Apakah Kamu Hamil? Ketahui Tanda-Tanda Kehamilan

Apakah kamu terlambat mengalami menstruasi? Apakah kamu merasa mual-mual? Bisa jadi kamu hamil. Kenali tanda-tanda kehamilan berikut ini.

Apa itu kehamilan?

Istilah kehamilan digunakan untuk menggambarkan periode saat janin berkembang di dalam kandungan atau rahim wanita.

Jangka waktu kehamilan berkisar 40 minggu atau lebih dari 9 bulan, yang diukur dari periode menstruasi terakhir hingga persalinan.

Apa tanda kamu hamil?

Tanda kamu hamil adalah kamu tidak mengalami menstruasi atau tidak menstruasi selama dua atau lebih periode berturut-turut tetapi ada juga perempuan yang mengalami gejala kehamilan lain sebelum mereka kehilangan menstruasi.

Tidak mengalami menstruasi tidak selalu berarti kamu hamil. Penyimpangan menstruasi sering terjadi dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk mengkonsumsi pil KB, menderita diabetes dan sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan makan, dan obat-obatan tertentu. Perempuan yang tidak mengalami menstruasi selama periode waktu tertentu harus memeriksakan dirinya untuk  mengetahui apakah mereka hamil atau mereka memiliki masalah kesehatan lain.

Tiap perempuan mengalami gejala kehamilan yang berbeda. Seorang perempuan dapat mengalami semua gejala umum kehamilan, hanya beberapa, atau tidak sama sekali. Beberapa

Berikut ini tanda-tanda awal kehamilan.

Tanda-tanda awal

Selain tidak mengalami menstruasi, tanda-tanda awal kehamilan lainnya termasuk:

  • pusing
  • mual dengan atau tanpa muntah
  • kelelahan
  • sering buang air kecil
  • perubahan payudara, seperti rasa sakit ketika tersentuh

Untuk memastikan kamu benar-benar hamil, kamu dapat melakukan hal berikut ini:

  • Periksa ke dokter
  • lakukan tes kehamilan di rumah

Jika tes kehamilan di rumah positif, periksakan lagi ke dokter untuk memastikan. Ahli kesehatan profesional dapat menyediakan tes kehamilan dengan melakukan pemindaian ultrasound abdominal atau transvaginal.

Tahapan kehamilan

Waktu kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu. Waktu itu dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir kamu. Minggu-minggu dikelompokkan menjadi tiga trimester.

Trimester pertama (minggu 1 – minggu 12)

Tubuh kamu akan mengalami banyak perubahan selama trimester pertama. Perubahan hormon mempengaruhi hampir setiap sistem organ dalam tubuh kamu. Perubahan ini dapat memicu gejala bahkan pada minggu-minggu pertama kehamilan. Tanda yang jelas bahwa kamu hamil adalah kamu berhenti mengalami menstruasi.

Trimester kedua (minggu 13 – minggu 28)

Pada trimester kedua kehamilan kebanyakan perempuan merasakan gejala yang lebih mudah daripada yang trimester pertama. Mungkin kamu tidak lagi mengalami mual dan kelelahan tetapi ada perubahan baru lainnya yang muncul. Perut kamu akan membesar saat bayi terus tumbuh. kamu juga akan merasakan bayi kamu mulai bergerak sebelum trimester ini berakhir.

Trimester ketiga (minggu 29 – minggu 40)

kamu berada di trimester akhir. Semua ketidaknyamanan yang kamu rasakan di trimester kedua akan berlanjut. Pada trimester ini,  banyak perempuan mengalami kesulitan bernafas dan lebih sering ke kamar mandi. Penyebabnya adalah karena bayi kamu semakin besar dan memberi tekanan lebih pada organ-organ tubuh kamu. Jangan khawatir, bayi kamu baik-baik saja dan begitu kamu melahirkan masalah ini akan berkurang.

Selama kehamilan kamu harus menjaga kesehatan kamu dan bayi. Bagaimana caranya? Ikuti cara berikut ini agar kamu tetap sehat selama masa kehamilan.

Cara Tetap Sehat Selama Kehamilan

Berikut ini tips untuk membantu kamu memastikan kehamilan dan bayi yang sehat dari Bringham and Women’s Hospital di Boston.

1. Makan dengan gizi seimbang

Konsumsi banyak buah dan sayuran berwarna, makanan kaya kalsium, biji-bijian utuh, dan makanan rendah lemak jenuh. Hindari gula dan lemak.

2. Konsumsi vitamin

Konsumsi asam folat dan kalsium. Bayam, jeruk, brokoli, dan kacang merah kaya akan asam folat Susu, yogurt, dan bayam mengandung kalsium.  Mengkonsumsi multivitamin prenatal harian dapat membantu memastikan kamu mendapatkan jumlah vitamin yang tepat. Tanyakan kepada dokter kamu tentang mengkonsumsi vitamin prenatal harian.

3. Tetap terhidrasi

Saat kamu hamil, tubuh kamu akan membutuhkan lebih banyak air daripada biasanya. Konsumsi delapan atau lebih cangkir setiap hari.

4. Perawatan prenatal yang tepat

Lakukan perawatan pranatal secara teratur dari profesional kesehatan agar terhindar dari kemungkinan memiliki anak dengan berat badan lahir rendah.

5. Hindari makanan tertentu

Hindari mengkonsumsi makanan-makanan tertentu, seperti daging mentah atau langka, hati, sushi, telur mentah (termasuk mayones), keju lunak (feta, brie), dan susu yang tidak dipasteurisasi. Produk hewani mentah dan tidak dipasteurisasi dapat menyebabkan keracunan makanan. Beberapa ikan, bahkan ketika dimasak bisa mengandung banyak merkuri.

6. Jangan merokok

Merokok itu tidak sehat untuk kamu dan anak kamu yang belum lahir karena bisa meningkatkan risiko SIDS (sindrom kematian bayi mendadak), kelahiran prematur, keguguran, dan beberapa hasil tidak sehat lainnya.

7. Berolahraga

Aktif berolahraga setiap hari sangat bagus untuk sebagian besar wanita hamil.  Para peneliti dari Washington State University merekomendasikan bahwa wanita – apakah mereka obesitas atau memiliki diabetes – berolahraga secara teratur selama kehamilan karena itu bermanfaat bagi kesehatan metabolisme anak-anak mereka.

Konsultasikan dengan dokter kamu untuk mengetahui berapa banyak aktivitas fisik yang tepat untuk kamu.

8. Lakukan suntikan flu

Flu bisa membuat ibu hamil merasa kesakitan. Jadi, konsultasi pada dokter tentang suntikan flu untuk kamu.

9. Tidur cukup

Tidur cukup (7 hingga 9 jam) penting bagi kamu dan bayi kamu. Cobalah tidur di sisi kiri kamu untuk meningkatkan aliran darah ke kamu dan anak kamu.

10. Kurangi stres

Kurang stres penting untuk proses kelahiran. Hindari situasi yang dapat menyebabkan stres selama hamil. Minta bantuan orang terdekat untuk mengatasi stres kamu.

 

Sumber:

https://www.nichd.nih.gov/health/topics/pregnancy/conditioninfo

https://www.nichd.nih.gov/health/topics/pregnancy/conditioninfo/signs

https://www.medicalnewstoday.com/articles/38302.php

https://www.womenshealth.gov/pregnancy/youre-pregnant-now-what/stages-pregnancy

https://brighamhealthhub.org/womens-health/12-ways-to-stay-healthy-during-pregnancy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *