Manfaat Psikologis Main Catur ala The Queen’s Gambit

Manfaat Psikologis Main Catur ala The Queen’s Gambit

Salah satu judul serial Netflix yang sedang populer dan berhasil memikat para penonton adalah “The Queen’s Gambit”. Serial yang berlatar tahun 1960-an ini dibuat berdasarkan novel tahun 1983 yang ditulis oleh Walter Tevis. Cerita serial ini berkisah tentang Harmon, seorang yatim piatu dari Kentucky, dan kebangkitannya sebagai pemain catur ajaib di tahun 1950-an dan 1960-an.

Manfaat Bermain Catur

Sering kali catur sering dianggap sebagai permainan otak untuk para intelektual karena harus berpikir sepanjang permain. Mungkin karena itulah bermain catur dianggap dapat membantu meningkatkan IQ. Selain meningkatkan kemampuan otak, catur dipercaya memiliki beberapa jenis manfaat mental.

Manfaat Psikologis Main Catur ala The Queen's Gambit | WeCare.id

Untuk tahu lebih banyak mengenai manfaat catur, simak rangkuman mengenai beberapa manfaat dari bermain catur yang bersumber dari beberapa situs web.

1. Membangun Kepercayaan Diri

Berapa pun usianya, bermain catur akan membantu membangun kepercayaan diri.  Ketika bermain, pemain catur akan sendirian dan bila kalah, mereka harus mencatat dan menganalisis kesalahannya. Bermain dan menganalisis mengapa mereka kalah atau memenangkan permainan meningkatkan tingkat kekuatan mental serta kepercayaan diri yang akan mereka bawa ke dunia di luar selain dunia catur.

2. Melatih Keterampilan Memecahkan Masalah

Catur merupakan permainan yang melibatkan pemecahan serangkaian masalah serta teka-teki yang semakin rumit. Maka tak mengherankan jika catur melatih kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah ketika mereka sedang bermain.

Keterampilan problem-solving bekerja mirip dengan otot fisik. Semakin otot banyak digunakan, akan semakin kuat. Antisipasi dan perencanaan konstan, serta kecerdikan dan taktik yang diperlukan dalam permainan catur, akan melatih otak secara intens untuk memecahkan masalah. Keterampilan ini akan terbangun dan membantu seseorang menjadi lebih baik dalam memecahkan masalah yang kompleks.

Klik Untuk Donasi - Yuk Bantu Kesembuhan Adik Sultan agar bisa Kembali Tumbuh dengan Ceria
Patent Ductus Arteriosus (PDA)
Sultan Almer Athallah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.4,011,000
  2. Pencapaian 23.25%
  3. Donatur 45

3. Membantu Rehabilitasi Dan Terapi

Catur bisa digunakan untuk membantu merehabilitasi pasien yang baru pulih dari stroke atau kecelakaan yang membuat fisik mereka lemah. Permainan catur juga bisa digunakan sebagai bentuk terapi bagi penderita autisme atau kelainan perkembangan lainnya.

Memindahkan bidak catur ke seluruh papan bisa membantu mengembangkan dan menyempurnakan motorik pasien, sementara upaya mental yang diperlukan untuk memainkan permainan bisa meningkatkan keterampilan kognitif dan komunikasi. Bermain catur juga bisa merangsang konsentrasi yang dalam dan ketenangan, membantu memusatkan dan merilekskan pasien yang mengalami berbagai tingkat kecemasan.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Sebuah studi medis yang dilakukan oleh Albert Einstein College of Medicine yang melibatkan 488 manula menunjukkan bahwa bermain catur, yang merangsang fungsi otak, secara terukur bisa mengurangi risiko demensia serta melawan gejalanya.

Daripada membiarkan otak menurun kemampuannya, menjaga fungsi otak pada kecepatan normal, khususnya dengan aktivitas olah raga pikiran seperti catur, akan mengurangi risiko penyakit Alzheimer juga depresi dan kecemasan.

5. Membantu Mengobati Skizofrenia

Para dokter di Center for Cognitive Neuroscience di Bron, Prancis, menemukan bahwa pasien penderita skizofrenia yang diarahkan untuk bermain catur tiap hari memperlihatkan peningkatan kondisi mereka jika dibandingkan dengan pasien yang tidak bermain catur.

Para pasien yang bermain catur menunjukkan peningkatan perhatian, perencanaan, dan kemampuan penalaran mereka. Menariknya lagi, para pasien tersebut memilih untuk terus bermain catur sebagai bagian dari rutinitas harian mereka, bahkan sesudah selesai penelitian.

6. Membantu Peningkatan Memori

Permainan catur, seperti yang sudah diketahui melibatkan banyak menghafal, terutama bagi mereka yang merupakan pemain baru dari mulai aturan permainan hingga strategi. Itu semua membutuhkan  penghafalan tingkat tinggi. Untuk pecatur pemula, semua aktivitas ketika bermain catur, bahkan yang sederhana sekalipun  dapat membantu mengembangkan dan meningkatkan ingatan.

Klik Untuk Donasi - Bantu Pasien Rehabilitasi Medik bersama Teman Rehab
  1. Terdanai Rp.119,000
  2. Pencapaian 0.10%
  3. Donatur 8

Itulah informasi mengenai manfaat bermain catur untuk kesehatan otak dan pikiran! Sambil kita mencoba menjaga kekuatan daya pikir dan daya ingatan kita, WeCare mau ajak kamu untuk melakukan hal istimewa dan bantu pasien tidak mampu nih! Buka tautan diatas untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah. Niscaya dengan membantu sesama, pikiran dan otak kita akan selalu diberkahi dengan ingatan yang indah.

Referensi

Amanpour, M. G. (2020). Hit Netflix show ‘The Queen’s Gambit’ will speed up chess ‘boom,’ say grandmasters. CNN.com.
Chess-site. (2017). The Mental Benefits of Chess. The Chess-site.
Ph.D., D. P. (2020). The Queen’s Gambit Made Real. Psychology Today.
Savage, J. (2012). 7 Surprising Health Benefits of Playing Chess. The Chess World.
Stanborough, R. J. (2020). The 10 Best Benefits of Playing Chess. Healthline.
Stewart, S. (2020). This Netflix hit is now our universal escape hatch. CNN.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *