Fakta dan Manfaat Hipnoterapi bagi Manusia

Fakta dan Manfaat Hipnoterapi bagi Manusia

Hipnoterapi bukan istilah asing lagi di telinga. Istilah ini berasal dari kata “hipnotis” yang banyak dikaitkan dengan kejadian kriminal. Hipnotis merupakan rangsangan alam bawah sadar sehingga seseorang mudah diarahkan dan tidak memiliki kekuatan lagi untuk bereaksi.

Saat ini praktik hipnoterapi banyak digunakan untuk terapi menyembuhkan trauma. Sebagai salah satu tipe terapi, hipnosis akan mengubah kesadaran seseorang. Bahkan hipnosis dapat mengubah kebiasaan seseorang dalam jangka panjang. 

Klik Untuk Donasi - Mari kita bantu wujudkan impian para penghafal quran untuk punya seragam baru
  1. Terdanai Rp.50,000
  2. Pencapaian 0.43%
  3. Donatur 1

Daftar isi:

  1. 1. Fakta tentang Hipnoterapi
  2. 2. Manfaat Hipnoterapi

Seberapa jauh keefektifan dari terapi hipnotis ini? Bagaimana fakta di baliknya? Mengapa para ilmuwan tidak menyetujui metode terapi hipnosis ini? Simak ulasan di bawah ini selengkapnya. 

Fakta tentang Hipnoterapi

Hipnoterapi menjadi salah satu terapi pelengkap atau komplementer yang memakai teknik hipnosis dengan memengaruhi kondisi seseorang.  Proses hipnosis dilakukan dengan mengubah pola pikir melalui edukasi di alam bawah sadar seseorang, saat akan mengubah kebiasaan atau pola hidup yang buruk. Teknik yang dipakai adalah teknik relaksasi yang memakai kekuatan sugesti dari penerapi. 

Hipnotis dipercaya dapat menghilangkan trauma dan phobia, meningkatkan rasa percaya diri, ketergantungan terhadap sesuatu, dan lainnya. Tidak sedikit yang menganggap terapi ini merupakan hal yang magis. Padahal metode yang digunakan terapi ini dapat dilihat dari sisi ilmiahnya.

Berikut beberapa fakta tentang hipnoterapi:

  • Membuat Rileks. Jika akan dihipnotis, Anda akan dibuat rileks melalui induksi agar pikiran merasa tenang dan terbuka saat mendapatkan sugesti. 
  • Mengubah Ingatan. Terapi ini mampu menghapus ingatan ataupun membangun kembali ingatan Anda.
  • Menghipnotis diri sendiri. Saat mulai dihipnotis, Anda akan merasakan rileks, faktanya Anda sedang menghipnotis diri sendiri. Penerapi hanya melakukan arahan dan yang menjalani adalah diri Anda. 
  • Anda tidak dikontrol. Saat dihipnotis pikiran Anda tidak dikontrol oleh penerapi karena dalam kondisi tersebut Anda tidak dapat dipaksa dan hanya tidak mampu bergerak.
  • Anda tidak dapat berpikir secara rasional. Saat dihipnotis, pikiran alam sadar meski masih terbuka tetapi sudah terkunci. Dalam kondisi ini pikiran tidak rasional bahkan tidak bisa menghitung logis. Anda bisa merasakan lebih ringan atau berat saat sesi hipnotis tergantung pada apa yang Anda pikirkan.
  • Menghilangkan trauma. Jika hipnotis bertujuan untuk menghilangkan trauma masa lalu, Anda harus menemukan ingatan itu terlebih dahulu. Setelah itu penerapi baru dapat menghapus emosi yang membuat Anda mengalami trauma tersebut.
  • Memprogram ingatan. Saat dihipnotis, penerapi memprogram ingatan Anda dengan mencoba melihat cara otak bekerja dan memanfaatkannya untuk membuat agar otak mau bekerja pada diri Anda.
  • Menghilangkan kebiasaan buruk dan ketergantungan. Terapi ini dapat menghilangkan phobia, kebiasaan buruk, dan ketergantungan seperti kebiasaan merokok dengan cara memicu kebiasaan atau phobia itu  secara otomatis. Setelah itu pikiran itu dihapus, diperbarui, atau diganti dengan frame yang lebih positif.

Menderita Sesak dan Berat Badan Tak Kunjung Naik, Ghava Butuh Pertolonganmu Segera!

Manfaat Hipnoterapi

Setelah mengetahui fakta tentang hipnoterapi, inilah beberapa manfaat setelah menjalani terapi ini.

  • Menurunkan berat badan.
  • Mengobati sakit kronis.
  • Mengatasi kesulitan berkonsentrasi.
  • Mengatasi kebiasaan merokok atau menggerutukan gigi. 
  • Menghilangkan kecemasan dan mengatasi depresi.
  • Mengatasi nyeri perut akibat mengalami stres.
  • Mengatasi gangguan stres pasca trauma (PTSD)
  • Mengatasi sakit kronis.
  • Untuk imun sistem.
  • Mengatasi Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Demikianlah penjelasan tentang hipnoterapi dan fakta-fakta dibaliknya yang jarang diketahui orang. WeCare.id mengajak kamu untuk berderma menyumbangkan sedikit rezekimu buat sesama yang kurang beruntung menderita bermacam penyakit. Yuk,  mulai berdonasi dari Rp1.000 saja di WeCare.id. Supaya lebih mudah, unduh aplikasinya di App Store atau Google PlayKamu juga bisa kunjungi situs kami di https://wecare.id/ untuk membantu teman-teman yang membutuhkan

Klik Untuk Donasi - Donasi Untuk Penjaga Hutan
  1. Terdanai Rp.50,000
  2. Pencapaian 0.43%
  3. Donatur 2

Referensi :

Ina, Manfaat Hipnoterapi, diakses pada 26/52021 dari link https://dosenpsikologi.com/manfaat-hipnoterapi.

Layanan Hipnoterapi, (2018). Apa itu Hipnoterapi. Diakses pada 26/5/2021 dari link https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/apa-itu-hipnoterapi/

Rizki Pratiwi (2016), 6 Fakta Mengejutkan tentang Hipnoterapi. Diakses pada 26/5/2021, dari link https://herumindset.com/6-fakta-mengejutkan-tentang-hipnoterapi/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *