Mengenal Apa Itu Operasi Caesar Metode ERACS

Mengenal Apa Itu Operasi Caesar Metode ERACS

Apakah kamu berencana melahirkan secara caesar? Jika ya, adakah hal-hal yang kamu khawatirkan? Jika menjalani operasi caesar, kamu memang bakal merasakan sakit yang cukup lama pascapembedahan. Namun, itu hanya terjadi jika operasi caesar yang kamu jalani adalah operasi caesar biasa. Hal itu tidak berlaku jika kamu menjalani operasi caesar metode ERACS.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Metode ERACS?
  2. 2. Kelebihan Metode ERACS
  3. 3. Perbedaan Operasi Caesar Metode ERACS dan Operasi Caesar Biasa

Apa Itu Metode ERACS?

Metode ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery) adalah metode operasi caesar dengan pengoptimalan keadaan baik sebelum, selama, maupun setelah operasi agar proses penyembuhan pascapembedahan bisa lebih singkat. Jika kamu menjalani metode ERACS, kamu akan lebih cepat sembuh karena dokter anestesi memberikan obat pereda nyeri yang aman bagi ibu dan bayi sehingga kamu bisa melakukan mobilisasi lebih awal.

Metode ERACS melibatkan tim dari berbagai bidang seperti: dokter kandungan, dokter anestesi, dokter gizi, dokter anak, dan perawat/bidan. Jika kamu mau menjalani metode ERACS, sebaiknya rumah sakit mempersiapkan tim tersebut paling tidak pada trimester ketiga usia kehamilan.

Miris! Seorang Ibu tidak memiliki biaya persalinan untuk melahirkan buah hatinya. Yuk Bantu Diana Selamatkan Bayinya!

Kelebihan Metode ERACS

Apa saja kelebihannya jika kamu memilih operasi caesar metode ERACS ? Ini yang akan kamu dapatkan:

Kamu akan Merasa Lebih Puas dan Nyaman

Jika kamu menjalani operasi, sudah pasti akan merasa nyeri. Akan tetapi, jangan khawatir. Dengan metode ERACS, rasa nyeri lebih sedikit terasa. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih puas dan nyaman daripada operasi caesar biasa.

Kamu Tak Perlu Berlama-lama di Rumah Sakit

Jika kamu menjalani metode ERACS, durasi rawat inap bakal lebih singkat. Kamu tidak perlu dirawat berhari-hari. Hanya sekitar 1-2 jam pascaoperasi, kamu sudah boleh duduk, berdiri, dan juga makan. Kemudian setelah 6-8 jam pascaoperasi, kateter sudah boleh dicopot. Serta paling lama 24 jam setelah operasi, kamu sudah boleh pulang dan melakukan mobilisasi mandiri.

Ikatan Antara Kamu dan Bayimu Bakalan Lebih Erat

Karena penyembuhan lebih cepat, kamu pun bisa lebih bebas melakukan mobilisasi untuk menimang, memberikan ASI, dan mengurus bayi.

Perbedaan Operasi Caesar Metode ERACS dan Operasi Caesar Biasa

Apa saja perbedaannya jika kamu menjalani operasi caesar biasa dan metode ERACS?

Waktu Puasa

Jika kamu menjalani operasi tanpa metode ERACS biasa, kamu tidak boleh makan dan minum selama 8-12 jam. Lain halnya jika kamu menjalani metode ERACS, kamu tetap tidak boleh makan dan minum tetapi dengan durasi yang lebih singkat, yakni 6-8 jam. Meski begitu, kamu tak perlu takut kehausan. Pasalnya, pada 2 jam sebelum operasi metode ERACS, kamu boleh minum kok.

Rasa Sakit Setelah Operasi

Rasa sakit setelah operasi pada metode ERACS lebih sedikit dibandingkan dengan operasi caesar biasa. Menurut beberapa pengalaman yang sudah melahirkan dengan metode ERACS, mereka menilai metode ini lebih manjur dalam meminimalkan rasa sakit.

Masa Penyembuhan

Masa penyembuhan metode ERACS lebih singkat daripada operasi tanpa metode ERACS. Hal itu karena beberapa alasan, yaitu: pemberian infus lebih awal, pelepasan kateter urine lebih awal, dan kamu boleh makan lebih awal. Alhasil, kamu pun bisa sembuh dan boleh pulang lebih awal.

Luka Bekas Operasi

Teknik operasi pada metode ERACS menggunakan pisau bedah yang berukuran kecil dan sangat tajam. Hal ini dapat mengurangi kerusakan jaringan karena memungkinkan pisau langsung mencapai selaput otot pada sayatan pertama.

Setelah membaca ulasan tentang metode ERACS tadi, apakah kamu tertarik? Jika dibandingkan operasi biasa, seharusnya kamu tertarik karena tidak perlu merasa nyeri berlebih dan bisa pulang lebih cepat. Oh iya, pada beberapa rumah sakit terdapat pasien kurang mampu yang membutuhkan uluran tanganmu. Yuk bantu mereka dengan berdonasi lewat WeCare.id.

Klik Untuk Donasi - Bersama Wujudkan Pemerataan Kesehatan di Indonesia
  1. Terdanai Rp.11,258,424
  2. Pencapaian 1.13%
  3. Donatur 443

Referensi:

RSUD Banjarnegara. (2022, January 8). Persalinan Caesar Dengan Metode ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery). RSUD Hj. Anna Lasmanah – Banjarnegara. https://rsud.banjarnegarakab.go.id/?p=2401

Alodokter. (2021, December 21). Bumil, Ini yang Perlu Diketahui Seputar Metode Persalinan ERACS. Alodokter. https://www.alodokter.com/bumil-ini-yang-perlu-diketahui-seputar-metode-persalinan-eracsHermina Makassar. (2021, September 8). Quick Recovery After SC with ERACS Method. Hermina Hospitals. https://www.herminahospitals.com/en/articles/cepat-pulih-setelah-sc-dengan-metode-eracs