Tak Hanya Cegah COVID-19, Ini Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Tak Hanya Cegah COVID-19, Ini Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Pandemi COVID-19 jadi momen penting yang mampu mengubah pandangan masyarakat awam tentang upaya menjaga kesehatan. Untuk upaya pencegahan penyebaran COVID-19, masyarakat pun menerapkan cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai imbauan pemerintah. Namun, tahukah kamu kalau mencuci tangan menggunakan sabun mempunyai manfaat lebih dari sekadar mencegah COVID-19?

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Terdapat 4 manfaat cuci tangan yang bisa kamu peroleh selain pencegahan COVID-19, yaitu: 

1. Mencuci Tangan dengan Sabun lebih Efektif Dibandingkan Hand Sanitizer

Penelitian Ryohei Hirose (2019) mengungkapkan bahwa cuci tangan memakai hand sanitizer berbasis etanol tidak mampu menghilangkan virus influenza A yang menempel di tangan. Beda halnya dengan cuci tangan pakai sabun, bisa menghilangkan virus dan sekaligus mampu membersihkan tangan lebih cepat. Apalagi, kalau kamu mencuci tangan dengan air yang mengalir. 

2. Mencegah Potensi Resistensi Antimikroba

Cara mencuci tangan yang benar bermanfaat dalam mencegah potensi resistensi antimikroba. Resistensi antimikroba dapat terjadi ketika mikroba kebal karena sudah terlalu sering terpapar antijamur, antivirus, dan antibiotik. Dalam kondisi seperti itu, pasien yang dengan resistensi antimikroba bakal mengalami kesulitan dalam proses perawatan ketika terinfeksi penyakit. 

Potensi terjadinya resistensi antimikroba dapat dikurangi dengan cara menjaga agar tubuh tetap sehat sehingga jarang mengonsumsi antibiotik. Mencuci tangan dengan benar merupakan salah satu tindakan preventif yang penting dalam menjaga tubuh tetap sehat. Alhasil, kamu pun jadi jarang minum obat. 

Klik Untuk Donasi - GERAKAN 1.000.000 FACE SHIELD UNTUK INDONESIA
  1. Terdanai Rp.855,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 14

3. Membunuh Kuman

Kalau langkah-langkah mencuci tangan dipraktikkan dengan benar, kamu juga bisa memperoleh manfaat selanjutnya, yakni menghilangkan kuman penyakit. Tangan yang terlihat bersih belum tentu bebas dari kuman. Apalagi, kuman penyakit mempunyai ukuran yang sangat kecil dan tak bisa dilihat secara kasat mata. Kalau organisme mikroskopik ini masuk ke dalam tubuh, dapat menimbulkan infeksi dan penyakit. 

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling berisiko menimbulkan penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman. Dengan membiasakan cara mencuci tangan yang baik dan benar, kamu dapat mencegah agar tidak kuman tidak masuk ke dalam tubuh. Alhasil, kamu tubuh kamu bisa lebih sehat dan jarang terkena penyakit. 

4. Mencegah Infeksi Berbagai Penyakit

Kuman penyakit bisa berupa jamur, parasit, virus, atau bakteri. Banyak penyakit yang muncul diakibatkan oleh infeksi kuman. Oleh karena itu, kamu tidak hanya bisa mencegah infeksi COVID-19 kalau mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar. Di waktu bersamaan, kamu juga dapat terhindar dari beragam penyakit yang disebabkan oleh kuman. 

Contohnya antara lain adalah, Salmonella yang dapat meracuni makanan, Rhinovirus yang merupakan kuman penyebab penyakit demam, Trichophyton yang menyebabkan penyakit demam, serta Giardia Intestinalis yang merupakan kuman penyebab diare. Selain itu, ada pula penyakit lain yang bisa kamu cegah dengan kebiasaan cuci tangan, seperti ISPA, pilek, hepatitis A, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

5. Mendorong Pola Hidup yang Sehat

Kebiasaan mencuci tangan juga dapat memberi manfaat sebagai dorongan untuk menjaga pola hidup sehat. Laporan Li Liu, PhD (2012) menyebutkan kalau cuci tangan dengan benar dapat mencegah kematian anak usia di bawah 5 tahun. Bahkan, setidaknya 1,8 juta anak meninggal tiap tahunnya diakibatkan oleh diare dan pneumonia. Lewat kebiasaan cuci tangan yang benar, kamu pun berpartisipasi untuk mencegah fenomena tersebut menjadi semakin buruk. 

Sampai di sini, kamu sudah tahu pentingnya membiasakan diri mencuci tangan yang benar, kan?

download_app

Referensi

Ryohei Hirose, Takaaki Nakaya, Yuji Naito, Tomo Daidoji, Risa Bandou, Ken Inoue, Osamu Dohi, Naohisa Yoshida, Hideyuki Konishi, Yoshito Itoh, dipublikasikan melalui Journal American Society for Microbiology.

Li Liu, PhD, Hope L Johnson, PhD, Prof Simon Cousens, MA, Jamie Perin, PhD, Susana Scott, PhD, Joy E Lawn, PhD, et al. Global, regional, and national causes of child mortality: an updated systematic analysis for 2010 with time trends since 2000

Tempo. Cara Mencegah Resistensi Antimikroba, Termasuk Cuci Tangan.

Halodoc. Ketahui 4 Manfaat Cuci Tangan dengan Sabun.

Kompas. Jangan Disepelekan, Ini 5 Manfaat Cuci Tangan Selama 20 Detik.