Segudang Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Segudang Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kayu manis yang begitu banyak membuat rempah asli Sri Lanka ini menjadi sangat istimewa, bahkan di zaman Mesir kuno harga kayu manis bisa melebihi emas. Tanpa berlama-lama, langsung saja kita kupas manfaat kayu manis yang tidak hanya berguna bagi kesehatan tetapi juga memiliki khasiat untuk kecantikan.

Klik Untuk Donasi - Peduli Anak Kanker di Tengah Pandemi Covid-19
  1. Terdanai Rp.73,000
  2. Pencapaian 0.25%
  3. Donatur 5

Daftar isi:

  1. 1. Penangkal radikal bebas
  2. 2. Membantu melawan infeksi
  3. 3. Menurunkan kadar lemak dan mengontrol kolesterol
  4. 4. Menanggulangi gejala diabetes
  5. 5. Memperkuat kinerja otak

Penangkal radikal bebas

Kayu manis merupakan rempah beraroma khas yang sejak lama digunakan dalam berbagai masakan dan campuran minuman. Meski demikian, masih banyak yang belum mengetahui manfaat luar biasa dari kayu manis bagi kesehatan.

Senyawa-senyawa seperti safrole, tannin, eugenol, dan kalsium oksalat, yang terkandung di dalamnya membuat kayu manis sarat akan antioksidan. Rutin mengonsumsi kayu manis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan kemampuan menangkal efek buruk radikal bebas.

Senyawa Cinnamaldehyde atau sinamaldehid yang terdapat pada kulit batang kayu manis, termasuk golongan fenilpropanoid turunan senyawa fenol yang memegang peranan penting pada kerja antioksidan. Menggunakan masker peel off dari ekstrak kulit batang kayu manis berkhasiat menghindarkan wajah dari tanda-tanda penuaan dini sebagai salah satu dampak paparan radikal bebas.

Membantu melawan infeksi

Cinnamaldehyde adalah zat aktif yang bersifat antibakteri dan antijamur. Kandungan cinnamaldehyde pada kayu manis dapat membantu mencegah terjadinya infeksi dan membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat, mengatasi masalah bau mulut, serta mencegah kerusakan gigi. Dokter gigi sekarang ini sering menggunakan eugenol, hasil penyulingan kayu manis yang berbentuk minyak, sebagai pereda nyeri dan antiseptik.  

Bagi Anda penyuka makanan yang digoreng, tampaknya perlu memasukkan kayu manis ke dalam daftar konsumsi setiap hari. Zat antioksidan dan antiinflamasi yang ada pada kayu manis disinyalir dapat menurunkan kadar lemak di tubuh Anda. 

Sebuah riset bahkan menyebutkan bahwa kayu manis juga dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dan menaikkan kolesterol baik. Walau begitu, mengurangi gorengan dan mengganti dengan makanan sehat tetap disarankan, agar Anda terhindar dari penyakit kardiovaskular ataupun tekanan darah tinggi.

Dani Alami Kelainan pada Bentuk Kakinya Akibat Penyakit Blount!

Menanggulangi gejala diabetes

Mengonsumsi kayu manis sekitar satu gram secara rutin selama 40 hari dapat mengatasi gejala diabetes. Cara kerja kayu manis melawan diabetes ialah dengan mengimitasi efek insulin, meningkatkan kadar lipid dan glukosa kemudian mendistribusikannya ke dalam sel sehingga terjadinya lonjakan gula darah yang dramatis dapat dihindari. 

Untuk mendapat manfaat dari kayu manis, kita bisa merendam kulit kayu manis pada segelas air lalu membiarkannya semalaman agar dapat diminum esok pagi saat perut masih kosong.

Memperkuat kinerja otak

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam kayu manis sanggup mengaktifkan protein yang dapat menghentikan proses kerusakan sel atau mutasi. Kayu manis secara kimiawi diubah tubuh menjadi sodium benzoate yang  berguna memperbaiki kesehatan sel saraf.

Terapi kayu manis meningkatkan protein CREB yang berperan dalam mempertajam daya ingat dan kemampuan mempelajari sesuatu, mencegah menumpuknya protein berbahaya di otak yang kerap ditemukan pada pasien pengidap alzheimer. 

Manfaat kayu manis memang sedemikian banyaknya. Bagaimana tidak, hampir seluruh bagian dari kayu manis bermanfaat. Baik kulit, batang, hingga dahannya. Agar merasakan manfaatnya secara optimal dan tidak menimbulkan efek samping, kita harus tetap memperhatikan takaran yang tepat dalam mengonsumsinya. Kayu manis juga tidak dianjurkan bagi wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

Efek samping dari penggunaan kayu manis yang sembarangan atau berlebihan di antaranya dapat menurunnya kadar gula darah secara ekstrim, gangguan sistem pernapasan, keracunan coumarin yang mengakibatkan kerusakan organ hati, munculnya reaksi alergi, hingga menyebabkan luka di bagian dalam mulut. 

Itulah segudang manfaat kayu manis untuk kecantikan dan kesehatan. Masih banyak dari saudara kita yang sedang berjuang untuk kesehatannya. Mari berdonasi melalui Wecare.id untuk mereka, mudah, praktis, dan amanah. Kamu bisa membantu mereka melalui WeCare.id, donasi bisa dimulai dari 1000. Download aplikasinya di Google Store atau App Store untuk memudahkan donasi kamu.

Klik Untuk Donasi - Selembar Kebaikan, Ribuan Keberkahan
  1. Terdanai Rp.78,300
  2. Pencapaian 0.09%
  3. Donatur 12

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *