5 Cara Penting Cegah Virus Corona yang Wajib Kamu Ketahui

5 Cara Penting Cegah Virus Corona yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah hampir satu tahun sejak virus Corona mulai menjangkiti dunia, namun hingga kini belum ada tanda-tanda bahwa pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir. Vaksin Covid-19 memang sudah mulai diproduksi, namun karena masih banyaknya masyarakat yang meragukan keseriusan situasi pandemi ini, tingkat penyebaran virus ini masih sangatlah tinggi. 

Karena itulah, kita tidak bisa hanya bergantung pada upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran. Kita semua juga harus berperan aktif dalam mencegah semakin meluasnya penyebaran virus Covid-19 ini. Berikut ini adalah 5 cara pencegahan virus Corona yang wajib kamu ketahui. 

Daftar isi:

  1. 1. Menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan tangan
  2. 2. Pakai masker, jangan batuk/bersin sembarangan
  3. 3. Istirahat di rumah saat sedang sakit
  4. 4. Jangan berjabat tangan
  5. 5. Jangan menyentuh wajah

Klik Untuk Donasi - Bantu Tenaga Medis Melawan Covid-19!
  1. Terdanai Rp.6,529,700
  2. Pencapaian 0.65%
  3. Donatur 149

Menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan tangan

Sekilas langkah ini mungkin memang terdengar sepele, namun menjaga kebersihan tangan dapat membantu mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya. Pada umumnya orang-orang hanya membersihkan tangan ketika jelas terlihat tangan tersebut kotor. Padahal, virus dan bakteri berukuran mikroskopik, artinya mereka bisa saja tetap ada di tangan yang terlihat bersih.

Biasakan untuk rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer yang setidaknya mengandung alkohol 60% selama setidaknya 20 detik. Jangan lupa membersihkan sela-sela jari dan bagian kuku-kuku jari. Pastikan juga kamu selalu mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi, serta setelah batuk maupun bersin.  

Pakai masker, jangan batuk/bersin sembarangan

Kebanyakan orang terbiasa menutupi mulut dan hidung saat batuk maupun bersin. Meskipun ini kebiasaan baik, namun akan percuma jika menutupinya dengan tangan. Pasalnya, hal ini meningkatkan kemungkinan kamu menyebarkan virus maupun bakteri ke tangan, kemudian berpindah dan menyebar ke benda yang kamu sentuh.

Jika kamu merasa ingin batuk atau bersin, tutuplah dengan menggunakan tissue atau sisi dalam siku atau lengan atas. Cara ini dapat membantu mencegah penyebaran virus lebih jauh. Kemudian, jangan lupa untuk segera mencuci tangan setelah batuk maupun bersin.

Istirahat di rumah saat sedang sakit

Kebiasaan ini seharusnya tidak dilakukan hanya pada masa pandemi saja, tapi juga pada masa normal. Kamu mungkin akan terlihat berdedikasi ketika memutuskan tetap berangkat kerja saat sakit. Namun, hal ini justru akan membuat virus cepat menyebar ke orang lain.

Tidak hanya itu saja, ketika sedang sakit, sistem imun melemah sehingga kamu juga akan semakin rentan tertular penyakit lainnya. Karena itulah, ketika kamu merasa tidak enak badan, pastikan untuk tetap tinggal dan beristirahat di rumah. Jika memang benar-benar terpaksa harus bepergian, maka pastikan untuk menggunakan masker agar tidak menginfeksi orang lain. 

Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.6,919,717
  2. Pencapaian 4.45%
  3. Donatur 126

Jangan berjabat tangan

Menjabat tangan adalah langkah terbaik untuk menunjukkan rasa hormat. Namun di tengah pandemi seperti ini, kamu harus menahan diri untuk tidak melakukannya. Cobalah mencari alternatif lain selain berjabat tangan untuk menyapa orang-orang di sekitar Anda.

Menggunakan cara menyapa lain bisa menjadi salah satu cara pencegahan virus corona menyebar ke orang lain. Pasalnya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, virus dapat menempel pada tangan dan akan dengan mudah menyebar ketika tangan bersentuhan dengan permukaan lainnya.

Jangan menyentuh wajah

Terakhir namun yang tidak kalah penting adalah hindari menyentuh wajah dengan tangan kosong. Seperti yang sudah berulang kali disebutkan, tangan adalah tempat virus dan bakteri, sehingga menyentuh wajah akan menjadi cara mudah virus tersebut masuk ke dalam tubuh Anda.

Cara-cara di atas memang terlihat sepele, namun bisa menjadi langkah yang ampuh untuk mencegah virus Corona terus menyebar dan semakin meluas. Selagi vaksin tengah diproduksi dan disebarkan, maka ada baiknya jika kita tetap melakukan tindakan pencegahan agar pandemi Covid-19 dapat segera usai.

Klik Untuk Donasi - Bantu RSCM Kiara Bangun Lantai Khusus Covid-19
  1. Terdanai Rp.109,160,467
  2. Pencapaian 9.45%
  3. Donatur 125

WeCare.id bersama Good Doctor dan Lingkar Sehat Indonesia menggalang donasi masker untuk para tenaga kesehatan. Kamu bisa turut membantu dengan berdonasi menggunakan aplikasi WeCare.id yang bisa kamu download di App Store maupun Google Play.

download_app

Referensi:

Southshorehealth.org. Diakses pada 10 Januari 2021.

Who.int. Diakses pada 10 Januari 2021.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *