7 Makanan Terbaik untuk Bantu Hilangkan Jerawat

7 Makanan Terbaik untuk Bantu Hilangkan Jerawat

Jerawat merupakan momok semua orang. Tidak hanya membutuhkan perawatan dari luar, kondisi kulit ini juga memerlukan penanganan dari dalam. Selain menjaga pola makan yang seimbang, jenis makanan yang dikonsumsi juga memberikan pengaruh yang besar. Di bawah ini merupakan beberapa jenis makanan bantu hilangkan jerawat secara ampuh.

Daftar isi:

  1. 1. Bayam
  2. 2. Lemon
  3. 3. Pepaya
  4. 4. Salmond
  5. 5. Almond
  6. 6. Ubi Jalar
  7. 7. Buah Beri

Bayam

Sayuran hijau ini mengandung banyak vitamin E yang bisa memberikan manfaat baik untuk kulit. Vitamin E yang terkandung di dalam bayam berperan sebagai antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan peradangan kulit.

Sebagai sumber zat besi alam, bayam bisa memperlancar aliran darah dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, kandungan proteinnya membantu meningkatkan kolagen dalam kulit. Jadi, tak heran apabila sayuran ini sangat populer untuk mengatasi jerawat.

Klik Untuk Donasi - Buruh Setrika Alami Tumor di Wajahnya, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Bantu Bu Nina!
Tumor
Nina Sumiati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.691,000
  2. Pencapaian 1.72%
  3. Donatur 19

Lemon

Lemon memiliki kadar keasaman alami yang dipercaya bisa menyamarkan flek hitam dan mengencangkan kulit. Penggunaan perasaan air lemon secara langsung pada kulit sangat tidak disarankan karena bisa membuat kulit menjadi sensitif. 

Khasiat air lemon bisa dirasakan dengan mengonsumsinya setiap hari. Kamu bisa langsung menjadikannya campuran infused water atau langsung menyesap sarinya. Selain menghilangkan jerawat, nutrisi yang terkandung di setiap bulir lemon juga bisa meningkatkan kolagen dan mencegah radikal bebas.

Pepaya

Dikenal sebagai serat alami untuk pelancar BAB, pepaya ternyata juga bisa menjadi makanan bantu hilangkan jerawat. Buah oranye ini mengandung enzim chymopapain dan papain yang dipercaya bisa mengurangi peradangan pada kulit. Papain sendiri bisa ditemukan pada produk-produk kecantikan.

Pepaya juga kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menyamarkan garis-garis halus. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung maupun dicampur dengan bahan lainnya untuk dijadikan smoothie. Bahkan kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker alami.

Salmon

Ikan salmon dianggap sebagai makanan terbaik untuk menghilangkan jerawat. Hal ini karena salmon merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Lemak tak jenuh ini memiliki peran penting dalam meringankan terjadinya peradangan pada kulit.

Omega 3 juga berfungsi melancarkan peredaran darah pada kulit. Selain lemak sehat tersebut, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang bersifat anti-mikroba. Vitamin inilah yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan meredakan jerawat.

Terkena Percikan dari Kompor, Mata Kanan Pak Juarso Semakin Bengkak dan Bernanah

Almond

Selain ikan salmon, almond juga termasuk makanan kaya omega 3 yang bisa membantu masalah kulit berjerawat. Lemak baik tersebut juga berfungsi mengurangi minyak pada kulit sehingga terlihat lebih bersinar. 

Almond dalam bentuk bubuk atau susu bisa dijadikan masker. Namun, tak semua jenis kulit cocok menggunakan masker dari salah satu jenis kacang-kacangan ini. Kamu masih bisa merasakan khasiat almond dengan cara mengonsumsinya secara langsung. 

Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk salah satu makanan yang populer untuk mengatasi kulit berjerawat. Pasalnya, ubi jalar mengandung beta karoten yang akan berubah menjadi vitamin A begitu masuk ke dalam tubuh. 

Vitamin A sendiri sangat ideal untuk membantu meringankan jerawat. Selain itu, vitamin A dalam ubi jalar juga bisa mencegah terjadinya peradangan dan pori-pori tersumbat akibat radikal bebas.

Buah Beri

Semua jenis buah beri, baik itu stroberi, blackberry, blueberry, maupun raspberry, merupakan buah-buahan tinggi oksidan dan vitamin C. Mendapatkan asupan vitamin C yang cukup adalah salah satu senjata yang paling ampuh untuk melawan jerawat.

Sementara oksidan berfungsi untuk mencegah terjadinya flek hitam akibat bekas jerawat. Untuk bisa merasakan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi buah beri secara langsung. Buah-buahan ini juga cocok dinikmati bersama yoghurt maupun oat.

Nah, itu tadi jenis-jenis makanan bantu hilangkan jerawat yang paling ampuh. Apabila kondisi kulit masih belum membaik, tanyakan langsung pada dokter kulit untuk mendapatkan solusi terbaik.

Selain mengatasi kulit berjerawat, bahan makanan di atas juga memberikan banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Lagipula, memiliki tubuh sehat adalah keinginan semua orang. Sayangnya, masih banyak di luar sana yang belum beruntung. Kamu bisa mengulurkan tanganmu untuk membantu kesehatan mereka dengan mengunduh aplikasi WeCareID sekarang juga. 

Klik Untuk Donasi - Sebagian Wajahnya Rusak Akibat Tumor Ganas di Pipinya, Mesdalena Butuh Bantuanmu!
Tumor
Mesdalena
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.894,650
  2. Pencapaian 5.19%
  3. Donatur 30

Referensi:

Adhi, Irawan Sapto. (2020, 03 Juni). 7 Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi untuk Menghilangkan Bekas Jerawat. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://health.kompas.com/read/2020/06/03/060000468/7-buah-dan-sayur-yang-baik-dikonsumsi-untuk-menghilangkan-bekas-jerawat

Katyusha, Winona. (2021, 05 Agustus). Ikan Salmon Ternyata Bagus untuk Kesehatan Kulit, Lho!. Diakses pada 07  Desember 2021 dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/makan-salmon-untuk-kulit/

Pradana, Kent. (2021, 26 April). 7 Makanan Sehat untuk Menghilangkan Jerawat. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/makanan-untuk-menghilangkan-jerawat/

Widyananda, Rakha Fahreza. (2020, 03 Juni). 8 Makanan Penghilang Jerawat yang Ampuh dan Mudah Didapat, Wajib Dicoba. Diakses pada 07 Desember 2021 dari https://www.merdeka.com/jatim/8-makanan-penghilang-jerawat-yang-mudah-didapat-wajib-anda-ketahui-kln.html