Flu Singapura: Pengertian, Gejala, dan Obatnya

Flu Singapura: Pengertian, Gejala, dan Obatnya

Flu Singapura merupakan penyakit yang kerap diderita balita atau anak-anak. Penyakit ini merupakan penyakit menular dan disebabkan oleh virus. Meskipun penyakit ini termasuk jarang didengar banyak orang, penyakit ini dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Berikut ini merupakan penjelasan tentang pengertian, gejala, dan obatnya.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Flu Singapura
  2. 2. Gejala
  3. 3. Pengobatan

Bantu Khitanan Massal untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Pengertian Flu Singapura

Flu Singapura atau dikenal juga hand, foot, and mouth disease (HFMD) ini diakibatkan oleh human enterovirus 71 (HEV 71) dan coxsackievirus (A16 dan A6). Flu ini sering diderita anak-anak, tetapi juga bisa menyerang orang dewasa. Selain itu, HFMD bukan merupakan penyakit yang berbahaya dan biasanya akan sembuh dalam kurun waktu 2 minggu.

Banyak tanda yang muncul pada anak-anak ketika menderita penyakit ini, seperti munculnya ruam pada tangan dan kaki dan sakit pada mulut. Penyebarannya pun cukup cepat dan dapat melalui air liur, cairan ingus, kontaminasi dari kotoran penderita, hingga lesi yang pecah. 

Sebagai penyakit yang mudah menular, kontak dengan cairan atau tinja penderita flu Singapura perlu dihindari. Adapun hal-hal yang perlu dihindari adalah sebagai berikut:

  • Ketika penderita bersin atau batuk, hindari menghirup percikan bersin atau liur
  • Menggunakan alat makan dan minum yang sama dengan penderita
  • Memegang mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan setelah menyentuh tinja penderita
Klik Untuk Donasi - Selamatkan Seni Budaya Lokal dan menanam kan pendidikan Al Quran sejak usia dini.
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 0

Gejala Flu Singapura

Ketika anak terserang penyakit HFMD, beberapa keluhan atau gejala akan dialami. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa dideteksi.

  • Sakit tenggorokan
  • Muncul luka berwarna merah atau sariawan di bagian dalam pipi, lidah, dan gusi
  • Batuk 
  • Demam tinggi
  • Ruam merah pada kulit
  • Hilang nafsu makan
  • Rewel dan mudah marah
  • Sakit perut

Gejala biasanya diawali dengan munculnya demam. Setelah satu atau dua hari, timbul sariawan di sekitar gusi, lidah, dan bagian dalam pipi. Kondisi ini menyebabkan anak-anak rewel dan mudah marah. Hal ini dikarenakan mereka kesulitan untuk makan, minum, bahkan menelan. Kemudian, ruam merah muncul di sekitar kulit, seperti telapak tangan, kaki, dan bokong.

Pengobatan Flu Singapura

Pada dasarnya penderita HFMD tidak memerlukan pengobatan. Dalam banyak kasus, infeksi karena virus human enterovirus dan coxsackievirus akan sembuh dalam waktu sekitar 7 sampai 10 hari. Adapun yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala pada anak adalah sebagai berikut:

  • Memberikan obat penghilang rasa sakit dan penurun demam, seperti asetaminofen, parasetamol, dan semprotan mulut. Semua obat tersebut dapat ditemukan di apotek. Pastikan Anda tidak memberikan aspirin kepada anak. Hal ini bisa mengakibatkan penyakit menjadi lebih parah.
  • Memberikan makanan dan minuman dingin kepada anak untuk meredakan rasa nyeri di mulut. Makanan dan minuman seperti es krim, yoghurt, smoothie, ataupun air dingin dapat diberikan. Hindari memberikan minuman, seperti jus yang asam atau minuman bersoda sebab minuman tersebut dapat membuat iritasi luka. 
  • Taburkan bedak atau oleskan losion antigatal pada kulit yang ruam untuk mengurangi gatal kulit.

Inilah informasi seputar pengertian flu Singapura, gejala, dan obatnya. Jadi, sebelum flu ini menyerang anak-anak, lakukan beberapa pencegahan, seperti menjaga kebersihan diri dan benda-benda yang berpotensi sebagai media penularan penyakit.

Jika virus penyebab HFMD dapat dengan mudah disembuhkan, maka berbeda kasusnya dengan virus Corona. Virus ini telah menginfeksi jutaan orang di Indonesia. Tenaga kesehatan pun terus berjuang untuk menjaga keselamatan pasien. 

Namun, tahukah kamu jika tenaga kesehatan ini membutuhkan alat pelindung diri (APD)? Setiap hari mereka kontak langsung dengan pasien positif Corona. Nah, kita juga bisa mendukung para tenaga kesehatan dengan berkontribusi memberikan APD yang memadai dengan berdonasi di Wecare.id. Donasi APD ini sebagai bentuk dukungan dan kepedulian kita kepada tenaga kesehatan.

Ayo bantu saudara kita yang membutuhkan di WeCare.id sekarang.  Yuk segera, Download Aplikasi Wecare.id

Klik Untuk Donasi - Yuk Ulurkan Tangan Kalian untuk Johan agar Sembuh dari Kanker Rektum!
Kanker Rektum
Johan Edi Pranata
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.432,000
  2. Pencapaian 1.50%
  3. Donatur 12

Referensi

Halodoc.com. (2019, 21 November). Flu Singapura. Diakses pada 25 Mei 2021, dari https://www.halodoc.com/kesehatan/flu-singapura

Pane, Merry Dame Cristy Pane. (2020). Flu Singapura. Diakses pada 25 Mei 2021, dari https://www.alodokter.com/flu-singapura

Putri, Devia Irine. (2020). Kenali Flu Singapura dan Cara Pencegahannya. Diakses pada 25 Mei 2021, dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2695119/kenali-flu-singapura-dan-cara-pencegahannya

Upahita, Damar. (2021). Flu Singapura. Diakses pada 25 Mei 2021, dari https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/pernapasan-anak/flu-singapura/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *