Mirip Jerawat, Ini Informasi Tentang Fungal Acne

Mirip Jerawat, Ini Informasi Tentang Fungal Acne

Pengaruh hormon dan pubertas bisa menyebabkan orang mengalami masalah kulit ringan seperti jerawat. Salah satu masalah kulit yang sering diderita orang-orang adalah fungal acne. Fungal acne adalah masalah kulit yang terjadi karena infeksi dari jamur malassezia yang menimbulkan benjolan kecil kemerahan.

Klik Untuk Donasi - Derita Tumor Tulang, Usman Butuh Biaya Berobat ke Rumah Sakit!
Tumor Tulang
Usman Fajar
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.842,000
  2. Pencapaian 2.22%
  3. Donatur 40

Banyak orang yang mengira bahwa fungal acne adalah jerawat karena bentuknya yang mirip. Sebenarnya masalah kulit ini memiliki gejala dan cara penanganan yang berbeda dengan jerawat sehingga tidak bisa disembuhkan dengan obat jerawat biasa. Agar mengetahui ciri-ciri, penyebab dan cara mengatasinya, simak penjelasannya di bawah ini:

Ciri-ciri Fungal Acne

Karena bentuknya yang mirip dengan jerawat, banyak orang yang salah menggunakan obat. Agar kamu bisa membedakan gejalanya dengan jerawat biasa, perhatikan beberapa ciri-ciri dari fungal acne:

  • Terdapat benjolan merah yang berisi nanah dengan ukuran yang kecil.
  • Biasanya muncul dalam jumlah yang banyak di satu tempat yang berdekatan dengan ukuran yang hampir sama.
  • Sering muncul di area wajah yang berminyak atau di area punggung dan dada.
  • Bisa menimbulkan rasa gatal di area yang terinfeksi jamur. 

Penyebab Fungal Acne

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa fungal acne disebabkan karena adanya infeksi dari jamur malassezia. Jamur malassezia ini tidak mungkin muncul dan tumbuh sendiri pada tubuh. Berikut ini ada beberapa penyebab terjadinya infeksi jamur yang menimbulkan fungal acne:

1. Kulit Terlalu Lembab

Penyebab utama dari timbulnya jamur di badan atau wajah adalah kondisi kulit yang lembab. Biasanya kulit jadi terlalu lembab karena menggunakan pakaian basah terlalu lama atau membiarkan keringat menempel di badan. Hal ini tentunya sangat memudahkan jamur untuk tumbuh.

2. Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan kamu jadi mudah kepanasan dan berkeringat. Menggunakan pakaian ketat juga membuat kamu jadi kesusahan untuk menyeka keringat. Keringat yang berlebihan dan menempel langsung di pakaian yang ketat dan badan ini bisa menimbulkan jamur. 

3. Konsumsi Antibiotik

Salah satu efek samping dari mengkonsumsi antibiotik adalah bisa membuat jamur jadi lebih mudah tumbuh. Jadi meskipun antibiotik bisa membunuh bakteri di tubuh, tapi antibiotik juga bisa menimbulkan jamur. 

Kulit Menguning dan Perut Makin Membesar, Viedia Butuh Berobat ke Jakarta!

Cara Mengatasi Fungal Acne

Meskipun berukuran kecil, fungal acne ini tentu bisa mengganggu penampilan, terutama bagi para wanita. Jika kamu memiliki gejala dari fungal acne, lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya:

1. Jaga Kebersihan Tubuh dan Wajah

Cara mengatasi fungal acne yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan wajah. Karena jamur akan timbul jika kondisi badan kamu tidak bersih, jadi rajinlah untuk menyeka keringat dan juga bersihkan tubuh secara berkala. 

2. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Salah satu pengobatan yang tepat untuk fungal acne adalah dengan menggunakan produk yang mengandung salicylic acid. Salicylic acid ini berguna untuk mengatasi infeksi akibat jamur. Jadi kamu bisa mencari obat yang mengandung salicylic acid untuk mengatasinya.

3. Gunakan Pakaian yang Longgar

Gunakanlah pakaian yang longgar jika kamu memiliki aktivitas yang aktif. Kamu jadi tidak mudah gerah dan keringat jadi lebih mudah diseka saat menggunakan pakaian longgar. Hal ini tentu bisa membantu mengurangi keringat di badan. 

Itulah sedikit penjelasan tentang masalah kulit yang sering disamakan dengan jerawat yaitu fungal acne. Kulit sehat dan bersih merupakan impian semua orang. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kebersihan tubuh dan juga wajah, karena penyebab utama masalah kulit ini adalah jamur.

Sembari melakukan perawatan untuk mengatasi masalah kulit ini, kamu bisa ikut berdonasi untuk membantu adik-adik lainnya sembuh dari penyakitnya. Caranya sangat mudah, kamu cukup unduh aplikasi WeCare.id di Hp kamu. Melalui aplikasi WeCare.id kamu bisa berdonasi kapan saja dan dimana saja.

Klik Untuk Donasi - Bangun Rumah dan Sekolah Yatim dan Dhuafa
  1. Terdanai Rp.534,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 47

Referensi:

Annisa Amalia Ikhsania. 2 Oktober 2020. Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan. SehatQ. https://www.sehatq.com/artikel/serupa-tapi-tak-sama-ini-perbedaan-fungal-acne-dan-bruntusan

Arif Putra. 26 September 2020. Fungal Acne dan Jerawat Ternyata Berbeda Penyebab Serta Cara Menanganinya. SehatQ. https://www.sehatq.com/artikel/serupa-tapi-tak-sama-fungal-acne-dan-jerawat-ternyata-berbeda-penyebab-serta-cara-menanganinya

Debora. 31 Desember 2020. Fungal Acne, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya. Orami. https://www.orami.co.id/magazine/fungal-acne/

Edelweis Lararenjana. 20 Oktober 2020. 5 Cara Mengatasi Fungal Acne pada Kulit, Kenali Penyebab dan Ciri-cirinya. Merdeka.com. https://www.merdeka.com/jatim/5-cara-mengatasi-fungal-acne-pada-kulit-kenali-penyebab-dan-ciri-cirinya-kln.html

Nabila Azmi. 24 September 2021. Fungal Acne alias Jerawat Jamur, Apa Bedanya dengan Jerawat Biasa. HelloSehat. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/infeksi-kulit/fungal-acne/

30 November 2021. Berbagai Hal yang Bisa Sebabkan Terjadinya Fungal Acne. Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/berbagai-hal-yang-bisa-sebabkan-terjadinya-fungal-acne

18 Oktober 2021. 6 Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Wajah, Sudah Tahu. Momsmoney.id. https://www.momsmoney.id/news/6-cara-menghilangkan-fungal-acne-pada-wajah-sudah-tahu