Bumil, Inilah 8 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Bumil, Inilah 8 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Diet sehat merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat untuk tiap orang, tapi lebih penting lagi bagi mereka yang sedang berbadan dua alias hamil atau merencanakan kehamilan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat selama masa kehamilan akan membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang. Untuk ibu yang sedang hamil tak perlu melakukan diet khusus, tapi penting untuk mengkonsumsi makanan yang berbeda tiap harinya agar mendapat asupan nutrisi yang seimbang yang dibutuhkan bumil dan bayi. Nah, berikut ini adalah contoh beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Cek daftar makanannya di bawah ini.

Miris! Seorang Ibu mengalami Kehamilan Ektopik dan Menunggak Biaya Rumah Sakit

1. Telur

Telur memiliki banyak manfaat dan merupakan sumber protein yang baik. Kebutuhan asam amino bumil dan bayi akan bisa dipenuhi oleh telur. Selain itu, telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk kolin yang sebagian besar terkandung dalam kuning telur, yang baik untuk perkembangan otak bayi. Telur juga membantu sumsum tulang belakang bayi agar bisa berkembang dengan baik, dan membantu mencegah bayi mengalami cacat tertentu saat lahir. Akan tetapi, pastikan untuk tidak mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ini dalam keadaan setengah matang atau mentah.

2. Ikan salmon

Salmon merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Makanan ini kaya akan kandungan omega 3, yaitu asam lemak esensial, serta memiliki banyak manfaat lainnya. Makanan laut banyak mengandung omega 3 dalam jumlah tinggi. Asam lemak esensial ini membantu membangun otak serta mata bayi. Salmon juga mengandunga protein dan vitamin B. Jika dibandingkan dengan ikan lainnya, salmon juga relatif rendah merkuri. Selain itu, salmon juga merupakan sumber alami vitamin D. Vitamin ini penting bagi kesehatan tulang juga fungsi kekebalan tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsinya dengan memanggangnya, membakarnya, atau mengolahnya menjadi salad.  

3. Kacang-kacangan

Kacang termasuk seperti lentil, kacang polong, dan kacang tanah merupakan sumber protein yang baik serta sumber folat, zat besi, kalium, juga magnesium yang sangat baik untuk ibu hamil. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga kaya serat yang bisa membantu mencegah serta meringankan ketidaknyakanan saat hamil, yaitu sembelit dan wasir. Contoh kacang-kacangan yang bisa jadi makanan sehat untuk ibu hamil adalah kacang edamame. Bumil bisa mengkonsumsinya sebagai sup, salad atau juga tumisan. Jadi camilan dengan cara memanggangnya terlebih dulu juga enak.

4. Brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap

Brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam atau kale, mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk bumil. Untuk bumil yang tidak begitu senang dengan sayuran hijau, makanan ini bisa dicampurkan ke dalam semua jenis hidangan. Manfaat dari makanan sehat untuk ibu hamil ini di antaranya yaitu mengandung serat, vitamin K, C, A, zat besi, kalsium, kalium dan folat. 

Menambahkan sayuran hijau ke dalam menu makanan sehari-hari merupakan cara yang efisien untuk untuk mendapatkan vitamin serta dapat melawan sembelit karena semua sayuran itu mengandung serat. Sayuran juga berhubungan dengan penurunan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

5. Daging dan unggas tanpa lemak

Daging merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik sekali. Bahan makanan ini juga merupakan sumber zat besi, vitamin B, dan seng yang baik. Sel-sel dalam tubuh mendapatkan oksigen dari zat besi dan bumil akan membutuhkan lebih banyak zat besi selama kehamilan. Konsumsilah potongan daging dengan sekitar 95 – 98 persen bebas lemak.

6. Biji-bijian utuh (whole grain)

Biji-bijian utuh atau whole grain memiliki kandungan serta dan nutrisi yang tinggi, termasuk zat besi, vitamin B, asam folat (jika produknya diperkaya asam folat), vitamin E antioksidan, magnesium, dan mineral selenium. Ada juga fitonutrien, yaitu senyawa tanaman yang bisa melindungi sel. Cobalah ganti roti putih dengan roti gandum utuh selama kehamilan. Konsumsi juga biji-bijian utuh lainnya seperti oat.

7. Minyak hati ikan

Minyak hati ikan yang bahannya adalah hati ikan yang berminyak, seperti ikan cod, kaya akan asam lemak omega 3 EPA dan DHA. Makanan sehat untuk ibu hamil ini memiliki nutrisi yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Mengkonsumsi minyak ikan juga bisa membantu melindungi bayi lahir prematur dan bermanfaat untuk perkembangan mata janin. Selain itu, minyak hati ikan juga kaya akan vitamin D. Kebanyakan orang kekurangan vitamin ini. Untuk mereka yang tidak biasa mengkonsumsi makanan laut maupun suplemen yang mengandung omega 3 atau vitamin D, minyak hati ikan bisa jadi penggantinya.

Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi minyak hati ikan lebih dari satu porsi per hari, karena terlalu banyak vitamin A bisa berbahaya bagi bayi. Tingkat omega-3 yang terlalu tinggi juga bisa memiliki efek mengencerkan darah.

8. Susu dan olahan susu

Makanan olahan susu seperti susu, keju, dan yoghurt penting untuk dikonsumsi saat kehamilan karena mengandung kalsium dan nutrisi lain yang bumil dan bayi butuhkan. Pilihlah varian susu dan olahan susu rendah lemak, seperti susu semi-skim, yoghurt rendah lemak dan gula, 1 persen lemak ataupun susu skim, serta keju keras yang rendah lemak. Untuk yang tidak suka atau tidak bisa mengkonsumsi susu, bisa mengkonsumsi minuman kedelai dan yoghurt. Pilih versi minuman yang diperkaya kalsium tapi tanpa pemanis.  

Itulah deretan makanan sehat untuk ibu hamil yang direkomendasikan untuk dikonsumsi di saat kehamilan. Karena nutrisi janin dalam kandungan bergantung pada sang ibu, jadi pastikan bumil untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Di sela-sela waktu menunggu kelahiran sang jabang bayi, bumil bisa meluangkan waktu untuk membantu para pasien yang kesulitan biaya pengobatan. Caranya tidak sulit, kok. Cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

|, E. D. (2021). What to eat when pregnant: The 12 best foods. Diambil kembali dari babycenter.com.

Bjarnadottir, A. (2020). 13 Foods to Eat When You’re Pregnant. Diambil kembali dari healthline.com.

Have a healthy diet in pregnancy. (2021). Diambil kembali dari nhs.uk.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *