11 Tanda Kehamilan Awal yang Sering Muncul

11 Tanda Kehamilan Awal yang Sering Muncul

Untuk mengetahui secara pasti apakah seorang perempuan hamil atau tidak biasanya mereka melakukan tes kehamilan. Namun, selain dengan melakukan tes, ada cara lain untuk mengetahui apakah seorang perempuan hamil atau tidak, yaitu dengan mengenali tanda-tanda kehamilan.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal

Untuk perempuan yang mempunyai siklus menstruasi bulanan yang teratur, tanda kehamilan paling awal dan paling dapat diandalkan yaitu terlambat haid. Jika tidak mengalami haid di waktu yang biasanya, mungkin perempuan tersebut hamil. Namun, tanda-tanda kehamilan untuk tiap perempuan berbeda-beda. Selain telat haid ada lagi tanda-tanda kehamilan awal yang lain mungkin terlewatkan. Cari tahu apa saja tanda-tandanya di artikel ini.

Merasa Mual dan Ingin Muntah

Mungkin kamu merasa tidak enak badan dan mual, dan mungkin kamu muntah-muntah. Ini umumnya dikenal sebagai morning sickness atau mual di pagi hari, tapi bisa terjadi kapan saja, siang atau malam. Bila kamu terus menerus merasa tidak enak badan dan selalu muntah-muntah, segera periksa ke dokter.

Terlambat Haid

Tanda awal kehamilan yang paling jelas dan yang mendorong kebanyakan perempuan untuk melakukan tes kehamilan adalah terlambat haid. Namun tidak semua terlambat haid atau haid yang tertunda disebabkan oleh kehamilan.

Klik Untuk Donasi - Menderita Cacat Kongenital, Yuk Bantu Adik Maulana Tumbuh Sehat & Ceria
Hernia Diafragmatika
Maulana Malik Ibrahim
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,789,043
  2. Pencapaian 1.90%
  3. Donatur 46

Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati relatif umum terjadi selama trimester pertama kehamilan karena perubahan kadar hormon. Peningkatan hormon ini dapat memberikan pengaruh pada suasana hatimu dan membuatmu lebih emosional atau reaktif dari biasanya. Perubahan suasana hati umum terjadi selama kehamilan dan dapat mengakibatkan perasaan depresi, cemas, lekas marah, dan euforia. Namun perubahan ini juga bisa jadi berhubungan dengan stres atau faktor lain.

Mengidam Makanan atau Menolak Makanan

Mengidam makanan bisa dimulai pada awal kehamilan dan bisa berlangsung selama kehamilan. Kamu juga bisa mengalami food aversion atau keengganan pada makanan tertentu atau merasa mual ketika menghadapi makanan tertentu. 

Perubahan pada payudara

Kemungkinan payudaramu menjadi lebih besar dan terasa lembut, seperti yang mungkin terjadi ketika akan mengalami haid. Mungkin terasa kesemutan pada payudara. Selain itu, pembuluh darah mungkin jadi lebih terlihat, dan puting susu jadi lebih gelap dan menonjol.

Sering Buang Air

Kemungkinan kamu jadi lebih sering buang air dari biasanya, termasuk pada malam hari. Hal ini diakibatkan oleh hormon kehamilan dan biasanya mengendap setelah beberapa bulan.

Penciuman yang Lebih Sensitif

Beberapa perempuan yang baru hamil melaporkan indra penciuman mereka yang menjadi lebih sensitif sejak awal karena peningkatan kadar estrogen. Akan tetapi, sekali lagi, penciuman yang lebih tajam dibandingkan biasanya juga bisa merupakan efek samping dari PMS.

Klik Untuk Donasi - Lahir Prematur tanpa Bantuan Tenaga Medis. Kenzie Butuh Pertolongan Segera
Inkompatibilitas ABO, Meningitis Ne...
Kenzie Mahardika Putra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.14,697,451
  2. Pencapaian 51.12%
  3. Donatur 315

Kembung

Seperti yang diketahui semua perempuan, kembung merupakan salah satu gejala PMS yang paling tidak disukai. Namun kembung juga bisa menjadi tanda peningkatan progesteron akibat kehamilan yang memperlambat saluran pencernaan, menjebak gas di dalam ususmu.

Merasa sangat lelah

Merasa sangat lelah atau juga kelelahan ketika masa kehamilan, khususnya pada 12 minggu pertama atau lebih sangat umum dirasakan. Perubahan hormonal yang terjadi saat ini pada tubuhmu bisa membuat kamu merasa lelah, emosional, mual, dan kesal.

Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan menjadi lebih umum terjadi menjelang akhir trimester pertama. Mungkin kamu akan mendapati berat badanmu bertambah sekitar 0,5 kg sampai 2,5 kg dalam beberapa bulan pertama. Kebutuhan kalori pada awal kehamilan tidak akan mengalami banyak perubahan dari yang biasanya, tapi  akan mengalami peningkatan seiring dengan kehamilan yang terus berkembang.

Terlihat Glowing dan Muncul Jerawat

Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa perempuan hamil terlihat bersinar atau glowing, itu yang dinamakan pregnancy glow.  Kombinasi dari peningkatan volume darah dan tingkat hormon yang lebih tinggi mendorong lebih banyak darah melalui pembuluhmu. Ini menyebabkan kelenjar minyak tubuh bekerja lebih keras.

Peningkatan aktivitas kelenjar minyak di tubuh inilah yang membuat kulitmu jadi tampak memerah dan berkilau. Di sisi lain, kamu juga bisa jadi berjerawat.

Memperhatikan perubahan dan tanda-tanda yang muncul pada tubuh bisa membantumu mengenali tanda kehamilan awal. Sembari meneliti perubahan tubuhmu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

Bellefonds, C. d. (2020). 9 Early Signs of Pregnancy Before a Missed Period. whattoexpect.com.

Early signs of pregnancy. (2020). pregnancybirthbaby.org.au.

Holland, K. (2018). Early Pregnancy Symptoms. healthline.com.

Stöppler, M. C. (2014). Early Pregnancy Signs and Symptoms: Am I Pregnant. medicinenet.com.