Yuk, Ketahui Perbedaan Vitamin dan Mineral

Yuk, Ketahui Perbedaan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral meski sama-sama merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh namun keduanya adalah senyawa yang berlainan dengan sejumlah perbedaan. Berikut beberapa hal yang membedakannya.

Alami Keterlambatan Tumbuh & Kembang Akibat Hipotiroid, Atmim Membutuhkan Bantuanmu!

Daftar isi:

  1. 1. Perbedaan Bentuk
  2. 2. Proses dalam Tubuh
  3. 3. Sumber Vitamin dan Mineral
  4. 4. Jumlah yang Dibutuhkan Tubuh

Perbedaan Bentuk

Vitamin memiliki bentuk yang jauh lebih kompleks dan rapuh dibandingkan mineral. Vitamin tergolong senyawa organik sedangkan mineral termasuk senyawa non- organik. Mayoritas mineral yang dicerna tubuh berupa senyawa yang sederhana.

Sifat vitamin yang mudah rusak membuat relatif sulit untuk menjaganya tetap utuh. Proses penyimpanan, cara memasak, dan kontaminasi udara dapat mengubah kandungan pada vitamin.

Berbeda dengan vitamin yang tidak diserap tubuh dalam bentuknya semula, mineral tidak bisa berubah menjadi unsur lain. Bila vitamin bersifar rapuh dan terpengaruh kondisi panas dan asam, mineral berstruktur kokoh yang setelah masuk ke tubuh dapat bertahan di bentuk yang sama. 

Proses dalam Tubuh

Secara umum vitamin dapat dikelompokkan menjadi dua bentuk, yaitu vitamin yang larut dengan cairan dan vitamin yang larut dengan lemak. Bagi jenis vitamin yang larut dengan air, vitamin dari makanan yang kita konsumsi setelah melalui proses pencernaan akan diangkut oleh darah. Untuk vitamin yang larut dengan lemak, vitamin akan ikut pada protein karena tidak dapat bergerak sendiri di aliran darah. Proteinlah yang nantinya membawa vitamin dalam darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. 

Ketika mineral telah masuk ke dalam tubuh maka akan langsung melaksanakan fungsinya tanpa melalui proses yang panjang, contohnya zat besi dalam fungsinya untuk pembentukan sel darah merah atau kalsium yang berfungsi menutrisi gigi dan tulang.

Klik Untuk Donasi - Alisha Balita 2 tahun Alami Kelainan Genetik dan Gizi Buruk
Thalassemia, Tuberkulosis, Gizi Bur...
Alisha Saputra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,506,000
  2. Pencapaian 21.83%
  3. Donatur 12

Sumber Vitamin dan Mineral

Makhluk hidup tidak dapat memproduksi sendiri mineral karena mineral bersumber dari bumi yaitu dari air dan tanah. Sementara untuk vitamin, ada beberapa yang dapat diproduksi tubuh dalam bentuk provitamin. Tubuh manusia mampu memproduksi bentuk tidak aktif dari vitamin D dan K namun jumlah yang dihasilkan tidak mencukupi, jadi selebihnya asupan vitamin bersumber dari makanan dan suplemen.

Mineral yang berada di air dan tanah bisa berada di tubuh kita lewat makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti daging hewan dan tumbuhan. Penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi agar kebutuhan tubuh akan dapat terpenuhi.

Jumlah Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan vitamin hanya dalam jumlah yang kecil untuk keperluan metabolisme agar dapat bertumbuh secara normal. Sementara kebutuhan tubuh akan mineral terbagi menjadi dua yaitu mikro mineral dan makro mineral.

Mikro mineral adalah jenis mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil, di antaranya zinc, tembaga, zat besi, mangan, fluor, kromium, molibdenum, selenium,  dan yodium. Sedangkan makro mineral merupakan mineral yang dibutuhkan dalam jumlah lebih besar di antaranya kalsium, natrium atau sodium, fosfor, magnesium, kalium atau potassium, klorida, dan sulfur. 

Demikianlah perbedaan antara vitamin dan mineral. Kedua mikronutrien ini sebagian besar saling menunjang satu sama lain, misalnya kalsium yang ditopang vitamin D untuk dapat diserap oleh tubuh.

Kita patut bersyukur jika di masa pandemi ini masih dapat mengonsumsi beragam makanan untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin dan mineral. Di luar sana banyak yang turut terkena dampak dari pandemi hingga mengalami kesulitan untuk sekadar mendapatkan sesuap nasi. Informasi lengkap terkait donasi, klik https://wecare.id/  atau langsung unggah aplikasinya melalui App Store dan Play store.

Klik Untuk Donasi - Gizi Adik-Adik Disabilitas Mulai Memburuk
  1. Terdanai Rp.170,000
  2. Pencapaian 0.74%
  3. Donatur 4

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *