100 Dokter Gugur dalam Perjuangan Melawan Pandemi COVID-19

Kini, sudah sekitar 6 bulan sejak kasus pertama COVID-19 tercatat di Indonesia (2 Maret 2020). Hingga hari ini, jumlah kasus di Indonesia mencapai lebih dari 175.000 ribu dengan tren yang terus meningkat setiap harinya.

Dari jumlah total pasien positif COVID-19 tersebut, sebanyak 7.417 orang meninggal dunia dan 125.959 orang dinyatakan pulih. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan hingga kini telah ada 100 dokter yang gugur terkait COVID-19 dalam perjuangan melawan pandemi ini.  

Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas gugurnya 100 dokter dalam bertugas. Menurut data, 100 dokter tersebut berasal dari berbagai  daerah yang tersebar di Jawa, Bali, Sulawesi, Sumatera,, Kepulauan Riau, Kalimantan, hingga termasuk Ketua IDI Papua Barat.

Diduga banyak faktor yang mempengaruhi semakin beratnya beban bagi para tenaga kesehatan yang berjuang di lapangan hingga berujung kelelahan. Salah satunya karena  kapasitas RS mulai penuh, occupancy rate nasional mencapai 41 persen, bahkan sudah 14 provinsi telah memiliki occupancy rate di atas rata-rata nasional. Ini menyebabkan penuhnya jam kerja tenaga kesehatan termasuk para dokter sementara jumlah pasien positif terus bertambah setiap harinya. 

Selain itu, APD (alat pelindung diri) yang minim kurang memadai di berbagai fasiitas kesehatan menyebabkan tenaga kesehatan rentan terekspos COVID-19, sedangkan mereka selalu bertugas berada di garda terdepan untuk melindungi masyarakat luas. Hingga kini WeCare.id telah membantu menyalurkan donasi APD ke lebih dari 1900 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Kamu bisa ikut terus membantu melindungi tenaga kesehatan dengan donasi  #APDuntukNegeri di wecare.id/apdcorona. Terus lalukan percegahan penyebaran  COVID-19 dan hargai perjuangan tenaga kesehatan di garda terdepan dengan tetap #diRumahAja bila tidak ada keperluan mendesak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *