Sering Merasa Overwhelmed? Begini Cara Mengatasinya

Sering Merasa Overwhelmed? Begini Cara Mengatasinya

Suatu masa dalam kehidupanmu pasti kamu pernah merasakan overwhelmed atau perasaan lelah yang begitu menjadi-jadi. Saat dihadapkan dengan perasaan lelah seperti ini, mungkin kamu akan mengalami kesulitan untuk berpikir ataupun bertindak secara rasional, dan bahkan berfungsi dengan cara yang normal. Pengalaman menghadapi perasaan seperti ini membuat kamu tidak nyaman dan dapat mempengaruhi kehidupan pribadi juga profesionalmu. 

Daftar isi:

  1. 1. Definisi Perasaan Overwhelmed
  2. 2. Penyebab Overwhelmed
  3. 3. Cara Mengatasi Perasaan Overwhelmed

Definisi Perasaan Overwhelmed

Menurut definisi, overwhelmed secara emosional artinya benar-benar tenggelam oleh pikiran dan emosi tentang semua masalah kehidupan yang dirasakan sekarang ini, sampai pada titik di mana kamu menjadi kurang produktif dan merasa bingung dan tak bisa berbuat apa-apa.

Mungkin perasaan overwhelmed bisa dibandingkan dengan keadaan tenggelam setelah diterjang ombak besar. Ini merupakan pengalaman yang menakutkan. Mungkin kamu tak tahu cara untuk bisa berenang ke atas, ke mana harus berenang, kamu bingung tidak bisa bereaksi. Kamu jadi tidak bisa berpikir maupun bertindak secara rasional ataupun fungsional. Emosi yang berlebihan ini bisa memberikan pengaruh besar pada kehidupan profesionalmu. 

Tebar Cinta, Raih Berkah Idul Adha 1443 H

Penyebab Overwhelmed

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab perasaan overwhelmed dan stres. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

  • pengalaman traumatis
  • kekhawatiran keuangan
  • masalah kesehatan
  • tanggung jawab pekerjaan
  • stresor hubungan
  • hidup dalam pandemi global
  • permasalahan politik
  • peringatan lingkungan

Mengelola emosi bisa menjadi tantangan ekstra untuk orang yang sangat sensitif dan orang yang memiliki masalah kesehatan mental, seperti:

  • gangguan stres pascatrauma (PTSD)
  • gangguan perhatian defisit hiperaktif (ADHD)
  • gangguan kecemasan
  • gangguan suasana hati
  • autisme

Setiap orang mempunyai ambang tingkat stres yang berbeda, dan cara penanganan stres tiap orang berbeda-beda. Apa yang membuat seseorang overwhelmed belum tentu mungkin tidak mengganggu bagi orang lain.

Namun ada cara penanganan yang bisa dicoba oleh setiap orang untuk mengurangi perasaan overwhelmed yang membuat stres dan dialami dalam kehidupan sehari-hari. 

Cara Mengatasi Perasaan Overwhelmed

Dengan mengenali apa yang menjadi penyebab untuk kelelahan atau kewalahan, kamu bisa mengambil langkah-langkah untuk mengurangi stresmu. Salah satunya dengan melakukan teknik relaksasi dapat membantumu mengatasi perasaan overwhelmed. Berikut adalah cara sehat untuk mengatasi perasaan tersebut hasil rangkuman dari beberapa sumber.

Identifikasi Penyebabnya

Pertama kali yang harus dilakukan adalah ketahui terlebih dulu apa penyebab dari perasaan overwhelmed yang dirasakan. Apakah penyebabnya karena urusan di tempat kerja, rumah, sekolah, atau hubunganmu? Tuliskan penyebab tersebut sehingga kamu bisa mengetahui dengan jelas pemicu perasaan tersebut. 

Jangan Menghakimi Diri Sendiri

Kemungkinan besar mengabaikan ataupun menyangkal perasaan overwhelmed tidak akan membantumu. Perasaan itu seperti gunung es hingga kamu tak lagi punya pilihan selain menghadapinya. Akui fakta kalau kamu merasakan perasaan tersebut dan akui juga semua perasaan negatif. Hindari untuk menghakimi diri sendiri atas apa yang kamu rasakan. Penerimaan yang tak menghakimi juga bisa membantu untuk mengurangi perasaan malu atau bersalah yang berhubungan dengan stres yang kamu rasakan.

Berlatih Meditasi

Meditasi melibatkan memfokuskan perhatian pada sesuatu yang spesifik, misalnya napas, suara, atau sensasi di tubuh. Berlatih meditasi bisa membantumu menjadi lebih sadar dan tidak terlalu reaktif. Penelitian mengenai meditasi menyebutkan bahwa latihan meditasi yang teratur dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Saat berlatih, pikiran pasti akan muncul. Biarkan pikiran-pikiran itu berlalu tanpa penghakiman.

Berlatih Mindfulness 

Mindfulness sering tertukar dengan meditasi. Walaupun hampir serupa, tapi mindfulness tidak perlu ruang tenang tanpa gangguan. Pertama, luangkan beberapa menit untuk memperhatikan masing-masing indra. Apa yang bisa kamu lihat, dengar, rasakan, cicipi, dan cium? Luangkan beberapa menit untuk tiap indra. Hindari untuk menganalisis atau menilai apa yang muncul, berusahalah untuk hadir. Saat pikiran muncul, bayangkan semua itu sebagai awan yang lewat.

Latihan Pernapasan Dalam

Ada banyak teknik dasar yang bisa kamu gunakan ketika merasakan overwhelmed, seperti latihan pernapasan dalam. Saat kamu mencoba bernapas dalam-dalam secara sadar, hal tersebut akan memicu respons relaksasi tubuh dan bisa berguna selama situasi yang sangat menegangkan.

Berolah Raga

Diketahui berolahraga dapat melepaskan endorfin di otak, yang bisa membantu meningkatkan suasana hatimu. Jika kamu merasa overwhelmed, cobalah untuk lakukan olah raga ringan selama 30 menit. Lakukan aktivitas olah raga di tempat yang menyenangkan. 

Fokus Pada Apa yang Dapat Kamu Kendalikan

Orang lebih mudah fokus pada apa yang di luar kendali dirinya. Hal tersebut berpotensi meningkatkan kecemasan. Namun, bagaimana dengan hal-hal yang bisa kamu kendalikan? Lain kali kamu khawatir tentang sesuatu yang berada di luar kendalimu, cobalah untuk mengalihkan perhatianmu pada sesuatu yang ada dalam kekuatanmu. Mungkin pada praktiknya hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tapi praktik melepaskan yang tidak terkendali bisa bermanfaat.

Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Apakah kamu memiliki waktu untuk melakukan apa yang kamu sukai? Sisihkan waktu untuk melakukan aktivitas yang membuat kamu senang, bisa mendengarkan musik, memasak, jalan-jalan, menyaksikan matahari terbenam atau menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman.

Terhubung dengan Orang-Orang Terkasih

Prioritaskan mempertahankan kontak dengan support system-mu atau membuat hubungan dengan orang baru. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga yang terpercaya, bergabung dengan support group secara langsung maupun online, atau berpartisipasi dalam aktivitas sosial yang kamu senangi.

Konsultasi dengan Terapis

Jika kesulitan mengatasi perasaan overwhelmed yang kamu rasakan, mungkin berbicara dengan terapis yang berspesialisasi dalam manajemen stres akan sangat membantu. Mereka dapat membantumu mengidentifikasi pemicu stres, mengubah pola pikir negatif, serta mempelajari cara yang lebih sehat untuk mengatasi perasaanmu.

Perasaan overwhelmed adalah hal yang biasa dirasakan semua orang, namun kadarnya berbeda-beda. Sebagian ada yang mengakuinya dan sebagian lagi menahannya. Agar bisa terbebas dari perasaan itu, cara-cara di atas bisa kamu coba. Untuk mengurangi stres salah satunya adalah dengan menolong orang. Hal ini sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Kamu bisa menolong pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Caranya cukup unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Daino, J. E. (2019). How to Manage When We Feel Overwhelmed. Diambil kembali dari talkspace.com.

Darcy, A. M. (2019). When Feeling Overwhelmed With Life Means a Mental Health Issue. Diambil kembali dari harleytherapy.co.uk.

Guarnotta, E. (2021). How to Deal With Feeling Overwhelmed: 10 Ways to Cope. Diambil kembali dari choosingtherapy.com.

Mandriota, M. (2021). Overwhelmed? These 9 Strategies May Help. Diambil kembali dari psychcentral.com.

Zucker, R. (2019). How to Deal with Constantly Feeling Overwhelmed. Diambil kembali dari hbr.org.

SUmber Featured Image : Christian Erfurt on Unsplash