Waspadai 8 Jenis Kelainan Tulang Berikut Ini

Waspadai 8 Jenis Kelainan Tulang Berikut Ini

Tubuh manusia memiliki 206 tulang. Tulang merupakan jaringan hidup, sama seperti semua bagian lain dari tubuh kita. Karenanya tulang secara terus menerus mengalami siklus pembaruan. Jaringan tulang yang baru terbentuk akan menggantikan jaringan tulang yang tua dalam proses yang dinamakan remodeling. Seperti halnya bagian tubuh yang lain, tulang juga mengalami penyakit atau kelainan. Lantas, penyakit atau kelainan apa yang paling umum menyerang tulang? Berikut ini ulasan mengenai macam-macam kelainan tulang yang perlu diwaspadai:

Alami Kecelakaan Setelah Jual Nasi Goreng, Jaka Butuh Pertolonganmu Segera!

Osteoporosis

Kelainan tulang yang pertama adalah osteoporosis. Penyakit tulang ini berkembang ketika kepadatan mineral tulang dan massa tulang menurun, atau ketika kualitas atau struktur tulang berubah. Hal tersebut bisa mengakibatkan penurunan kekuatan tulang yang dapat meningkatkan risiko terjadinya patah tulang.

Osteoporosis disebut sebagai “silent disease” karena biasanya orang yang mengalami penyakit ini tidak memiliki gejala. Bahkan mungkin orang tersebut tidak tahu bahwa dia mengidap penyakit tersebut sampai patah tulang. Kelainan tulang ini merupakan penyebab utama patah tulang pada wanita pascamenopause dan pria yang lebih tua. Fraktur bisa terjadi pada tulang bagian mana pun, tetapi paling sering terjadi pada tulang pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan.

Infeksi Tulang

Disebut Juga osteomielitis, infeksi jaringan tulang merupakan kondisi yang jarang tetapi serius. Kelainan tulang ini bisa terjadi pasca operasi (seperti penggantian pinggul) atau dapat menyebar ke tulang dari bagian tubuh lain. Nyeri, bengkak, dan kemerahan merupakan gejala umum pada infeksi tulang, dan antibiotik adalah pilihan pengobatan yang umum. Pada beberapa kasus, bagian dari tulang yang terinfeksi kemungkinan perlu diangkat melalui proses pembedahan.

Osteonekrosis

Tulang pada tubuh manusia memiliki sel-sel hidup yang membutuhkan suplai darah supaya tetap sehat. Pada orang yang terkena osteonekrosis, aliran darah yang menuju ke bagian tulang terganggu. Hal ini mengakibatkan kematian jaringan tulang, dan pada akhirnya tulang bisa rusak dan sendi akan hancur. Penyakit kelainan tulang ini juga disebut:

  • Nekrosis aseptik.
  • Nekrosis avaskular.
  • Nekrosis tulang iskemik.

Rheumatoid Arthritis (Rematik)

Rheumatoid Arthritis atau dikenal juga dengan sebutan rematik adalah kelainan tulang yang terjadi karena defisiensi imun kronis di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh, seperti persendian di tangan dan kaki. Rematik berpengaruh pada lapisan sendi tubuh yang mengakibatkan pembengkakan yang terasa menyakitkan. Pada akhirnya akan terjadi erosi tulang serta kelainan bentuk sendi.

Tumor Tulang

Klik Untuk Donasi - Muhlas Seorang Pelajar SMA Menderita Tumor Ganas Tak Punya Biaya Berobat ke Jakarta
Tumor
Muhlas
Oleh Medikator Rumah Zakat
  1. Terdanai Rp.992,000
  2. Pencapaian 5.75%
  3. Donatur 23

Tumor tulang adalah kelainan tulang yang terjadi saat pertumbuhan sel di dalam tulang tak terkendali. Jenis tumor ada yang jinak dan ganas. Jenis tumor tulang jinak (bukan kanker) yang paling umum adalah yang tidak mengenai jaringan tulang lain dan tidak menyebar.

Osteopetrosis

Osteopetrosis merupakan kelainan tulang langka yang mengakibatkan tulang tumbuh tidak normal dan menjadi terlalu padat. Saat tulang jadi terlalu padat, tulang jadi rapuh dan mudah patah. Selain itu, tulang bisa menjadi cacat dan besar, mengakibatkan masalah lain pada tubuh. Misalnya, perubahan ukuran dan kepadatan tulang tengkorak bisa menyebabkan tekanan pada saraf yang mengakibatkan gangguan pendengaran, kehilangan penglihatan, dan kelumpuhan otot wajah. Osteopetrosis merupakan penyakit genetik yang didapatkan anak dari orang tuanya. Gangguan tersebut bisa ringan sampai berat, dan gejala bisa muncul di awal saat masih bayi atau kemudian saat dewasa. 

Penyakit Paget

Penyakit Paget merupakan jenis kelainan tulang yang diakibatkan oleh proses pembaruan tulang terjadi terlalu cepat. Hal ini mengakibatkan kelainan bentuk tulang (tulang lunak dan membesar seperti tulang belakang, tengkorak, panggul, dan tulang panjang paha dan kaki bagian bawah). Penyakit Paget cenderung terjadi pada orang dewasa yang anggota keluarganya menderita penyakit ini, berjenis kelamin laki-laki, berumur 40 tahun ke atas dan sering terpapar polusi.

Skoliosis

Skoliosis adalah kelainan tulang yang membuat tulang-tulang pada tulang belakang melengkung secara tidak normal ke kiri atau ke kanan. Penyakit ini biasanya menyerang sesaat sebelum masa pubertas. Dalam beberapa kasus, kelainan bentuk tulang belakang semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Penyebabnya tidak diketahui walaupun diduga ada faktor keturunan.

Itulah 8 jenis kelainan tulang yang perlu kamu waspadai. Sambil terus menjaga kesehatan tulangmu, jangan lupa juga untuk terus sebarkan aura positif dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

10 Different Types Of Bone Diseases To Watch Out For. (2018). toc.md.
Muscle and Bone Diseases. (2017). niams.nih.gov.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *