7 Tips Supaya Lahiran Normal Berjalan Lancar dan Hemat

7 Tips Supaya Lahiran Normal Berjalan Lancar dan Hemat

Lahiran normal merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu sekaligus menjadi momok yang menakutkan bagi ibu-ibu hamil. Akan tetapi, jangan khawatir. Sebab, itu hal yang normal. Daripada berpikir yang tidak-tidak, sebaiknya persiapkan dirimu agar persalinan berjalan lancar.

Tips Mempersiapkan Lahiran Normal

Perhatikan Asupan Makanan

Bagi bumil, aktivitas makan dan minum bukan hanya untuk kebutuhan bumil sendiri, melainkan juga untuk si kecil dalam rahim. Untuk itu, pastikan kamu dan bayimu mendapatkan asupan nutrisi yang memadai. Perbanyaklah asupan protein karena bisa menjadi sumber tenaga bagi ibu untuk menghadapi proses persalinan yang melelahkan.

Waspadai distosia

Kendati demikian, bukan berarti kamu bisa makan sebanyak-banyaknya ya. Bumil juga perlu mengontrol asupan makanan. Jika terlalu banyak, yang ada malah si bayi tumbuh terlalu besar meski usia kehamilan masih muda. Kamu tidak mau kan? Mengalami distosia, yakni kesulitan melahirkan gara-gara ukuran bayi terlalu besar?

  • Senam Kehamilan
  • Jika usia kehamilan sudah memasuki 34 minggu, ibu hamil sudah boleh melakukan senam kehamilan. Kamu bisa melakukan yoga atau senam di rumah, bisa juga bergabung ke kelas senam kehamilan bersama ibu-ibu lain. Kegiatan ini bisa memperkuat otot-ototmu agar siap menghadapi persalinan. Tidak hanya itu, senam juga bisa memperbaiki posisi bayi yang terbalik.

  • Pelajari Proses dan Tahapan Lahiran Normal
  • Apabila akan melahirkan untuk pertama kalinya, ada banyak hal baru yang perlu kamu pelajari. Kamu bisa menggali informasi dengan mengikuti kelas prenatal atau bertanya pada ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan. Dengan cara ini, kamu bakal lebih siap dan tahu apa yang harus kamu lakukan saat waktu persalinan tiba.

  • Persiapkan Mental
  • Tidak hanya persiapan fisik, mental juga harus kamu persiapkan lho. Meskipun kamu sudah merencanakan lahiran normal dan mempersiapkan segala sesuatunya, tetapi kondisi yang tidak sesuai harapan bisa saja terjadi saat persalinan mulai berlangsung. Jadi, persiapkan mental agar kamu siap menghadapi pelbagai kemungkinan yang akan terjadi. Caranya, kamu bisa melakukan meditasi dan teknik relaksasi.

  • Persiapkan Kebutuhan Bayi dan Ibu
  • Sebaiknya, persiapkan kebutuhan bayi dan ibu sejak awal, seperti: popok, baju bayi, botol susu, bra menyusui, dan baju bersalin. Barang-barang tadi bisa kamu masukkan ke dalam tas khusus dan bawalah saat mau bersalin. Jangan sampai ketika waktu melahirkan tiba, kamu dan suami baru kepikiran dan kelabakan mau beli ini dan itu.

  • Manfaatkan BPJS Kesehatan
  • Sudahkah kamu menjadi peserta BPJS Kesehatan? Tidak hanya untuk berobat, BPJS ini bisa kamu manfaatkan untuk bersalin lho.

    BPJS Kesehatan akan menanggung tarif lahiran normal sebesar Rp600 ribu rupiah. Atau jika lahiran normal membutuhkan penanganan emergensi dasar, tarif yang akan BPJS tanggung sebesar Rp750.000. Tarif persalinan ini sudah sepaket dengan akomodasi ibu dan bayi serta perawatan bayi.

    Syarat BPJS Kesehatan

    Namun, perlu kamu garisbawahi, persalinan menggunakan BPJS hanya bisa kamu lakukan pada Faskes Tingkat Pertama seperti Puskesmas. Jika ada indikasi medis, Faskes Tingkat Pertama akan merujuk pasien ke rumah sakit. Kecuali dalam kondisi gawat darurat yang mengancam jiwa, peserta BPJS bisa langsung ke IGD rumah sakit tanpa perlu surat rujukan.

  • Menabung Sejak Jauh-jauh Hari
  • Melahirkan dengan cara normal memang lebih hemat daripada operasi caesar, lebih hemat lagi jika memanfaatkan BPJS Kesehatan. Akan tetapi, kamu tetap perlu menyiapkan dana untuk mempersiapkan persalinan dan kebutuhan pascapersalinan, misalnya: untuk akikah si bayi. Jadi, menabung sejak jauh-jauh hari sangat penting untuk dilakukan. Tipsnya, kamu bisa bisa menyisihkan uang dengan mengurangi konsumsi yang tidak perlu.

    Kamu perlu tahu bahwa banyak ibu-ibu yang kesulitan menanggung biaya lahiran normal lantaran terimpit masalah ekonomi. Kamu bisa lho, ikut membantu meringankan beban mereka. Caranya, kamu bisa berdonasi lewat platform tepercaya seperti WeCare.id.

    Referensi:

    • Djusad, S. (2020, October 14). Penyebab Persalinan Macet atau Distosia, Kondisi yang Buat Sulit Melahirkan. HaiBunda. https://www.haibunda.com/kehamilan/20201013104806-49-166898/penyebab-persalinan-macet-atau-distosia-kondisi-yang-buat-sulit-melahirkan
    • Alodokter. (2021, March 18). Melahirkan Normal, Ini yang Harus Anda Ketahui. Alodokter. https://www.alodokter.com/melahirkan-normal-ini-yang-harus-anda-ketahui
    • Kumreg. (2015). Panduan Praktis Pelayanan Kebidanan dan Neonatal. Humas BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/arsip/detail/38
    • BPJS Kesehatan. (2018, August 21). Nah jika Sahabat memerlukan layanan gawat darurat sesuai indikasi medis itu tanpa memerlukan surat rujukan. [Image attached] [Facebook status update]. Retrieved from https://web.facebook.com/558479420870611/posts/2003185379733334/