Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol bukanlah suatu penyakit, kolesterol adalah zat yang diproduksi alami oleh hati manusia atau dapat kamu temukan pada makanan seperti susu dan daging. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel, pembentukan hormon, pembentukan empedu dan pelindung tubuh. Meski memiliki banyak kegunaan, kadar kolesterol tinggi justru akan mengganggu kesehatan tubuh.

Secara medis, kadar kolesterol dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu kadar normal, ambang batas dan tinggi. jumlah kolesterol 240 mg/dL dapat dikategorikan sebagai kolesterol tinggi. Sedangkan pada angka 200-239 mg/dL masuk dalam kategori ambang batas, dan yang terakhir adalah kadar kolesterol normal pada angka kurang dari 200 mg/dL. 

Daftar isi:

  1. 1. Fakta dan Mitos Kolesterol
  2. 2. Simak! Bahan Alami Penurun Kolesterol

Klik Untuk Donasi - Tidak Memiliki Anus Sempurna, Adik Zyan Lakukan Operasi Anus Buatan diPerutnya
Atresia Ani
Muhammad Zyan Fathir
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,449,007
  2. Pencapaian 23.35%
  3. Donatur 40

Fakta dan Mitos Kolesterol

Kolesterol tinggi hanya diderita oleh orang usia lanjut adalah mitos. Faktanya, kemungkinan seorang remaja mengalami lonjakan kolesterol sangat tinggi. Hal ini sering disebabkan gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang banyak terkandung pada junk food. Olahraga tidak teratur atau bahkan tidak berolahraga sama sekali juga dapat menjadi pemicu kolesterol tinggi. Faktor keturunan juga dapat mempengaruhi kandungan kolesterol pada seseorang.

Kolesterol tinggi tidak memiliki gejala, ini lah yang sering membuat kebanyakan orang tidak menyadari memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Tetapi bukan tidak bisa terdeteksi sama sekali, seorang penderita kolesterol tinggi biasanya memiliki beberapa ciri-ciri atau tanda kolesterol tinggi. berikut adalah tanda kolesterol tinggi :

  1. Nyeri pada bagian tengkuk
  2. Nyeri pada dada
  3. Mudah merasa lelah / mengantuk
  4. Nyeri pada kaki

Jika kamu belum yakin tentang tanda kolesterol, kamu dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi cek kolesterol yang telah banyak tersedia pada playstore. Setelah kamu mengetahui tanda kolesterol dan mendapati bahwa kamu memiliki beberapa tanda diatas kamu sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter. 

Klik Untuk Donasi - Alami Infeksi pada Tulang Belakang, Bu Munipah Butuh Pertolongan Segera!
Spondilitis tuberkulosis (TB)
Munipah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,167,000
  2. Pencapaian 20.30%
  3. Donatur 36

Simak! Bahan Alami Penurun Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol dapat diperoleh dari mengonsumsi obat kolesterol. Sesuai anjuran dokter kamu dapat mengonsumsi obat golongan statin, seperti simvastatin dan atorvastatin atau Ezetimibe. Selain itu obat Fibrate, seperti fenofibrate atau gemfibrozil, Suplemen omega 3 dan Vitamin B3 (niacin) juga dapat menjadi pilihan.

Selain obat-obatan medis, kadar kolesterol tinggi juga dapat diturunkan dengan obat herbal kolesterol atau bahan bahan alami yang memiliki khasiat menurunkan kolesterol. Berikut adalah bahan bahan alami dan khasiatnya :

Bawang Putih

Pada penelitian yang disebutkan dalam Canadian Journal of Cardiology mengatakan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol. Jika kamu mengonsumsi sebanyak satu setengah gram atau satu gram sehari bawang putih, maka akan menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Jahe

Senyawa Flavonoid dan polifenol pada jahe dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh, memiliki efek hipokolesterol, anti aterogenik dan penekanan aktivitas enzim HMG-KoA reduktase yang berperan dalam sintesis kolesterol. Hal ini diungkapkan oleh Journal Nutrition College Universitas Diponegoro.

Kunyit

Kunyit dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. Cukup rebus 10 gram kunyit pada 2 gelas air, tunggu hingga air mendidih dan menyisakan satu gelas air. Saring dan minum sekaligus.

Daun Artichoke

Ekstrak Artichoke dapat menghambat sintesis kolesterol pada tubuh dan juga kandungan cynarine yang terdapat pada artichoke dapat membantu proses ekskresi kolesterol dari aliran darah.

Klik Untuk Donasi - Siti Alami Kerusakan Ginjal Hingga Bengkak di Seluruh Tubuhnya
Sindrom Nefrotik
Siti Sukminah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,151,978
  2. Pencapaian 16.70%
  3. Donatur 24

Terlepas dari mengonsumsi obat-obatan, kamu dapat menurunkan kolesterol dengan mulai melakukan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan penurun kolesterol dengan teratur. Hidup sehat dimulai dari diri kamu sendiri, mari hidup sehat dan jauhi kolesterol tinggi. Temukan pasien tidak mampu yang bisa kamu bantu dengan download aplikasi WeCare.id di ponselmu sekarang!

download_app

Referensi:

dr. Allert Benedicto Ieuan Noya. (2020). Berbagai Cara Menurunkan Kolesterol. Alodokter.com.

dr. Fadhli Rizal Makarim.(2020, 17 Februari).Benarkah Konsumsi Bawang Putih Bisa Mengontrol Kolesterol?. Halodoc.com.

dr. Alvin Nursalim, SpPD.(2020, 6 Jan).Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Waspadai. Klikdokter.com.