Gusi Bengkak: Pengertian, Asal Usul, Penyebab, Hingga Cara Mengobatinya

Gusi Bengkak: Pengertian, Asal Usul, Penyebab, Hingga Cara Mengobatinya

Selain sakit gigi, gangguan mulut lain yang sangat mengganggu adalah gusi bengkak. Gangguan ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan saat kita berbicara atau makan. Apa sih gusi bengkak itu? Dan bagaimana kondisi ini bisa muncul, serta apa obat gusi bengkak yang direkomendasikan? Mari simak lebih lanjut infonya di bawah ini.

Klik Untuk Donasi - Buruh Setrika Alami Tumor di Wajahnya, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Bantu Bu Nina!
Tumor
Nina Sumiati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.691,000
  2. Pencapaian 1.72%
  3. Donatur 19

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Gusi Bengkak
  2. 2. Penyebab Gusi Bengkak
  3. 3. Obat Gusi Bengkak di Apotek

Apa Itu Gusi Bengkak

Gusi bengkak adalah kondisi di mana gusi kita memerah, bengkak, hingga berdarah saat kita menyentuhnya. Saat gusi bengkak, beberapa gejala disertai dengan adanya nanah di bawah gigi atau gusi, rasa nyut-nyutan, rasa tidak nyaman di dalam mulut, dan bau napas tidak sedap. Ini disebut periodontitis.

Penyebab Gusi Bengkak

Ada beberapa hal yang menyebabkan gusi kita membengkak. Berikut penyebab yang paling sering terjadi:

1. Menggosok gigi terlalu keras 

Menggosok gigi terlalu kuat menyebabkan jaringan gusi rusak sehingga sebagian akar gigi terbuka dan memicu munculnya periodontitis.

2. Gingivitis

Penyebab lain yang mengakibatkan gusi bengkak dan meradang adalah gingvitis. Gingvitis muncul karena kebersihan mulut yang buruk seperti sisa makanan di sela gigi yang tidak dibersihkan. Hal ini memunculkan plak yang kemudian mengeras menjadi karang gigi. 

3. Periodontitis

Periodontitis adalah tahap lebih lanjut dari gingivitis. Pada kondisi periodontitis, gusi tidak hanya bengkak dan berwarna merah tapi juga berdarah, mengeluarkan nanah, serta bau mulut yang tidak kunjung membaik.

4. Kehamilan

Gusi bengkak juga rentan dialami oleh wanita yang sedang mengandung. Hal ini dikarenakan perubahan hormon selama kehamilan yang memicu tubuh memproduksi darah lebih banyak dari biasanya. Gusi bengkak seringnya muncul di trimester awal kehamilan.

5. Kekurangan Vitamin

Kurangnya asupan vitamin B dan C juga menjadi penyebab gusi menjadi bengkak. Vitamin C berfungsi memproduksi kolagen yang dibutuhkan dalam pembentukan jaringan gusi dan vitamin B membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk gusi.

6. Merokok

Selain berbahaya bagi jantung dan paru-paru, kebiasaan buruk merokok juga menjadi pemicu gusi bengkak. Hal ini dikarenakan merokok bisa menyebabkan infeksi pada gigi dan gusi. Merokok juga melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi bakteri atau virus. 

Lindungi Tenaga Kesehatan Indonesia Dengan APD

Obat Gusi Bengkak di Apotek

1. Hidrogen peroksida 

Obat gigi bengkak yang bisa dengan mudah didapatkan melalui apotek adalah hidrogen peroksida. Obat ini berfungsi mengatasi gusi merah, rasa nyeri di gusi, dan pembengkakan. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan untuk mengencerkan 3% hidrogen peroksida dengan 3 sendok makan air. Gunakan sebagai air kumur.

2. Ibuprofen

Obat gusi bengkak kedua yang bisa dibeli di apotek adalah Ibuprofen. Obat ini secara efektif meredakan rasa nyeri. Obat ini juga berfungsi meredakan radang yang memicu pembengkakan di gusi dan demam.

3. Paracetamol

Paracetamol cukup aman dikonsumsi untuk mengatasi radang atau gusi bengkak. Obat ini juga bisa menurunkan demam yang diakibatkan kondisi buruk pada mulut. Pastikan mengonsumsi dengan dosis yang tepat.

4. Chlorhexidine

Obat lain yang bisa kita gunakan adalah Chlorhexidin. Obat ini cukup ampuh mencegah pertumbuhan bakteri di area mulut. Obat ini adalah larutan untuk kumur dan biasanya hanya bisa dibeli menggunakan resep dokter. Chlorhexidin tidak boleh ditelan dan jangan membilas mulut dengan air setelah kumur dengan obat ini.

Nah, sudah tahu kan sekarang penyebab gusi bengkak dan beberapa rekomendasi obat yang bisa mengatasi kondisi ini? Kalian juga bisa kumur dengan air garam dan mengompres gusi bagian luar dengan air hangat untuk meredakan pembengkakan. Dapatkan info kesehatan, kecantikan, dan info menarik lainnya di WeCare.id

Yuk, tambah kebaikan bersama WeCare.id. Kamu bisa membantu mereka melalui WeCare.id, donasi bisa dimulai dari 1000. Download aplikasinya di Google Store atau App Store untuk memudahkan donasi kamu.

Klik Untuk Donasi - KURBANESIA: Berbuat kebaikan dan kurban online #dariRUMAHaja!
  1. Terdanai Rp.51,719,321
  2. Pencapaian 17.24%
  3. Donatur 34

Referensi

dr. Anandika Pawitri (Agustus 2020). Obat Gusi Bengkak, dari Obat Apotek Sampai Bahan Alami. Sehatq.com

dr. Rizki Tamin (April 2018). Ini Penyebab dan Cara Mengobati Gusi Bengkak. Alodokter.com

dr. Tania Savitri – Dokter Umum (Februari 2021). 11 Hal yang Paling Sering Jadi Penyebab Gusi Bengkak. Hellosehat.com

Sumber Foto: Unsplash.com