Sayangi Ginjal dengan Mengikuti Gaya Hidup Sehat Ini

Sudahkan Kamu minum air putih pagi ini? Cukup minum air putih setiap harinya adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Ada banyak sekali manfaat minum air putih secara teratur setiap hari, namun banyak yang belum menyadari betapa pentingnya air putih untuk tubuh.

Pada dasarnya, dua pertiga dari tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan, agar dapar berfungsi dengan baik, setiap sistem dalam tubuh manusia bergantung pada air. Jaringan dan organ di tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, contohnya otak terdiri dari 80% air, darah terdiri dari 83% air, otot-otot termasuk jantung terdiri dari 75% air, kulit terdiri dari 64% air, paru-paru merupakan 90% air, dan bahkan tulang terdiri dari 30% air!

Mengapa penting untuk rajin mengkonsumsi air putih? Apa yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan air? Yuk, simak penjelasan berikut.

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Sekitar 60% tubuh kita terdiri dari air. Fungsi air di tubuh kita antara lain adalah untuk penyerapan, pencernaan, transportasi nutrisi, sirkulasi, pemeliharaan suhu tubuh, dan penciptaan air liur.

Berdasarkan penelitian dari Standford Medical School Nephrology, otak berkomunikasi dengan ginjal dan memberikan sinyal berapa banyak air yang harus dikeluarkan sebagai urin atau ditahan untuk cadangan melalui kelenjar pituitari posterior. Otak dapat memicu mekanisme haus tubuh ketika kita kekurangan cairan, oleh karena itu sangat penting apabila segera minum air putih ketika tubuh merasa haus.

  1. Menjaga Fungsi Ginjal

Infeksi saluran kemih adalah jenis infeksi yang paling umum terjadi dalam tubuh manusia. Jika infeksi itu menyebar sampai ke saluran kemih bagian atas, termasuk ginjal, akan terjadi kerusakan permanen. Apabila tidak ditangani dengan baik, infeksi ginjal yang berkelanjutan dapat menyebabkan kematian.

Cara mencegah infeksi saluran kemih cukup sederhana, yaitu dengan minum air putih dengan cukup. Cara ini akan membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih dan juga membantu mengobatinya.

Penyakit lainnya yang juga diakibatkan karena kurangnya minum air putih adalah batu ginjal. Penyakit ini selain dapat menimbulkan rasa nyeri hebat pada bagian pinggang, juga dapat menganggu kerja ginjal dan akan mengakibatkan penumpukan zat berbahaya dalam tubuh dan juga kelebihan cairan di dalam tubuh.

Selain itu, batu ginjal dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis. Apabila tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan gagal ginjal. Ketika ginjal sudah tak berfungsi dengan baik, organ pun berhenti bekerja dan pilihan pengobatan yang bisa dilakukan adalah dialisis yang biasa dikenal sebagai cuci darah, atau transplantasi ginjal.

  1. Membantu Kerja Otak

Pernah dengar bahwa minum air putih akan meningkatkan konsentrasi? Sebagaian besar dari otak manusia terdiri dari air, sehingga minum air putih yang cukup dapat membantu kinerja otak dalam beberapa hal, di antaranya:

  • Membantu berpikir dengan baik
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • Membantu menyeimbangkan suasana hati dan emosi
  • Meningkatkan aliran darah dan oksigen
  • Mencegah dan menghilangkan sakit kepala
  • Mengurangi stres
  • Mempertahankan fungsi memori

 

  1. Mengeluarkan Racun

Cairan tubuh membantu proses pembuangan zat berbahaya dalam tubuh untuk keluar dari sel untuk selanjutnya diproses oleh ginjal dan hati. Proses ini hanya dapat berfungsi dengan baik dan efisien apabila tubuh tidak dalam kondisi kekurangan cairan. Risiko untuk terkena penyakit batu ginjal dan mengalami infeksi saluran kemih akan lebih tinggi apabila kita tidak minum cukup air putih.

  1. Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Pernah mendengar bahwa air putih sangat dianjurkan untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan? Minum air putih terbukti untuk dapat membantu proses penurunan berat karena dapat membantu untuk merasa kenyang dan menekan nafsu makan.

Bahkan, dalam penelitian yang berjudul Efficacy of water preloading before main meals as a strategy for weight loss in primary care patients with obesity: RCT dari University of Birmingham dan University of Oxford di Inggris menemukan bahwa terdapat bukti dasar yang mendukung bahwa minum air putih sebelum makan dapat membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, minum banyak air juga mencegah retensi cairan, karena tubuh tidak akan mencoba untuk menahan air apabila sudah cukup. Jadi, jika ingin menurunkan berat badan jangan lupa untuk cukup minum air putih dan bukan air soda, teh manis, jus, atau kopi susu.

  1. Membuat Kulit Sehat

Minum cukup air dapat membantu  melembabkan kulit, membantu mengisi jaringan kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, minum cukup air dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

Nah, sekarang terjawab sudah mengapa kita harus cukup minum air putih. Cukup minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh antara lain ginjal yang sehat, memiliki kemampuan berpikir dan berkonsentrasi yang baik, tidak stres, dan membantu untuk menurunkan berat badan, jangan lupa untuk minum air putih. Terkait berapa gelas air putih yang harus diminum setiap harinya, terdapat beberapa perbedaan rekomendasi karena kebutuhan air putih dapat bervariasi antar individu, namun secara umum adalah delapan gelas.  Jangan lupa untuk dengarkan tubuhmu apabila sudah merasa haus karena itu merupakan sinyal dari otak bahwa tubuh kekurangan air.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/six-to-eight-glasses-of-water-still-best/

https://www.loseweightbyeating.com/benefits-of-drinking-water/

https://www.brainmdhealth.com/blog/6-amazing-health-benefits-of-drinking-water/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/290814.php

http://healthyfutures.nea.org/s-e-w-what-10-benefits-of-drinking-water/

https://www.webmd.com/diet/features/6-reasons-to-drink-water#1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *