Inilah Penyebab Psoriasis dan Faktor Pemicunya

Inilah Penyebab Psoriasis dan Faktor Pemicunya

Umumnya jika kulit terasa gatal, kering, dan merah orang langsung berpikir mereka terkena eksim. Tapi ternyata ada kondisi kulit yang mirip dengan eksim yang disebut dengan psoriasis. Apa itu psoriasis dan apa penyebabnya?

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Psoriasis
  2. 2. Tampilan dan Lokasi Psoriasis
  3. 3. Apa Penyebab Psoriasis?
  4. 4. Pemicu Psoriasis

Mengenal Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit autoimun kronis yang mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit. Ini terjadi karena sistem kekebalan yang terlalu aktif mempercepat pertumbuhan sel kulit. Sel kulit normal tumbuh sempurna dan lepas dalam sebulan. Pada psoriasis, sel kulit melakukan ini hanya dalam tiga atau empat hari. Alih-alih mengelupas, sel-sel kulit malah menumpuk di permukaan kulit. 

Klik Untuk Donasi - Pak Omin Berhenti Bekerja karena Cedera Saraf Akibat Kecelakaan Lalu Lintas
Cedera Pleksus Brakialis
Omin
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,100,000
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 14

Tampilan dan Lokasi Psoriasis

Psoriasis terlihat seperti bercak kemerahan pada kulit yang ditutupi sisik keperakan yang cenderung gatal, terbakar, dan sakit. Bercak tersebut bisa muncul hampir di mana saja di tubuh, bergantung pada tipenya. Berikut ini adalah jenis psoriasis:

  • Psoriasis plak. Ini adalah jenis yang paling umum, psoriasis plak menyebabkan bercak kulit yang kering, tebal, dan merah dengan sisik keperakan yang menutupinya. Plak mungkin terasa gatal atau sakit, dan jumlahnya bisa sedikit atau banyak. Jenis psoriasis ini biasanya muncul di siku, lutut, punggung bawah dan kulit kepala.
  • Psoriasis inversi. Ini adalah jenis psoriasis plak yang cenderung mempengaruhi lipatan kulit seperti di bawah lengan, di sekitar selangkangan dan bokong, atau di bawah payudara. Bercak merah mungkin cenderung bersisik daripada lembab.
  • Psoriasis pustular. Psoriasis pustular adalah bentuk psoriasis langka dan parah yang melibatkan peradangan kulit yang meluas dan lepuh atau pustula kecil berisi nanah berwarna putih atau kuning. Nanah terdiri dari sel darah putih dan bukan merupakan tanda infeksi.
  • Psoriasis gutata. Jenis ini menyebabkan banyak bercak berukuran tetesan air mata yang lebih banyak muncul di tubuh dibandingkan di wajah.

Apa Penyebab Psoriasis?

Psoriasis diduga berhubungan dengan sistem imun tubuh dan gen. Sel darah putih, disebut juga sel-T, adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Ketika seseorang menderita psoriasis, ada yang tidak beres pada sistem kekebalannya, sehingga sel-T juga menyerang sel-sel kulit tubuh. Serangan ini menyebabkan tubuh lebih sering membuat sel kulit baru. Sel kulit ekstra menumpuk di permukaan kulit, dan kamu akan mengalami psoriasis.

Psoriasis diturunkan dalam keluarga. Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang yang memiliki gen tertentu lebih mungkin terkena psoriasis. Namun para ilmuwan menemukan tampaknya beberapa orang yang terkena psoriasis tidak memiliki gen yang meningkatkan risiko terkena psoriasis.

Mungkin juga orang yang memiliki gen yang meningkatkan risiko terkena psoriasis dan tidak akan pernah mengalami psoriasis. Penemuan inilah yang membuat para ilmuwan percaya bahwa orang tersebut harus terpapar pada pemicu sebelum psoriasis muncul.

Tidak seperti cacar air atau pilek, penyakit ini tidak menular. Kamu tidak akan tertular psoriasis dari seseorang. Selain itu, kamu juga tidak akan terkena psoriasis jika:

  • berenang di kolam bersama seseorang yang menderita psoriasis
  • menyentuh seseorang yang menderita psoriasis
  • berhubungan seks dengan penderita psoriasis

Walaupun psoriasis tidak menular, para ilmuwan masih mencoba untuk menentukan dengan tepat bagaimana psoriasis berkembang.

Gotong royong menyediakan ALAT PELINDUNG DIRI (APD) untuk tenaga medis

Pemicu Psoriasis

Pemicu psoriasis berbeda-beda tiap orangnya. Berikut ini adalah beberapa pemicu psoriasis yang umum, di antaranya:

  • cedera pada kulit, seperti luka, goresan, gigitan serangga atau sengatan matahari, ini disebut respons Koebner
  • minum alkohol dalam jumlah berlebihan
  • merokok
  • stres
  • perubahan hormonal, terutama pada wanita, contohnya selama masa pubertas dan menopause
  • obat-obatan tertentu, seperti lithium, beberapa obat antimalaria, obat anti-inflamasi termasuk ibuprofen, dan ACE inhibitor (yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi)
  • Infeksi tenggorokan – pada beberapa orang, biasanya anak-anak dan dewasa muda, bentuk psoriasis yang disebut psoriasis guttate muncul setelah terkena infeksi tenggorokan karena bakteri streptococcus, tetapi kebanyakan orang yang terkena infeksi tenggorokan karena streptococcus tidak terkena psoriasis.
  • cuaca – cuaca dingin seringkali dapat menyebabkan psoriasis flare karena kurangnya sinar matahari dan kelembapan, udara dalam ruangan yang panas dan kering, serta stres dan penyakit.
  • gangguan kekebalan lainnya, seperti HIV, yang menyebabkan psoriasis kambuh atau muncul untuk pertama kalinya.

Cara terbaik untuk mempelajari pemicu psoriasis adalah dengan melacaknya dari waktu ke waktu. Mencatat gejala dan pemicu dapat membantumu mengantisipasi dan mengatasi flare. Selain itu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan berikan donasi langsung pada yang membutuhkan dengan aplikasi WeCare.id. Download di Google Play maupun App Store.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

A deeper look at psoriasis. (2018). health.harvard.edu.
Causes and Triggers. (2020). psoriasis.org.
About Psoriasis. (2021). psoriasis.org.
Marks, J. (2021). What Is Psoriasis? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention. everydayhealth.com.
Psoriasis. (2018). nhs.uk.
Psoriasis: Causes . (2020). aad.org.
Psoriasis. (2021). mayoclinic.org.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *