Mengulas Sakit Tenggorokan: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Mengulas Sakit Tenggorokan: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Memasuki musim hujan, ada banyak penyakit yang mulai muncul di tengah masyarakat, salah satunya adalah sakit tenggorokan. Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada tenggorokan, serta menyebabkan si penderita sulit makan atau minum.

Sebagian besar kasus sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya dengan melakukan perawatan di rumah atau dengan mengonsumsi obat alami. Namun, pada kasus yang lebih parah atau berkaitan dengan penyakit lain yang lebih serius, Anda harus segera mencari pertolongan dokter.

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Penyebab Sakit Tenggorokan

Secara umum, sakit tenggorokan sering kali disebabkan oleh serangan virus, seperti virus flu, virus influenza, virus campak, dan virus mononukleosis. Ada juga sakit yang berasal dari bakteri streptococcus. Serangan tersebut biasanya menyebabkan faringitis alias radang tenggorokan belakang.

Selain berasal dari bakteri dan virus, penyebab sakit tenggorokan pun bisa datang dari hal-hal lain, seperti alergi, iritasi akibat asap rokok dan konsumsi alkohol berlebih, polusi udara, ketegangan pada pita suara, hingga naiknya asam lambung (GERD).

Akan tetapi, dalam kasus tertentu, sakit tenggorokan bisa menjadi pertanda adanya penyakit lain yang memerlukan pertolongan medis secepat mungkin, misalnya:

COVID-19

Sakit tenggorokan corona adalah peradangan pada tenggorokan yang menjadi salah satu gejala awal COVID. Apabila kamu mengalami gejala COVID lainnya dan berada di area yang cukup rawan, segeralah memeriksakan diri

Abses Peritonsil

Langit-langit tengorokan di bagian belakang mungkin mengalami pembengkakkan yang cukup parah. Segera periksakan dirimu apabila sakit tenggorokan dibarengi dengan rasa bengkak di leher.

Tumor/Kanker Mulut

Petumbuhan sel kanker di area mulut, termasuk tenggorokan dan lidah, dapat memicu rasa nyeri dan tidak nyaman dan berkepanjangan.

Cacar Air

Virus cacar air dapat memicu demam dan peradangan di tenggorokan. Virus ini pada umumnya menyerang anak-anak dan remaja.

Klik Untuk Donasi - Sehat Bersama Indonesia Sanus Volunteers
  1. Terdanai Rp.592,690
  2. Pencapaian 0.56%
  3. Donatur 2

Gejala Sakit Tenggorokan

Gejala yang timbul pada penderita sakit tenggorokan akibat serangan virus atau bakteri biasanya tampak serupa satu sama lain. Beberapa gejala yang paling umum adalah:

  • Batuk dan bersin
  • Rasa kering di tenggorokan
  • Rasa tidak nyaman saat menelan dan berbicara keras 
  • Nyeri otot dan kelelahan
  • Munculnya ingus atau dahak
  • Suara berubah serak atau bahkan hilang
  • Terkadang disertai demam dan rasa mual

Klik Untuk Donasi - Bantu Pasien Rehabilitasi Medik bersama Teman Rehab
  1. Terdanai Rp.1,064,000
  2. Pencapaian 0.93%
  3. Donatur 12

Pengobatan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasa umumnya dapat sembuh sendiri dalam waktu satu minggu apabila kamu beristirahat cukup dan mendapat asupan gizi yang baik. 

Namun, jika sakit tak kunjung membaik, kamu bisa mencoba beberapa obat sakit tenggorokan berikut ini sebelum berkunjung ke dokter atau membeli obat sakit tenggorokan di apotik:

Bawang Putih

Bawang putih adalah obat alami dengan kandungan zat antiinflamasi dan antibiotik yang mampu membunuh bakteri dan meredakan pembengkakkan. Jika kamu mengalami sakit tenggorokan, cobalah untuk mengunyah beberapa siung bawang putih setiap hari.

Air Garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam secara rutin adalah cara mengatasi nyeri pada tenggorokan yang cukup ampuh dan dapat mempercepat proses penyembuhan. Kamu bisa mencoba melakukannya sebanyak 2-3 kali sehari.

Lemon dan Madu

Lemon memiliki khasiat untuk menghilangkan dahak, sedangkan madu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi kedua bahan tersebut cukup ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Cobalah untuk mencampur lemon dan madu bersama segelas teh hangat supaya rasanya tidak terlalu kuat.

Penutup

Dari pembahasan di atas, dapat dilihat bahwa sakit tenggorokan sejatinya bukan penyakit mematikan. Namun, apabila sakit tersebut merupakan tanda dari penyakit lain seperti COVID atau tumor, pasien wajib untuk segera menerima pertolongan dari petugas medis profesional.

Sayangnya, masih banyak pasien di Indonesia yang belum bisa mendapat bantuan medis yang laik. Untuk itu, mereka sangat membutuhkan uluran tanganmu melalui donasi yang diselenggarakan oleh WeCare.id. Lewat tangan-tangan dermawan, diharapkan kesenjangan pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia bisa segera hilang. Ayo berbagi!

download_app

Referensi

Healthline. Diakses pada 2019. Sore Throat: Treatment, Causes, Diagnosis, Symptoms & More.

Dr. Mikhael Yosia (2020). Sakit Tenggorokan. hellosehat.com

Tantri Setyorini (2018) 17 Cara Mengobati Radang Tenggorokan untuk Orang Dewasa, Anak-Anak, dan Ibu Hamil. Merdeka.com