasa Pikunan. Diakses melalui https://www.orami.co.id/magazine/sering-lupa/,  pada 18 Agustus 2021.