7 Pilihan Obat Asam Lambung Tradisional yang Aman

7 Pilihan Obat Asam Lambung Tradisional yang Aman

Penyakit asam lambung bisa jadi gangguan yang bakal membuat aktivitas sehari-hari terhambat. Gejalanya dapat diketahui dengan adanya nyeri ulu hati, kesulitan saat menelan makanan, mual, muntah, kurang nafsu makan, atau mulut yang terasa pahit. Untuk mengatasinya, kamu dapat membeli obat asam lambung di apotik terdekat. 

Penggunaan obat asam lambung yang dijual di apotik memang cukup efektif dalam mengobati berbagai gejala tak enak akibat penyakit ini. Namun, kalau gejalanya masih cukup ringan, kamu dapat mengatasinya sendiri dengan memanfaatkan obat asam lambung alami tradisional. Caranya pun mudah dapat kamu lakukan menggunakan bahan-bahan yang biasa digunakan sehari-hari. 

Klik Untuk Donasi - Tingkatkan Gizi dan Imunisasi Anak Panti Asuhan di Ende dan Sumba
  1. Terdanai Rp.9,594,497
  2. Pencapaian 16.69%
  3. Donatur 117

Pilihan Obat Asam Lambung Alami yang Bisa Dibuat di Rumah

Untuk mengatasi masalah asam lambung, kamu dapat mencoba 7 bahan alami sebagai obatnya, yaitu: 

1. Mentimun

Mentimun kerap dimanfaatkan sebagai menu pelengkap, bahan untuk membuat minuman segar, atau camilan sehat. Namun, kamu juga dapat menggunakan bahan yang sama sebagai obat asam lambung. Caranya mudah, kamu dapat mengupas mentimun dan membuang bijinya. Konsumsi 2 potong mentimun setidaknya 2 jam sekali. Sebagai tambahan, kamu bisa mencampurkannya dengan bahan lain seperti yogurt, wortel, atau bawang putih. 

2. Jahe

Bahan yang dapat kamu manfaatkan untuk obat alami mengatasi asam lambung adalah jahe. Kemampuannya sebagai antiradang berguna untuk mengatasi gejala nyeri ulu hati. Cara penggunaannya juga sangat praktis. Kamu dapat mengolah bahan ini menjadi minuman hangat. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

3. Licorice atau akar manis

Akar manis jadi solusi selanjutnya dalam mengatasi gejala asam lambung. Asam manis punya kandungan antioksidan dan antiradang yang bermanfaat dalam mengatasi peradangan dan mengurangi pembengkakan pada lambung atau kerongkongan akibat penyakit asam lambung. 

4. Teh chamomile

Teh bunga chamomile dapat menjadi pertimbangan obat asam lambung alami tradisional berikutnya. Selain membantu mengatasi asam lambung, teh chamomile juga berguna dalam membantu mengatasi masalah susah tidur, mual, dan muntah. 

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

5. Kunyit

Kunyit yang kerap kamu manfaatkan untuk bumbu dapur juga berguna sebagai obat asam lambung alami. Untuk menggunakan bahan ini, kamu bisa menumbuk kunyit kering sehingga berbentuk bubuk. Setelah itu, kamu dapat mencampurkannya dengan madu dan air hangat.

6. Kacang hijau

Bahan lain yang berguna mengobati masalah penyakit asam lambung adalah kacang hijau. Bahan ini mempunyai kemampuan untuk menetralkan kadar asam lambung dalam tubuh dan sekaligus menebalkan lapisan lambung. Untuk memanfaatkan khasiatnya, kamu bisa mengolah bahan ini menjadi bubur kacang hijau.

7. Lidah buaya

Solusi alami dan tanpa efek samping terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan lidah buaya. Bahan yang satu ini memang dikenal mempunyai banyak manfaat, termasuk di antaranya adalah meredam inflamasi pada lambung yang merupakan akibat dari naiknya asam lambung. 

Pemanfaatan lidah buaya untuk obat asam lambung dapat kamu lakukan dengan mengolahnya menjadi jus. Kamu dapat mengonsumsinya setiap hari saat bangun tidur atau sebelum tidur. Kalau kamu mempraktikkannya secara rutin, gejala akibat asam lambung bakal berkurang sedikit demi sedikit. 

Nah, itulah 7 pilihan obat alami untuk mengatasi masalah penyakit asam lambung yang bisa kamu gunakan di rumah. Cara ini dapat kamu manfaatkan ketika enggan ke luar rumah untuk membeli obat asam lambung di apotik. 

Klik Untuk Donasi - WeCare.id #UsahaBareng GandengTangan
  1. Terdanai Rp.36,885,076
  2. Pencapaian 70.97%
  3. Donatur 283

Namun, kalau kamu mengalami masalah penyakit asam lambung yang serius, pertimbangkan untuk melakukan konsultasi ke dokter. Jangan sampai dibiarkan dan kemudian malah menimbulkan problem yang lebih buruk. 

Sambil menambah edukasi kita tentang kesehatan, di luar sana banyak sekali saudara kita yang tidak bisa berobat saat sakit karena tidak punya biaya. WeCare.id mengajak kamu berdonasi membantu mereka yang membutuhkan. Kamu juga bisa download aplikasi WeCare.id di ponselmu agar donasi lebih mudah!

download_app

Referensi: 

Kontan. Diakses pada 11/12/2020. Ini Obat Herbal Asam Lambung yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah.
Alodokter. Diakses pada 11/12/2020. Cara Mengobati Asam Lambung di Rumah.
Detik Health. Diakses pada 11/12/2020. 5 Obat Asam Lambung: Mentimun hingga Kunyit.