Tespek Positif, Ini Langkah Penting yang Harus Dilakukan!

Tespek Positif, Ini Langkah Penting yang Harus Dilakukan!

Bagi para pejuang dua garis, hasil tespek positif adalah hal yang paling dinantikan. Tapi tidak sedikit yang masih bingung, langkah apa yang harus dilakukan setelah mengetahuinya, terutama bagi pasangan baru. Untuk pembahasan lebih lanjut, yuk kita simak artikel berikut!

Daftar isi:

  1. 1. Cara Kerja Tespek/Test Pack
  2. 2. Apakah Tespek Positif Pasti Hamil?
  3. 3. Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Mengetahui Tespek Positif

Cara Kerja Tespek/Test Pack

Selain USG, tespek merupakan alat pendeteksi kehamilan yang sering digunakan untuk mengetahui apakah seseorang itu hamil atau tidak. Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja tespek ialah dengan mendeteksi adanya hCG atau hormon human chorionic gonadrotopin dalam urin, biasanya urin di pagi hari setelah bangun tidur. Meskipun tidak 100% akurat, tapi tespek terbukti memberikan hasil yang sesuai jika cara penggunaannya tepat. Buat kamu yang sudah merencanakan kehamilan, penggunaan tespek bisa dilakukan seminggu atau tujuh hari setelah berhubungan suami istri.

Tespek dinyatakan positif apabila menunjukkan garis dua pada alat pendeteksi kehamilan tersebut. Untuk garis yang pertama muncul biasanya menandakan bahwa tespek yang digunakan sudah tepat dan alat tersebut berfungsi dengan baik. Kemudian garis kedua yang muncul menandakan bahwa terdapat kadar hCG yang menandakan seseorang itu hamil. Jika tidak muncul garis kedua atau hanya muncul satu garis sejak awal maka tespek dinyatakan negatif.

Ibu Suanah Butuh Biaya Pengobatan ke Rumah Sakit, Bantuanmu Sangat diButuhkan!

Apakah Tespek Positif Pasti Hamil?

Meski tespek terbilang akurat, tetapi cara kerjanya tergantung bagaimana kamu menggunakan tespek. Apakah tespek sudah digunakan dengan tepat sesuai prosedur yang ada? Apakah tespek yang digunakan kadaluarsa atau tidak?

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu cara penggunaan tespek yang benar. Sebelum membeli tespek, alangkah baiknya memeriksa tanggal kadaluarsanya terlebih dahulu, karena mempengaruhi fungsi kerja tespek itu sendiri.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Mengetahui Tespek Positif

Buat kamu yang sudah mendapatkan hasil tespek positif atau garis dua, alangkah baiknya kamu melakukan hal-hal sebagai berikut:

Melakukan tes ulang 3-5 hari lagi.

Menurut Jensen dan Stewart (2015), pada masa awal kehamilan, kadar hormon hCG seseorang dapat meningkat secara cepat setiap 2-3 hari. Semakin lama umur kehamilan seseorang maka kadar hormon yang terdeteksi pun akan semakin jelas.

Nah, jika kamu sudah mendapatkan hasil positif di awal tes menggunakan tespek namun warna garisnya masih samar-samar, kamu bisa mencoba tes kembali 3-5 hari setelahnya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Memilih dokter kandungan yang nyaman buat Kamu.

Memilih dokter kandungan merupakan bagian paling penting dalam masa kehamilan. Kamu harus tahu dokter kandungan yang membuat kamu nyaman. Kamu bisa tanyakan kerabat maupun teman untuk mendapatkan informasi mengenai dokter kandungan. Jika kamu sudah menemukan dokter yang tepat, atur jadwal untuk konsultasi, ya!

Jadikan pasanganmu dan keluargamu support system terbaik.

Seseorang yang hamil sangat butuh yang namanya dukungan atau support system. Mereka memerlukan energi positif setiap harinya agar kehamilan mereka terjaga dan janin yang ada di rahim juga selalu sehat.

Pasangan dan keluarga tentu merupakan orang paling dekat dan paling sering berinteraksi dengan kita. Sampaikan di awal kepada mereka bahwa kamu sangat butuh support system terbaik, yaitu mereka.

Klik Untuk Donasi - Miris! Seorang Ibu Tak Punya Biaya Persalinan Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Halimah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,097,200
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 22

Menjaga pola makan, kondisi pikiran dan kesehatan jasmani.

Kondisi ibu hamil tentu berbeda dengan sebelum ia hamil. Mereka lebih harus menjaga pola makan, pikiran, juga kesehatan jasmaninya. Untuk itu, kamu harus mengatur kembali pola makan yang sehat, mengurangi stress, dan tetap berolahraga ringan agar kehamilan tetap selalu sehat dan terjaga.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara kerja tespek dan langkah apa yang perlu dilakukan ketika hasil tespek positif. Nah, sambil menikmati masa kehamilan, kamu juga bisa berbagi kebaikan dengan melakukan donasi melalui WeCare.id. Aplikasinya bisa kamu download di PlayStore. Di sana kamu bisa menyalurkan sedikit bantuan untuk orang-orang yang membutuhkan. Semangat berbagi kebaikan!

Referensi:

Dktindonesia. Diakses 19 Januari 2021. Begini Cara Kerja Test Pack dalam Mendeteksi Kehamilan. (dktindonesia.org)Dewi Ratna. 18 Desember 2021. 10 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Hasil Test Pack Positif. (popmama.com)