Wajib Tahu! Kenali Fungsi Hati dan Cara Menjaganya

Wajib Tahu! Kenali Fungsi Hati dan Cara Menjaganya

Apakah kamu tahu fungsi hati atau liver? Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui fungsi organ tubuh satu ini. Padahal hati melakukan tugas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila hati sakit atau tidak berfungsi, kelangsungan hidup dapat terganggu. Melalui artikel ini, kamu wajib tahu fungsi liver dan cara menjaganya. Yuk, dibaca.

Klik Untuk Donasi - Butuh terapi hormon untuk keberlangsungan hidupnya, Farel Butuh Bantuanmu Segera!
Sindrom Prader-Willi
Farel
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.8,828,122
  2. Pencapaian 30.71%
  3. Donatur 126

Daftar isi:

  1. 1. Fungsi Hati
  2. 2. Cara Menjaga Kesehatan hati

Fungsi Hati

Berikut ini adalah fungsi hati yang wajib kamu ketahui.

Menghancurkan sel darah merah yang tua

Sel darah merah yang sudah tua akan dihancurkan oleh hati. Proses penghancuran sel darah merah ini akan menyebabkan feses berwarna cokelat. Setelah sel darah dihancurkan, akan muncul sel darah merah baru di sumsum tulang. Sel darah merah yang baru akan beredar di dalam tubuh dan berfungsi dengan baik.

Membersihkan darah dari senyawa berbahaya

Fungsi lain dari hati adalah membersihkan darah dari senyawa berbahaya. Banyak senyawa berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Senyawa tersebut berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ketika senyawa tersebut mengandung alkohol, obat-obatan, dan racun, sel kupffer, sel khusus dari hati akan memakan senyawa berbahaya dan mendetoksifikasi racun dalam darah.

Memproduksi kolesterol

Ketika kolesterol tinggi kesehatan akan terganggu. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan kolesterol pada tubuh diperlukan untuk menjaga kesehatan. Kesehatan liver atau organ hati memengaruhi pada keseimbangan kolesterol. Hal ini dikarenakan hati memproduksi kolesterol, trigliserida, serta protein yang dialirkan dalam darah.

Mengubah amonia menjadi urea

Fungsi organ liver selanjutnya adalah mengubah amonia menjadi urea. Amonia sendiri merupakan gas yang berbahaya. Jadi, hati berperan untuk menguraikan amonia menjadi urea, zat yang lebih aman untuk tubuh. Kemudian, urea tersebut akan dibuang oleh ginjal melalui urine. Lihat juga bagaimana ginjal menyebabkan penyakit albuminuria.

Menyimpan energi 

Hati atau liver memiliki peran sebagai tempat menyimpan energi untuk tubuh. Energi tersebut merupakan gula dalam bentuk glikogen. Ketika tubuh memerlukan glukosa untuk memproduksi energi, glikogen yang tersimpan di hati akan berubah menjadi glukosa sebagai sumber energi cadangan.

Memproduksi protein

Sebagai salah satu organ tubuh yang paling penting, hati memiliki fungsi dalam memproduksi protein, seperti albumin. Albumin berperan dalam menjaga sirkulasi cairan dalam tubuh. Protein yang dihasilkan hati juga berfungsi untuk membekukan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Memproduksi cairan empedu

Empedu merupakan cairan yang dibutuhkan untuk memproses makanan. Empedu ini dihasilkan dari hati. Kantung empedu akan menyimpan cairan ini dan menghantarkannya melalui saluran empedu ke dalam usus kecil.

Selamatkan Seni Budaya Lokal dan menanamkan pendidikan Al Quran sejak usia dini.

Cara Menjaga Kesehatan Hati

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan hati. Berikut merupakan cara mudah merawatnya.

Vaksinasi 

Pemberian vaksin sejak dini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan hati. Vaksin hepatitis yang dilakukan sejak dini mencegah terjadinya penyakit hepatitis (peradangan hati).

Konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih yang banyak dapat menghilangkan racun serta membantu proses penyerapan nutrisi agar lancar.

Makan makanan bergizi

Selektif dalam mengonsumsi makanan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan hati. Oleh karena itu, pastikan makanan yang dimakan bergizi. Tujuannya agar hati dapat melakukan perannya dalam mengatur lalu lintas metabolisme.

Selektif dalam mengonsumsi obat

Mengonsumsi sembarangan obat dapat merusak kerja hati. Hal ini dikarenakan hati dapat mengubah zat pada obat menjadi aktif atau netral. Jadi, pastikan obat yang dikonsumsi memang disarankan oleh dokter.

Hindari alkohol

Alkohol sangat berbahaya bagi hati. Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan sirosis (pengerutan hati) dan mengarah ke kanker hati. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi alkohol.

Nah, sekarang kamu sudah tahu fungsi hati. Betapa pentingnya peran hati dalam kehidupan. Oleh karena itu, mari rawat kesehatan hati dari sekarang. Karena banyak orang yang tidak beruntung bisa sehat seperti kita. Sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang sedang sakit dan membutuhkan biaya pengobatan, kamu bisa menggalang dana atau berdonasi di Wecare.id. Hasil donasi dan penggalangan dana kamu akan diberikan kepada orang tepat. Yuk download aplikasi WeCare.id

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Referensi

Adrian, Kevin. (2018). Begini Cara Kerja Hati dalam Membuang Racun di Tubuh. Diakses pada 25 Mei 2021, dari https://www.alodokter.com/fungsi-hati-begitu-penting-maka-sayangi-dia

Fahlevi, Reza. (2016). Kenali Flu Singapura dan Cara Pencegahannya. Diakses pada 25 Mei 2021, dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697734/begini-cara-kerja-hati-dalam-membuang-racun-di-tubuh