Cara Mudah Atasi Sakit Gigi

Cara Mudah Atasi Sakit Gigi

Pernah alami sakit gigi? Pasti banyak dari kita tahu bagaimana rasanya sakit gigi! Satu gigi saja yang sakit, efeknya bisa menjalar ke seluruh anggota tubuh; kepala pusing, tak bisa konsentrasi, dan rasa sakit yang terus berdenyut. Sebetulnya, kenapa sih gigi bisa sakit? Dan obat sakit gigi apa sih yang bisa digunakan untuk meredakan rasa nyerinya? Yuk kita cari tahu semua jawabannya di bawah ini!

Apa itu sakit gigi?

Sakit gigi adalah gejala kerusakan gigi yang paling umum. Rasa sakit yang diderita mengindikasi adanya kerusakan di gigi atau rahang yang harus segera ditangani. Istilah “sakit gigi” sendiri sebetulnya merujuk pada kondisi ketika rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang itu muncul. Ketika kita mengalami sakit gigi, mungkin itu adalah pertanda bahwa kita sedang mengalami beberapa gejala, seperti radang gusi, periodontitis (infeksi gusi), gigi bungsu yang terkena impaksi (gigi terpendam), bisul, sinusitis atau abses gigi.

Penyebab sakit gigi

Gigi Berlubang

Penyebab sakit gigi yang sangat umum adalah kerusakan gigi. Jika kerusakan gigi tidak diobati atau diberi perawatan, kita dapat mengalami yang namanya “gigi berlubang.”

Gigi berlubang terjadi saat asam dan bakteri menembus email gigi dan menggerogoti jaringan halus di dalam gigi. Gigi berlubang bisa menyebabkan saraf terekspos, yang nantinya akan mengakibatkan nyeri ringan hingga parah.

Infeksi Sinus

Pada beberapa orang, infeksi sinus juga bisa mengakibatkan sakit gigi. Gejala ini terjadi ketika infeksi keluar dari kepala. Gejala seperti nyeri dan tekanan akibat infeksi mungkin lebih menyakitkan di malam hari.

Penyebab Lainnya

Penyebab sakit gigi yang lainnya termasuk:

  • Tambalan gigi yang lepas
  • Tumbuhnya gigi bungsu atau gigi dewasa
  • Abses gigi
  • Makanan yang menempel di gigi atau gusi
  • Trauma pada rahang
  • Penyakit gusi
  • Menggertakkan gigi di malam hari

Pilihan Obat Sakit Gigi

Pengobatan untuk sakit gigi bisa bermacam-macam. Kita bisa menggunakan obat-obatan dari apotek atau obat-obatan dari bahan alami yang tersedia di rumah.

Obat Sakit Gigi Medis

Obat medis adalah adalah obat yang bisa kita dapatkan di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter. Berikut ini adalah beberapa obat medis yang bisa kita pilih untuk mengobati sakit gigi, diantaranya adalah:

1. Paracetamol

Untuk meredakan sakit gigi, kita bisa memilih paracetamol atau acetaminophen. Ini adalah salah satu obat yang banyak dipilih, terutama jika kita mempunyai alergi dengan obat lain.

Dosis umum paracetamol untuk orang dewasa adalah 1­–2 tablet 500 mg setiap 4–6 jam sekali. Obat ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan.

2. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang umum digunakan untuk mengobati sakit gigi. Ibuprofen bekerja dengan menghambat tubuh untuk memproduksi senyawa penyebab peradangan. Karena itu, rasa sakit, pembengkakan, atau juga demam yang diakibatkan oleh sakit gigi bisa berkurang.

Dosis umum ibuprofen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 200 mg setiap 4–6 jam sekali. Pastikan kita sudah makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ibuprofen.

3. Naproxen

Naproxen juga adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang biasa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Seperti halnya ibuprofen, naproxen juga bekerja dengan cara yang sama, yaitu dengan mengurangi produksi senyawa yang mengakibatkan peradangan. Dengan demikian, rasa nyeri karena sakit gigi bisa berkurang.

Berbeda dengan ibuprofen, efek penghilang rasa sakit naproxen bertahan lebih lama. Karena itu, kita tidak perlu mengkonsumsi obat ini sesering ibuprofen. Untuk orang dewasa, dosis umum naproxen adalah 1–2 tablet 220 mg setiap 8–12 jam sekali. Selalu makan terlebih dulu sebelum mengonsumsi naproxen.

4. Kumur dengan Hidrogen Peroksida (Obat Kumur)

Terakhir, untuk membantu membunuh bakteri dan meredakan rasa tidak nyaman, kita bisa berkumur dengan larutan obat kumur (hidrogen peroksida 3%). Cara ini akan memberi bantuan sementara jika sakit gigi kita diikuti oleh demam dan rasa tidak enak di mulut.

Perlu diingat: jangan telat larutan hidrogen peroksida. Larutan ini hanya untuk berkumur. Setelah dikumur, buang larutan, kemudian kumur beberapa kali dengan air putih matang.

Obat Sakit Gigi Rumahan

Selain obat medis, kita juga dapat mengonsumi obat rumahan sebagai alternatif. Obat rumahan dapat berupa bahan alami yang ada di rumah, seperti:

1. Minyak Cengkeh

Obat sakit gigi paling sederhana! Cengkeh merupakan obat tradisional yang berfungsi untuk melumpuhkan saraf. Eugenol, senyawa kimia utama dalam cengkeh, adalah obat bius alami.

Meski begitu, kita perlu berhati-hati jika ingin menggunakan minyak cengkeh, karena jika kita meneteskan minyak cengkeh secara langsung di lidah atau jaringan gusi yang sensitif, hal ini dapat memperparah rasa sakit kita. Jika kita ingin menggunakan minyak cengkeh, tuanglah dua tetes minyak cengkeh ke bola kapas dan tempelkan pada gigi sampai rasa sakitnya mereda.

2. Berkumur dengan Air Garam

Garam adalah disinfektan alami yang dapat membantu mengatasi infeksi apapun dengan mengurangi peradangan. Berkumur dengan air garam dapat membantu mengeluarkan zat yang tersangkut di sela-sela gigi. Campurlah ½ sendok teh garam dengan air hangat dan kumur seperti obat kumur.

3. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu yang selalu ada di rumah. Selain untuk memasak, bawang putih juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi!

Senyawa utama bawang putih, allicin, mempunyai efek antibakteri kuat yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan gigi berlubang. Kunyahlah satu suing bawah putih dan biarkan kunyahan tersebut berada di dekat gigi untuk membantu meredakan nyeri.

4. Minyak Peppermint

Minyak peppermint merupakan salah satu obat rumahan yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi.  Menurut Muftah, Shushni, dan Belkheir (2015), peppermint mengandung sifat antibakteri yang bisa mengurangi sakit gigi.

Bermacam obat sakit gigi, obat medis,ataupun obat alami, bisa menjadi pilihan kita dalam meredakan sakit gigi. Jika kita memutuskan untuk menggunakan obat di apotek, pastikan kita mengikuti resep dan petunjuk dari dokter, atau aturan pakai yang tertera di kemasan. Jika kita ingin menggunakan obat alami, pastikan kita menggunakan bahan yang sesuai dengan kemampuan kita.

Itulah informasi mengenai cara atasi sakit gigi! Selain menjaga kesehatan dental diri sendiri, yuk kita bantu pasien tidak mampu yang menderita berbagai penyakit di tengah pandemi! Kamu bisa gunakan aplikasi WeCare.id untuk donasi kapan saja dan di mana saja! Segera download aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play untuk bantu sesama!

References:

Bayan, L., Koulivand, P. H., & Gorji, A. (2014). Garlic: a review of potential therapeutic effects. Avicenna journal of phytomedicine4(1), 1.
Johnson, J. (2019). How to get rid of a toothache at night. Medical News Today.
Kivi, R. (2019). Everything You Need to Know About Toothaches. Healthline.com.
Mandal, A. (2019). What is Toothache?. News Medical Life Sciences.
Nareza, M. (2020). Pilihan Obat Sakit Gigi yang Bisa Anda Coba. Alodokter.
Singh, R., Shushni, M. A., & Belkheir, A. (2015). Antibacterial and antioxidant activities of Mentha piperita L. Arabian Journal of Chemistry8(3), 322-328.
Shea, T. (2020). 11 Home Remedies for Toothache Relief. Reader’s Digest Canada.
Todo Disca. (2020). 6 home remedies to relieve a toothache.