Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jantung

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jantung

Sumber foto: pexels.com

Penyakit jantung menyumbang sepertiga kematian di seluruh dunia. Itulah kenapa menjaga kesehatan jantung sangat penting, tidak hanya untuk mereka yang sudah tua saja, tapi juga pada mereka yang masih muda.

salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Nah, apa saja makanan  sehat untuk jantung dan mudah didapatkan? Simak daftar selengkapnya di bawah ini.

Daftar isi:

  1. 1. Sayuran Hijau
  2. 2. Buah Beri
  3. 3. Ikan Berlemak Sehat
  4. 4. Alpukat
  5. 5. Cokelat Hitam
  6. 6. Bawang Putih
  7. 7. Teh Hijau

Klik Untuk Donasi - Menderita Penyakit Jantung Bawaan, Adik Syafa Butuh Bantuanmu Segera!
Penyakit Jantung Bawaan, Sindrom Co...
Syafa Aurelia Azzahra
Oleh Medikator Rumah Zakat
  1. Terdanai Rp.170,000
  2. Pencapaian 1.23%
  3. Donatur 4

Sayuran Hijau

Dilansir dari Healthline.com, mengonsumsi sayuran hijau secara rutin setiap hari bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sebagian besar sayuran hijau mengandung Vitamin K dalam jumlah banyak yang akan membantu peredaran darah di dalam tubuh berjalan dengan lancar.

Studi lain menyebutkan bahwa mengonsumsi sayuran hijau secara rutin bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 16%. Selain itu, risiko terkena penyakit jantung koroner juga turun hingga 34%.

Buah Beri

Jenis makanan sehat untuk jantung selanjutnya adalah strawberry, blueberry, dan blackberry mengandung antioksidan yang sangat banyak. Antioksidan ini membantu menurunkan oksidasi stres di dalam tubuh dan mencegah terjadinya inflamasi yang berlebihan.

Dari sebuah studi, mengonsumsi buah beri juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL hingga 1%.

Ikan Berlemak Sehat

Ikan yang mengandung lemak sehat tinggi seperti salmon, makarel, atau sarden baik untuk kesehatan jantung. Kandungan omega-3 yang tinggi mampu melindungi kesehatan jantung.

Rutin mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 tinggi akan membuat kamu tidak mengalami obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Alpukat

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak nabati paling banyak. Kandungan lemak ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, alpukat yang dikonsumsi secara rutin juga mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan potasium yang tinggi mencegah terjadinya hipertensi berbahaya untuk kesehatan jantung.

Klik Untuk Donasi - Mengalami Jantung Bocor, Syifa Butuh Biaya ke Jakarta
Penyakit Jantung Bawaan
Zahabiya Assyifa
Oleh Medikator Rumah Zakat
  1. Terdanai Rp.310,000
  2. Pencapaian 0.80%
  3. Donatur 5

Cokelat Hitam

Coklat hitam mengandung antioksidan tinggi bernama flavonoid. Antioksidan ini bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya plak pada pembuluh darah. Dampaknya, jantung jadi lebih sehat sehingga penyakit berbahaya seperti jantung koroner tidak akan terjadi.

Perlu diingat, jenis coklat hitam yang bisa dimakan adalah coklat yang mengandung gula cukup rendah. Jika cokelat yang dikonsumsi mengandung gula cukup banyak, risiko terkena gangguan pada jantung akan semakin tinggi.

Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih secara rutin akan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bawang putih juga mampu menurunkan inflamasi di dalam pembuluh darah, sehingga risiko terjadinya plak hingga penyumbatan semakin rendah.

Teh Hijau

Teh hijau yang dikonsumsi secara rutin akan memberikan antioksidan cukup tinggi seperti polifenol. Bahan aktif ini mampu menurunkan kolesterol, trigliserida, dan hipertensi.

Makanan sehat untuk jantung yang ada dalam daftar di atas hanya sebagian saja. Selain yang disebutkan di atas,  kamu  juga bisa mengkonsumsi biji-bijian utuh atau beberapa jenis kacang seperti edamame  yang dikenal sangat sehat.

Klik Untuk Donasi - Bantu Adik Alesha Melawan Penyakitnya!
Penyakit Jantung Bawaan, Leukemia
Alesha Zahra
Oleh Medikator Rumah Zakat
  1. Terdanai Rp.3,815,000
  2. Pencapaian 27.64%
  3. Donatur 14

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Mengapa? Karena gangguan yang terjadi pada organ ini sangat berisiko menyebabkan kematian. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk bertahan hidup atau mengobatinya juga besar.

Di luar sana, banyak saudara kita yang memiliki gangguan jantung tidak bisa mendapatkan pengobatan yang layak. Jika kamu ingin membantu mereka secara rutin, bisa menggunakan layanan WeCare.id.

Kamu  bisa berdonasi di WeCare.id dengan mengakses website WeCare.id atau menggunakan aplikasi WeCare.id yang bisa kamu download di ponselmu sekarang. Yuk, mari saling membantu untuk membuat hidup saudara kita bisa lebih baik lagi!

download_app

Referensi:

Handayani, Verury Verona. (2019). 7 Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung. Halodoc.com.
Link, Rachael. (2018). 15 Incredibly Heart-Healthy Foods. Healthline.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *