Tenggorokan Sakit? Obat Alami dan Medis Ini Bisa Membantu

Tenggorokan Sakit? Obat Alami dan Medis Ini Bisa Membantu

Sakit tenggorokan merupakan masalah yang cukup umum terjadi. Meski biasanya tidak terlalu berat dan masih memungkinkan untuk beraktivitas seperti biasa, rasa sakit pada tenggorokan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman yang luar biasa. Kamu bisa sulit menelan hingga bicara.

Terkadang sakit tenggorokan juga bisa semakin memburuk karena dapat disertai dengan demam, batuk, dan flu. Apabila sudah seperti ini, maka beraktivitas akan semakin sulit dan terganggu. Meski demikian, umumnya sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi kamu bisa mengonsumsi obat herbal maupun medis seperti berikut ini mempercepat proses penyembuhan.

Daftar isi:

  1. 1. Obat Medis
  2. 2. Obat Herbal

Klik Untuk Donasi - Alami Komplikasi Hingga Gagal Cangkok Ginjal, Viara Butuh Pertolonganmu Segera!
Gagal Ginjal Kronis, Hipertensi Par...
Viara Hikmatun Nisa
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,989,984
  2. Pencapaian 10.72%
  3. Donatur 52

Obat Medis

Cara terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan memang adalah berkonsultasi dengan dokter. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan perawatan dan obat yang tepat untuk kondisi tersebut. Meski demikian, obat sakit tenggorokan juga cukup mudah didapatkan di apotek maupun sejumlah toko terdekat.

Berikut ini adalah beberapa obat radang tenggorokan di apotik yang bisa kamu dapatkan. Obat untuk anak maupun dewasa juga tersedia dalam dosis yang berbeda.

Aspirin

Aspirin merupakan salah satu obat yang dapat dengan mudah dibeli di apotek maupun toko-toko terdekat. Obat ini dapat meredakan rasa nyeri akibat sakit tenggorokan. Meski demikian, perlu diingat bahwa obat ini tidak untuk diberikan pada anak-anak dan remaja. Pasalnya dosis yang tidak tepat dapat menimbulkan sindrom Reye pada mereka.

Paracetamol

Paracetamol umumnya dikenal sebagai obat yang mampu meredakan demam. Tapi, obat ini ternyata juga bisa digunakan untuk meredakan peradangan dan rasa nyeri. Itulah mengapa obat ini juga bisa mengurangi radang dan nyeri yang terjadi pada daerah tenggorokan.

Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat yang dapat membantu mengurangi radang dan rasa nyeri. Meski demikian, perlu diingat bahwa obat ini tidak dianjurkan jika kamu mengalami sakit tenggorokan yang disertai dengan batuk kering dan demam.

Obat semprot antiseptik atau mentol

Obat semprot tenggorokan juga bisa meredakan rasa nyeri pada tenggorokan. Kandungan antiseptik akan membantu membunuh kuman dan virus penyebab radang tenggorokan, sedangkan sensasi dingin menthol pada obat ini akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan yang mengalami radang.

Klik Untuk Donasi - Tak Punya Biaya ke RS, Kanker yang dialami Hartati Menjalar ke Bagian Lain
Kanker Payudara
Budi Hartati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.579,750
  2. Pencapaian 6.72%
  3. Donatur 15

Obat Herbal

Selain obat medis, beberapa bahan alami juga dikenal ampuh meredakan sakit tenggorokan. Berikut ini beberapa diantaranya.

Air garam

Air garam dikenal mampu membantu membunuh bakteri. Jadi, ketika kamu mengalami sakit tenggorokan, kamu bisa meredakan rasa nyeri dan mengurangi lendir yang terbentuk dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya, cukup campurkan ½ sendok teh air garam dengan 1 gelas air hangat. Kemudian berkumurlah dengan campuran air ini ketika tenggorokan terasa tidak nyaman.

Air Lemon

Selain mampu meredakan nyeri dan mencairkan lendir akibat radang tenggorokan, air lemon juga kaya vitamin C sehingga akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Ketika sistem imun tubuh meningkat, maka tubuh juga akan lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Ketika kamu merasa akan sakit tenggorokan, minumlah 1 gelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh perasan air lemon.

Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang kaya khasiat. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa madu mampu meredakan gejala sakit tenggorokan lebih cepat. Caranya, campurkan 2 sendok makan madu dengan segelas air hangat, kemudian minum campuran air dan madu ini.

Itulah beberapa bahan baik alami maupun medis yang dapat kamu manfaatkan untuk meredakan nyeri akibat sakit tenggorokan. Meski obatnya relatif mudah didapatkan, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terutama jika gejalanya tidak juga berkurang atau reda setelah beberapa hari.

Klik Untuk Donasi - Ibu Kusniah Divonis Kanker Payudara Stadium 2 dan Menjalar ke Organ Lain
Kanker Payudara
Kusniah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.964,294
  2. Pencapaian 18.63%
  3. Donatur 60

Sakit tenggorokan termasuk ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi kamu tetap perlu waspada karena salah satu gejala Covid-19 adalah sakit tenggorokan. Angka kasus Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi dan para tenaga medis masih berjuang keras demi melawan pandemi. 

WeCare.id bersama Good Doctor dan Lingkar Sehat Indonesia menggalang donasi masker untuk para tenaga kesehatan. Kamu bisa turut membantu dengan berdonasi menggunakan aplikasi WeCare.id yang bisa kamu download di App Store maupun Google Play.

download_app

Referensi:

Alodokter.com. Diakses pada 10 Januari 2021. Ini Dia Obat Sakit Radang Tenggorokan yang Ampuh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *