Hipospadias, Serba-Serbi dan Cara Mengatasinya

Hipospadias, Serba-Serbi dan Cara Mengatasinya

Masih ingat dengan Aprilio Manganang? Ia adalah atlet olahraga voli Indonesia yang beberapa waktu lalu viral setelah memantapkan jenis kelaminnya sebagai seorang laki-laki. Selama kurang lebih 28 tahun, masyarakat mengenal Aprilio Manganang sebagai seorang wanita dan berpakaian sebagai seorang wanita bahkan hingga berkarier sebagai atlet pada tim nasional voli Indonesia. Hal yang menyebabkan Aprilio Manganang harus “mengganti” jenis kelaminnya adalah kelainan yang disebut hipospadias. Berikut penjelasan seputar kelainan tersebut.

Alami Keterlambatan Tumbuh Kembang akibat Lumpuh Otak, Atha Butuh Pertolonganmu!

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu Hipospadias?
  2. 2. Jenis Hipospadias
  3. 3. Cara Mengatasi 
  4. 4. Biaya Operasi

Apa itu Hipospadias?

Hipospadias adalah kondisi ketika posisi lubang penis atau lubang kencing yang tidak normal. Adapun lubang penis yang abnormal ini terbentuk sekitar minggu ke 8 hingga 14 saat ibu hamil. Karena memiliki lubang kencing yang tidak pada tempatnya, penderita kelainan ini akan mengalami pengeluaran urin yang tidak normal saat buang air kecil. Penyebab dari kelainan ini tidak dapat kita ketahui secara pasti. Namun ada kemungkinan bahwa genetik serta pengaruh dari ibu seperti obesitas, kehamilan pada usia lebih dari 35 tahun, obat dari program kesuburan, serta kebiasaan merokok bisa memengaruhi kondisi tersebut.

Jenis Hipospadias

Ada beberapa jenis hipospadias, yaitu:

Glanular: Lubang penis berada sekitar kepala penis dan bukan pada ujungnya. Jenis ini merupakan yang paling umum terjadi.

Subcoronal: Lubang terletak pada bawah penis hingga menyebabkan penis jadi melengkung saat ereksi serta aliran kemih yang tidak normal.

Penoscrotal: Penderita memiliki lubang kencing pada pertemuan batang penis dengan skrotum. Sama seperti subcoronal, kondisi ini membuat penis jadi melengkung saat ereksi.

Distal: Penderita akan memiliki lubang yang terletak antara tepi kepala penis dan sisi tengah penis. Jenis ini juga menyebabkan penis melengkung saat ereksi, meskipun tidak separah subcoronal

Midshaft: Lubang kencing terletak pada tengah sisi batang penis

Perineal: Jenis ini membuat penderitanya memiliki skrotum yang terbelah secara tak normal dengan lubang uretra yang terletak pada area skrotum yang terbelah. Hal ini membuat seorang anak laki-laki terlihat seperti memiliki vagina. 

Cara Mengatasi

Meski merupakan kelainan, hipospadias bisa sembuh. Namun karena kelainan ini memiliki beberapa jenis dengan kondisi yang berbeda, maka membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. Bagi mereka yang memiliki lubang kencing pada sekitar kepala penis, tidak memerlukan operasi. Namun jika lubang kencing benar-benar jauh dari kepala penis (jenis subcoronal, penoscrotal, distal, midshaft, dan perineal), maka penderita memerlukan operasi yang bisa dilakukan ketika bayi sudah menginjak umur 12 bulan atau lebih.

Adapun tujuan dari operasi adalah membuat lubang kencing atau lubang penis berada pada posisi yang seharusnya, dan ada kemungkinan dokter bedah akan melakukan cangkok dari kulup agar bisa membuat lubang kencing yang baru. Oleh karena itu, dokter sangat menyarankan agar tidak menyunat anak terlebih dahulu sebelum melakukan operasi.

Operasi bisa dilakukan lebih dari satu kali tergantung bagaimana keparahan dari kelainan yang diderita. Setelah operasi, fungsi penis biasanya akan kembali normal meski perlu melakukan check up secara rutin.

Biaya Operasi

Operasi hipospadias membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Jakarta, operasi kelainan ini bisa menghabiskan biaya mulai 20-60 juta. Kisaran biaya tersebut belum termasuk obat-obatan serta pemeriksaan lanjutan.

Itulah penjelasan mengenai hipospadias. Melihat mahalnya biaya operasi kelainan ini, kalian bisa berdonasi kepada para saudara-saudara yang menderita hipospadias melalui WeCare.id yang juga bisa kamu unduh melalui App Store atau Google Play.   

Klik Untuk Donasi - BAZNAS Kota Bandung Menyejahterakan Ummat
  1. Terdanai Rp.84,000
  2. Pencapaian 0.02%
  3. Donatur 10

Referensi: