Apakah Artinya Healing Itu Sama Dengan Traveling?

Apakah Artinya Healing Itu Sama Dengan Traveling?

Sekarang ini pasti kamu sering sekali mendengar kata healing. Kata healing bahkan menjadi salah satu tren di topik pencarian Google 2022.  Kata healing bertengger di posisi ketiga menurut laporan Year in Search 2022. Healing kini kerap muncul di media sosial bahkan dijadikan kata-kata ajakan dalam iklan untuk liburan. Kalau menyimak komentar-komentar di media sosial maupun di iklan-iklan artinya healing itu cenderung bermakna liburan, bersantai atau menyalurkan hobi. 

WarnerCare- Alami Gangguan pada Ususnya, Adli Tak Bisa BAB dengan Normal!

Pergeseran Arti Kata Healing

Kata healing, saking viralnya, bahkan menjadi lirik dalam sebuah lagu berjudul “Ingin Liburan” yang dibawakan oleh BOSQ. Salah satu liriknya berbunyi:

“woy liburanlah liburan

waahh… healing kita healing, working mulu… eaahhhhh”

Lagu ini pun akhirnya menjadi viral di media sosial seperti Instagram dan TikTok. Banyak para pengguna media sosial tersebut, terutama mereka yang muda-muda, mengunggah video liburan menggunakan lagu ini sebagai latar musiknya. Maka tak heran jika sebagian orang menangkap artinya healing itu adalah liburan. Benarkah healing itu hanya bermakna liburan semata?

Artinya Healing Versi Bahasa Gaul dan Kamus

Artinya healing sebenarnya tidak hanya staycation atau menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman. Dalam bahasa gaul healing memiliki makna yang merujuk pada metode pemulihan. 

Lalu, bagaimana healing menurut kamus. Menurut kamus Cambridge, healing itu adalah

1. Proses menjadi sehat kembali, khususnya sesudah mengalami luka atau cedera lainnya, atau membuat seseorang sehat kembali.

2. Proses ketika situasi buruk atau emosi yang menyakitkan berakhir atau membaik

Artinya healing versi kamus ini tidak secara khusus menyebutkan tentang liburan, bersenang-senang, ataupun bersantai. Healing di sini lebih ke pemulihan dari kondisi buruk menjadi baik, bisa fisik ataupun mental. 

Mengutip laman situs Psychcentral, Kimberly Firth beserta peneliti lain pada makalah penelitian tahun 2015 membuat definisi operasional untuk healing. Kesimpulannya healing adalah “proses perbaikan dan pemulihan holistik dan transformatif dalam pikiran, tubuh, dan jiwa yang menghasilkan perubahan positif, menemukan makna, dan gerakan menuju realisasi diri akan keutuhan, terlepas dari ada atau tidak adanya penyakit.”

Menurut versi para peneliti artinya healing menghasilkan sebuah perjalanan yang memberi seseorang kecerdasan dari pengalaman yang didapatkannya. Healing bisa melibatkan perubahan dan penerimaan terhadap perubahan itu sendiri. Spiritualitas bisa terlibat dalam healing karena ada kesabaran, pengertian, dan keyakinan.

Meskipun seorang dokter terlibat dalam healing, namun tetap dalam prosesnya dibutuhkan lebih banyak keterlibatan dan kesadaran diri dari pasien yang dirawat karena pasien menggunakan sumber daya dia sendiri untuk tumbuh.

Self-Healing

Selain healing, ada juga self-healing. Jika artinya healing lebih ke pemulihan saja, self-healing definisinya adalah proses pemulihan dari kesehatan yang buruk, umumnya kesehatan mental yang buruk. Namun, self-healing juga bisa mengenai masalah kesehatan fisik yang terkait dengan kesehatan mental tersebut karena kesehatan mental sering berjalan beriringan dengan kesehatan fisik. Self-healing dalam penelitian psikologis bukan merupakan istilah yang umum digunakan. Akan tetapi, proses self-healing dari depresi, trauma, stres, dan kecemasan merupakan topik yang banyak dipelajari. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Korban Bencana Indonesia
  1. Terdanai Rp.31,037,297
  2. Pencapaian 13.44%
  3. Donatur 257

Cara Self-Healing

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk self-healing, di antaranya:

  1. Meditasi 
  2. Berlatih pernapasan 
  3. Berlatih menulis jurnal secara rutin
  4. Berlatih visualisasi batin

Aktivitas untuk Self-Healing

Berikut ini adalah beberapa aktivitas lain yang bisa berguna untuk pemulihan diri atau self-healing.

  1. Mencoba visualisasi positif

Visualisasikan diri sedang berada di ruang yang santai serta positif. Hal ini bisa membantu menenangkan tubuh serta pikiran.

  1. Mendengarkan musik yang menenangkan

Musik bisa membuat orang menjadi tenang sehingga bisa membantu untuk mengurangi stres. Selain itu, musik juga bisa membantu mengatur suasana yang lebih baik untuk self-healing.

  1. Berhenti mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Makanan yang tidak sehat, seperti yang mengandung gula, minyak hidrogenasi (minyak yang ditambahkan gas hidrogen dalam prosesnya), kafein menambah stres pada tubuh dan bisa menghalangi semua jenis pemulihan.

  1. Menulis jurnal bersyukur

Mempraktikkan rasa syukur dapat membantu membawa emosi positif lebih banyak ke dalam kehidupan. Emosi positif bisa membantu menangkal emosi negatif yang menghalangi pemulihan.

  1. Berkebun

Berkebun sudah terbukti secara ilmiah mempunyai manfaat yang banyak untuk kesejahteraan diri dan bahkan bisa membantu mengurangi depresi. ​

Itulah informasi seputar healing yang tak melulu mengenai liburan dan bersenang-senang. Artinya healing bisa juga diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti membantu orang lain. Membantu orang lain bisa dijadikan salah satu aktivitas dalam healing. Salah satu cara membantu orang lain yaitu dengan membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Kamu bisa berdonasi melalui WeCare.id. Untuk beramal, kamu bisa mengunjungi situs web WeCare.id. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Arti Healing alias Hiling, Bahasa Gaul Kekinian yang Top Trending di Google! (2022). Diambil kembali dari traveloka.com.

Davis, T. (2021). Self-Healing: Definition & Tips for Healing Yourself. Diambil kembali dari berkeleywellbeing.com.

Inilah Arti Healing Bahasa Gaul yang Populer di Media Sosial. (2022). Diambil kembali dari kumparan.com.

Raab, D. (2019). How to Heal Yourself and Others. Diambil kembali dari psychologytoday.com.

Retmawati. (2022). ”Healing”, Antara Pemulihan dan Liburan. Diambil kembali dari kompas.id.

Sari, D. I. (2022). Perbedaan Healing dan Liburan yang Perlu Diketahui. Diambil kembali dari travel.kompas.com.

Taiwo, O. (2021). Can You Cure or Heal the Mind? Diambil kembali dari psychcentral.com.

Sumber Featured Image : William Farlow on Unsplash