Manfaat Tersembunyi Kurma untuk Ibu Hamil

Manfaat Tersembunyi Kurma untuk Ibu Hamil

Kurma, buah yang dianggap sebagai pohon kehidupan ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya, untuk ibu hamil. Apa saja manfaat buah dari keluarga palem tersebut untuk ibu hamil? Jenis kurma apa yang baik untuk kandungan? Simak informasinya dalam artikel ini.

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Ada banyak jenis kurma yang bisa kita jumpai, di antaranya: kurma sukari, kurma muda, ajwa, khalas, kurma golden valley, tunisia, dan masih banyak lagi. Semua jenis kurma tersebut dapat dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk olahan lain, seperti sari kurma atau susu kurma.

Salah satu jenis buah dari keluarga palem yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil adalah kurma muda. Di negara asalnya, kurma muda ini dikenal dengan nama Ruthab. Jenis kurma setengah matang yang rasanya tidak terlalu manis dan bertekstur agak lunak.

Ruthab mengandung sedikit gula dan kalori dibanding kurma tua. Sedangkan kandungan air, serat, dan proteinnya lebih banyak. Meski demikian, keduanya tetap mengandung mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Klik Untuk Donasi - Yuk Ulurkan Tanganmu Bantu Biaya Tunggakan Persalinan Ibu Nurul
Persalinan Normal
Nurul Hidayah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.742,000
  2. Pencapaian 100.03%
  3. Donatur 12

Kurma muda memiliki banyak manfaat, terlebih untuk ibu hamil dan masa nifas. Manfaat tersembunyi tersebut, antara lain:

  • Mencegah anemia, risiko diabetes, dan juga risiko pendarahan ketika melahirkan.
  • Mempercepat kontraksi dan melancarkan proses persalinan secara alami.
  • Memperlancar produksi ASI dan menjaga kinerja otak, terutama pada bayi
  • Meningkatkan kesehatan tulang, terutama pada bayi.
  • Menjaga kinerja jantung.
  • Menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Memperlancar pencernaan.
  • Memenuhi kebutuhan cairan dan sebagai sumber energi, terlebih bagi ibu pasca melahirkan.

Manfaat di atas bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi dalam takaran yang cukup, yaitu 3-5 butir sehari.

Jenis-Jenis Kurma yang Juga Baik untuk Ibu Hamil

Kurma muda tidak sendirian dalam memberikan manfaat bagi ibu hamil. Berikut 3 jenis kurma yang juga baik dikonsumsi ibu hamil:

1.    Kurma Ajwa

Dikenal sebagai kurma yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW, buah dari keluarga palem satu ini memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibanding jenis kurma lainnya. Memiliki tekstur lembut, juicy, dan tidak terlalu manis, rasa kurma premium ini hampir mirip buah kismis.

Harga Kurma Ajwa di pasaran sangatlah beragam, tergantung jenis dan kualitasnya. Rata-rata kurma ini dibanderol dengan harga Rp200.000-an per kilogram.

2.    Kurma Ruthab Hitam

Warna buahnya yang hitam pekat tidak mengurangi nikmatnya rasa kurma ini. Ruthab hitam memiliki tekstur lembut dan empuk, dengan rasa manis yang khas. Buah dari keluarga palem satu ini memiliki kandungan nutrisi yang melimpah bagi ibu hamil.

Harga Kurma Ruthab Hitam dibanderol mulai Rp150.000-an per kilogram. Sedangkan untuk jenis premium dihargai Rp200.000-an per kilogram.

3.    Kurma Sekki

Jenis Kurma Sekki cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka rasa manis buah dari keluarga palem ini. Ciri khas buah ini warnanya kekuningan pada sisi atas, dengan tekstur lebih keras. Sedangkan sisi bawah berwarna kecokelatan dengan tekstur lebih empuk dan kenyal. Harga Kurma Sekki dibanderol kurang lebih Rp250.000-an per kilogram.

Klik Untuk Donasi - Menunggak Biaya Persalinan, Bu Rohani Butuh Bantuanmu Segera
Persalinan Normal
Rohani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.883,575
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 14

Tahukah ibu hamil? Selain memberikan nutrisi terbaik untuk janin, ibu juga perlu menumbuhkan kebiasaan baik sejak dalam kandungan. Karena meski masih di dalam kandungan, janin dengan mahir mempelajari setiap emosi, kebiasaan, maupun hal lain yang dikerjakan ibunya.

Salah satu kebiasaan baik yang bisa kamu ajarkan untuk calon buah hati sejak dalam kandungan adalah dengan mengajaknya berbagi. Kamu bisa memulainya dengan berdonasi melalui WeCare. Ajak calon buah hati berdialog tentang melakukan hal istimewa bagi sesama dengan kegiatan berbagi tersebut.

Ada banyak pasien tidak mampu, kepala rumah tangga yang kehilangan pekerjaan, maupun komunitas yang membutuhkan uluran tanganmu. Salurkan bantuan melalui WeCare.id. Untuk proses donasi yang lebih mudah, download aplikasi WeCare di App Store dan Google Play. Uluran tangan kamu sangat berarti untuk mereka.

download_app

Referensi:

Halodoc.com. (2019). Kurma Muda atau Kurma Biasa, Mana yang Paling Sehat?.
Hellosehat.com. (2020). Benarkah Kurma Muda Bisa Bikin Cepat Hamil?.
Ruangmom.com. (2020). 14 Jenis Kurma yang Baik untuk Program Hamil dan Bumil.
Parenting.orami.co.id. (2018). Punya Khasiat Menakjubkan, Ini 6 Kurma Termahal dan Terenak Di Dunia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *