Liburan dengan Bujet Pas-Pasan? Pasti Bisa!

Liburan dengan Bujet Pas-Pasan? Pasti Bisa!

Berlibur adalah salah satu hal yang paling dinantikan setelah disibukkan oleh pekerjaan untuk waktu yang cukup lama. Mengunjungi tempat-tempat wisata seperti ke pantai, gunung, kota-kota yang unik, atau destinasi kuliner bisa menjadi pilihan untuk melepas penat. Namun, terkadang ketika ingin pergi liburan, ada masalah yang membuat kita mengurungkan niat untuk berlibur, yaitu keuangan. Untuk berlibur pastinya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sebenarnya, kita tetap bisa pergi berlibur dengan bujet pas-pasan lho, selama kita tahu cara menyiasatinya. Nah, berikut ini tips dan trik berlibur dengan uang pas-pasan.

Alami Pendarahan Hebat Akibat Kanker Darah, Nyawa Hafizh sangat Terancam!

Rencanakan Secara Sejak Awal

Pergi berlibur secara spontan adalah hal yang menyenangkan karena kita bisa langsung mewujudkan apa yang kita inginkan. Namun, saat bujet yang kita miliki tak banyak, ini bukanlah ide yang bagus. Jika keuangan tidak begitu banyak tapi ingin liburan, ada baiknya untuk merencanakan semuanya sejak awal, mulai dari biaya transportasi, penginapan, makan, juga destinasi wisata. Jangan lupa sisihkan juga bujet untuk keadaan darurat. 

Liburan Saat Low Season

Jika ingin pergi liburan dengan menghemat biaya, salah satu caranya adalah pergi berlibur di saat low-season. Biasanya di waktu tersebut harga tiket dan penginapan akan lebih murah. Hindari untuk pergi berlibur saat weekend atau libur nasional karena selain harga-harga lebih mahal, turis yang datang juga lebih banyak. Dengan pergi di saat low-season, kita bisa menikmati tempat wisata lebih leluasa dan harga-harga pun jadi lebih murah. 

Booking Tiket Lebih Awal

Sesudah menentukan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi saat liburan, usahakan untuk booking tiket, pesawat atau kereta, lebih awal. Jika akan traveling menggunakan pesawat, booking-lah tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Ini bisa menghemat biaya transportasi karena biasanya harga tiket akan lebih murah.

Cek Promo

Salah satu cara untuk menghemat biaya perjalanan liburan adalah rajin-rajin mengecek promo. Situs-situs maskapai penerbangan atau agen travel online di waktu-waktu tertentu mereka akan menawarkan promo dan potongan harga untuk tiket moda transportasi tertentu, seperti kereta dan pesawat, ataupun juga penginapan. Jangan bosan untuk mengecek situs-situs tersebut supaya tidak ketinggalan promo dan discount yang mereka tawarkan. 

Gunakan Moda Transportasi yang Paling Murah 

Pergi liburan menggunakan pesawat terbang memang lebih cepat dan nyaman. Namun kalau bujet yang dimiliki pas-pasan, cobalah pilih moda transportasi yang lebih murah seperti bis, kereta, atau kapal feri. Tak hanya bisa menghemat biaya transportasi, selama perjalanan kita bisa berinteraksi dengan orang baru yang kita temui selama perjalanan. Menjalin pertemanan bisa membantu kita saat berlibur di tempat yang baru. 

Pilih Tempat Wisata yang Murah atau Gratis

Pilihan tempat wisata yang tepat untuk kita yang memiliki bujet pas-pasan adalah destinasi wisata yang murah atau yang gratis. Tempat wisata seperti pantai bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Bisa juga mengunjungi pasar-pasar tradisional untuk wisata kuliner atau alun-alun kota. Biasanya tempat-tempat ini tidak memungut tiket masuk. Jadi ini akan sangat menghemat biaya liburan. 

Ikut Open Trip

Trik lainnya untuk menghemat biaya liburan adalah dengan mengikuti open trip. Sudah bukan rahasia lagi kalau biaya open trip lebih murah dari solo trip. Dengan ikut open trip, banyak biaya yang bisa dihemat, mulai dari biaya transportasi juga penginapan dan bahkan makan. Open trip juga bisa memperluas pertemanan dan mempertemukan kita dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama, traveling.

Siasati Biaya Makan

Membatasi biaya makan bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran saat liburan. Pilihlah tempat makan yang menawarkan harga yang murah. Jika selama ini pilihan jatuh pada fast food, cobalah mampir ke warteg atau tempat makan warung kaki lima. Dibandingkan dengan restoran fast food, tempat-tempat makan ini menawarkan harga yang lebih murah. Di warung kaki lima, biasanya disediakan minum gratis yang bisa tambah. Lumayan menghemat, bukan? Namun, ketika memilih tempat makan tersebut, pastikan juga kebersihan makanannya agar tidak membuat kita sakit saat berlibur. 

Pilih Penginapan yang Murah

Tips selanjutnya untuk liburan dengan uang pas-pasan adalah menginap di tempat bermalam yang murah. Toh, selama liburan kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat wisata dan bukan di kamar penginapan. Akan lebih baik lagi jika memiliki saudara atau kenalan yang tinggal dekat dengan destinasi wisata yang akan kita tuju. Manfaatkan jaringan pertemananmu untuk menghemat biaya berlibur. 

Hindari Berbelanja

Salah satu kegiatan yang bisa menguras biaya liburan adalah berbelanja, terutama belanja oleh-oleh. Kita tidak wajib membawa oleh-oleh. Kalaupun tetap ingin membawa oleh-oleh saat pulang, pilihlah yang sesuai dengan bujet. Hindari tempat-tempat untuk berbelanja agar tidak tergoda untuk berbelanja. 

Berhemat bukan berarti kita tidak bisa menikmati kesenangan saat liburan. Kita tetap bisa bersenang-senang meskipun dengan biaya yang pas-pasan selama tahu tips dan trik untuk berhemat. Oh iya, ada kepercayaan untuk bersedekah sebelum bepergian. Tujuannya untuk menghindarkan kita dari bencana atau malapetaka. Kita bisa bersedekah dengan cara menolong pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Kita bisa berdonasi via Wecare.id dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Bahagia Berkurban #DimulaiDariKita
  1. Terdanai Rp.2,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 2

Referensi

5 Tips Berlibur dengan Uang Pas-Pasan. (2012). Diambil kembali dari travel.detik.com.

Damayanti. (2017). 8 Cara Menghemat Uang Saat Liburan, Puas Berlibur Walau Dengan Dana yang Pas-pasan. Diambil kembali dari wokeeh.com.

Langkah Rencanakan Liburan saat Uang Pas-pasan. (2020). Diambil kembali dari jawapos.com.

Pamela. (2020). 6 Cara Liburan Seru Dengan Budget Pas-pasan. Diambil kembali dari ajaib.co.id.Shae, E. A. (2021). Mau Traveling Tapi Gaji Pas-Pasan? Siasati dengan 5 Tips Ini. Diambil kembali dari koinworks.com.

Sumber Featured Image :  Pexels dari Pixabay