Donasi Corona, Meringankan Beban Sesama

Donasi Corona, Meringankan Beban Sesama

Tidak terasa sudah 1 tahun sejak corona melanda negeri kita yang tercinta ini. Tentu kita tidak bisa melupakan bagaimana kondisi sebelum pandemi ini terjadi. Kita bisa dengan bebas bernafas dan pergi kemana – kemana tanpa adanya rasa takut.

Adapun hal yang bisa lakukan dari diri sendiri untuk mencegah penyebaran ini sudah disosialisasikan oleh pemerintah. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk menghindari kerumunan yang tidak penting dan mengurangi mobilitas keluar rumah. 

Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.7,009,717
  2. Pencapaian 4.51%
  3. Donatur 127

Akan tetapi, tidak semua bisa mematuhi sosialisasi tersebut. Banyak dari kita yang harus mencari nafkah dengan keluar rumah dan banyak juga dari kita yang sudah menjadi korban corona. Jika ingin membantu, kita bisa melakukannya melalui kampanye – kampanye donasi corona, baik secara online maupun offline.

Daftar isi:

  1. 1. Korban Corona
  2. 2. Bantuan Pasien Corona
  3. 3. Manfaat Donasi Corona

Korban Corona

Selama pandemi, banyak dari saudara – saudari kita yang terpaksa kehilangan pekerjaan. Hal tersebut semakin parah ketika ekonomi Indonesia mengalami resesi. Akibatnya, angka kemiskinan melonjak. Selain karena kehilangan lapangan pekerjaan, para pedagang dan pengusaha juga terkena oleh dampaknya, karena tidak boleh mengadakan kerumunan.

Pada sektor kesehatan, Indonesia telah kehilangan banyak tenaga medis. Kehilangan ini tentunya berpengaruh besar pada ketersediaan dan investasi sumber daya manusia. Berdasarkan data yang dilansir oleh PB IDI, Indonesia telah kehilangan 180 dokter per 28 November 2020.

Selain dokter, angka pasien corona juga melonjak tinggi. Untuk membantu meringankan tugas para tenaga medis, kita harus melakukan sosialisasi 5M yang sudah disebutkan sebelumnya. Taati 5M dan lakukan juga tips pencegahan lainnya.

Bantuan Pasien Corona

Besarnya dampak negatif corona tahun ini membuat pemerintah tidak tinggal diam.Pada 9 Februari 2021, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengajukan anggaran untuk para pasien corona yang sedang menjalani isolasi mandiri, baik di rumah maupun di tempat pelayanan kesehatan. Bantuan yang diberikan rencananya bukan berupa uang tunai, melainkan obat – obatan dan vitamin dengan tujuan untuk menunjang daya sembuh pasien tersebut.

Tak hanya pemerintah, masyarakat pun banyak yang memulai aksi peduli terhadap mereka yang menjadi korban. Adapun bentuk bantuan yang diberikan adalah berupa sembako dan uang tunai. Terdapat banyak kampanye donasi yang dapat kamu ikuti.

Alami Kegagalan Operasi Panggul, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Kirana!

Manfaat Donasi Corona

Dengan ikut berpartisipasi mengeluarkan orang dari lubang kesusahan, tentunya kamu akan merasakan berbagai manfaat. Selain mendapatkan amal kebaikan, terdapat juga manfaat – manfaat lainnya yang bisa kita rasakan secara fisik dan mental. Berikut bebarapa manfaat yang bisa kamu rasakan dengan melakukan donasi corona:

  1. Mendapatkan Pertemanan Baru

Dengan melakukan donasi covid19, tidak sedikit akan ada kesempatan dimana kamu akan bertemu dengan donatur lainnya. Meskipun saat ini donasi banyak dilakukan secara online, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa menemukan dan bergabung dalam sebuah komunitas media sosial.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Beberapa studi menyebutkan bahwa, tindakan untuk menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan kita sendiri dapat memberi dampak positif untuk kesehatan mental diri sendiri. Contohnya, dapat mengurangi stress, meningkatkan mood, harga diri, dan masih banyak lagi. Kamu bisa membaca selengkapnya di sini.

Tak dapat dipungkiri, dampak negatif dari pandemi corona sudah menyerang berbagai sisi dalam hidup kita, terutama mereka yang harus mencari nafkah di luar rumah seperti para petugas sampah dan pemulung. Maka dari itu, mari kita bersatu dan berdonasi di WeCare.id untuk membantu mereka dalam menghadapi pandemi ini. Selain itu, kamu juga bisa menemukan kampanye – kampanye donasi corona lainnya, dimanapun dan kapanpun dengan aplikasi WeCare.id! Aplikasi WeCare.id tersedia di AppStore dan Google Play, ayo download dan mulai berdonasi!

Sumber:

Fadhilah. 2021. Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri di Rumah akan Dapat Bantuan Rp 1,4 Juta. Diakses dari: https://www.kompas.tv/article/145608/pasien-covid-19-yang-isolasi-mandiri-di-rumah-akan-dapat-bantuan-rp-1-4-juta?page=all 

Budiawati, Arie. 2017. Jangan Ragu Beramal, Ini 3 Manfaat Besarnya. Diakses dari: https://www.dream.co.id/dinar/jangan-ragu-beramal-ini-3-manfaat-okenya-170622z.html 

Wijaya, Callistasia. 2021. Dampak Covid-19: 2,7 juta orang masuk kategori miskin selama pandemi, pemulihan ekonomi ‘butuh waktu lama’. Diakses dari: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992498 
Rizal, Jawahir. Kilas Balik 9 Bulan Pandemi Covid-19 dan Dampaknya bagi Indonesia. Diakses dari: https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/03/063000665/kilas-balik-9-bulan-pandemi-covid-19-dan-dampaknya-bagi-indonesia?

Sumber Featured Image : cottonbro from Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *