ASI Bermasalah? Konsumsi Makanan ASI Booster Ini

ASI Bermasalah? Konsumsi Makanan ASI Booster Ini

Salah satu permasalahan ibu yang sedang menyusui, terutama ibu baru adalah kekhawatiran akan suplai ASI. Apakah ASI saya cukup? Apakah bayi saya menyusu dengan efektif? ASI merupakan makanan terbaik yang bisa seorang ibu berikan pada bayi selama enam bulan pertama kehidupan mereka. Air susu ibu menyediakan beragam nutrisi yang dibutuhkan bayi, mulai dari vitamin, protein hingga lemak, untuk berkembang. Tak hanya itu, ASI juga mengandung antibodi yang bisa melindungi dan membangun sistem kekebalan tubuh bayi. Namun terkadang beberapa ibu memiliki masalah dengan suplai ASI. Berikut ini adalah beberapa makanan bisa jadi ASI booster yang bisa dicoba.

Sembako Kebahagiaan untuk Yatim & Dhuafa

Daun Kelor 

Sepertinya makanan yang satu ini sudah dikenal luas di Indonesia sebagai salah satu ASI booster, yaitu daun kelor. Memiliki nama ilmiah Moringa oleifera L., dari sejak dulu daun kelor sudah dipercaya dapat meningkatkan suplai ASI. Dikatakan kalau daun kelor itu bersifat galactagogue, yaitu zat yang bisa membantu untuk meningkatkan produksi ASI. Maka tak heran jika para orang tua zaman dulu memberikan makanan ini pada ibu menyusui.

Penelitian dari Departemen Pediatri Universitas Filipina menunjukkan bahwa ibu dari bayi prematur yang mengonsumsi kapsul kelor produksi ASI mereka meningkat 152% sampai 176%. Tentunya ini berita bagus untuk para ibu yang berjuang dengan masalah suplai ASI yang rendah.

Pepaya Hijau/Mentah

Makanan lain yang juga menjadi ASI booster adalah pepaya hijau atau pepaya mentah. Di kawasan Asia pepaya yang masih hijau sangat populer dan makanan ini bisa meningkatkan aliran ASI dikarenakan dengan mengonsumsi makanan ini bisa meningkatkan produksi oksitosin, yang mengarah pada peningkatan produksi susu.

Dikutip dari laman situs food.NDTV, pepaya hijau mengandung enzim chymopapain dan papain yang bisa membatu memecah lemak protein serta karbohidrat. Namun, wajib diperhatikan! Untuk ibu hamil hindari mengonsumsi pepaya mentah karena mengandung papain yang dapat menginduksi persalinan.

Pare

Makanan yang satu ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan menjadi jajanan yang bisa ditemukan di bakso tahu. Sayuran pahit ini sangat bergizi dan memiliki kandungan air yang tinggi yang akan membuat ibu tetap terhidrasi. Makanan yang jadi ASI booster ini mudah dicerna dan membantu meningkatkan suplai ASI. Untuk yang tidak suka dengan pahitnya pare, mungkin diolah dengan ditambahkan bahan lain supaya rasanya bisa menjadi enak. 

Bayam

Bayam adalah makanan kaya zat besi yang bisa efektif untuk mengisi kembali kadar zat besi, khususnya untuk ibu yang mengalami perdarahan setelah melahirkan atau kehilangan jumlah darah yang tidak normal selama proses melahirkan yang bisa memengaruhi ASI. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah berhubungan dengan suplai ASI yang rendah. Karena itu, kalau mengalami masalah dengan suplai ASI, ibu menyusui bisa minta dokter untuk memeriksakan kadar zat besi mereka. 

Kacang Almond

Dalam kacang almond terdapat kandungan vitamin E dan asam lemak omega-3. Kacang almond juga mengandung lemak tak jenuh ganda sehingga membuat kacang ini sebagai makanan super. Ibu menyusui bisa mengonsumsi almond mentah atau suplemen almond untuk meningkatkan suplai air susu. Di banyak bagian dunia lain, almond dianggap sebagai pilihan camilan yang bagus karena banyak manfaat kesehatannya. Ini juga yang menjadikan almond diresepkan oleh dokter untuk ibu menyusui. Mungkin di Indonesia harganya masih lumayan mahal.

Kurma Merah

Di Korea makanan yang satu ini dikenal dengan Jujube, sedangkan di kita lebih dikenal dengan sebutan kurma merah atau kurma cina. Makanan yang menjadi ASI booster ini kaya akan Triptofan, yaitu sejenis asam amino, yang mendukung kimia laktasi dan membantu menjaga tingkat prolaktin (hormon untuk meningkatkan produksi ASI) yang sehat, yang dibutuhkan untuk produksi susu pada ibu menyusui.

Ikan salmon

Makanan super yang juga menjadi ASI booster ini bagus untuk meningkatkan ASI secara alami berkat kandungan omega-3 dan asam lemak esensial yang banyak. Ikan salmon juga kaya akan DHA, yang merupakan salah satu komponen terpenting dari ASI. DHA bisa membantu perkembangan otak anak. direbus, dikukus atau dipanggang merupakan cara mengonsumsi salmon yang direkomendasikan. Meski menyehatkan, hindari untuk mengonsumsi salmon secara berlebihan sebab ada kemungkinan mengandung jejak akumulasi merkuri yang bisa menjadi racun. 

Oatmeal 

Ahli gizi merekomendasikan untuk menambahkan oatmeal ke dalam makanan ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI. Makanan ini kaya akan serat yang bagus untuk sistem pencernaan. Selain itu, makanan ini juga bisa membantu mengendalikan diabetes sesudah melahirkan. Ibu menyusui bisa mengonsumsinya untuk sarapan atau dibuat menjadi kue.

Bawang putih

Sudah banyak yang mengetahui khasiat bawang putih untuk meningkat sistem imun tubuh juga mencegah penyakit jantung. Selain itu, bawang putih juga bisa membantu meningkatkan suplai ASI, tapi bawang putih juga bisa memengaruhi rasa dan bau ASI. Karenanya, jangan komsumsi bawang putih berlebihan.

Biji Fenugreek

Selama berabad-abad biji fenugreek sudah digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Seperti halnya sayuran berdaun hijau, biji fenugreek juga mengandung fitoestrogen. Menurut laman situs Breastfeeding Online, hanya butuh waktu 24 s/d 72 jam untuk fenugreek agar bisa meningkatkan suplai ASI ibu menyusui.

Bahan-bahan makanan tertentu menurut beberapa penelitian bisa bermanfaat untuk meningkatkan suplai ASI. Dengan mengonsumsi bahan makanan yang bisa jadi ASI booster tersebut, para ibu yang mengalami masalah dengan suplai ASI bisa mendapatkan solusi. Namun jika cara di atas tidak berhasil, pastikan ibu menyusui untuk mengonsultasikannya dengan dokter sehingga mereka dapat mengevaluasi ibu dan bayi untuk mengetahui apakah ada masalah mendasar lainnya. Oh iya, di waktu istirahat dari menyusui bayi, busui bisa bantu para pasien yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Tak perlu waktu lama dan caranya mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Menderita Kanker Ganas Stadium 3, Ibu Yomala Butuh Bantuan Agar Bisa Bertahan Hidup!
Kanker Payudara
Yomala Sundarmawati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,152,500
  2. Pencapaian 77.98%
  3. Donatur 45

Referensi

Arora, M. (2019). 31 Best Foods to Increase Breast Milk. Diambil kembali dari parenting.firstcry.com.

Karnesyia, A. (2021). 8 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui dan Dosis Aman Konsumsinya. Diambil kembali dari haibunda.com.

Morales, C. (2020). 15 Foods With Natural Ingredients That Boost Supply Of Breast Milk. Diambil kembali dari sg.theasianparent.com.

Murphy, C. (2016). 5 Foods That Could Help Increase Your Breast Milk Supply. Diambil kembali dari parents.com.

Taylor, M. (2020). 5 Foods That Might Help Boost Your Breast Milk Supply. Diambil kembali dari whattoexpect.com.

Wang, P. (t.thn.). Increase Breast Milk Supply With These 5 Boosters. Diambil kembali dari sg.theasianparent.com.

Sumber Featured Image : sam moody dari Pixabay