8 Tips Kulit Sehat dan Bercahaya

Kulit adalah organ tubuh terbesar. Kulit terdiri dari tiga lapisan jaringan: epidermis, dermis dan lapisan subkutan.

Kulit, bersama dengan rambut dan kuku, adalah pelindung tubuh. Selain itu, kulit mencegah kuman memasuki tubuh dan merusak organ dalam. Kulit mendukung kehidupan semua bagian tubuh lainnya dan berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kulit juga membantu mengatur suhu tubuh melalui kelenjar keringat. Ketika tubuh menjadi terlalu panas, kelenjar keringat mengeluarkan uap air (keringat), yang mendinginkan tubuh saat menguap. Sebagai bagian tubuh yang bertanggung jawab atas indera peraba, kulit bekerja dengan sistem saraf untuk mengingatkan tubuh terhadap bahaya potensial dengan mendeteksi tekanan, rasa sakit, panas, dan dingin.

Namun, kulit kita rapuh, dan menjadi berisiko ketika terpapar bahan kimia berbahaya. Gaya hidup yang penuh tekanan, jadwal kerja yang sibuk, kurang tidur, kurang gizi, polusi, sinar matahari yang berbahaya (UVA/UVB), merokok berlebihan, dan minum alkohol adalah faktor utama yang membuat kulit kamu kusam dan kering.

Mengapa kulit sehat itu penting?

Karena kulit kamu memiliki peran penting dalam melindungi tubuh kamu, kamu harus menjaganya agar tetap sehat. Kulit yang sehat akan membantu kamu terhindar dari sakit atau kerusakan tulang, otot, dan organ dalam.

Empat komponen utama kulit sehat

  1. Warna Merata

Warna yang konsisten adalah tanda kulit muda dan sehat. Contoh warna kulit yang tidak merata yaitu:

  • Noda
  • Bintik-bintik yang gelap, terang, atau merah
  • Lingkaran hitam di bawah mata
  1. Tekstur Halus

Kulit yang sehat terlihat dan terasa halus. Jika kamu melihat kulit yang sehat dari dekat, permukaan tampak tidak teratur secara teratur. Ini berarti bahwa kulit tidak sepenuhnya mulus seperti kaca. Contoh masalah kulit yang berhubungan dengan tekstur meliputi:

  • Benjolan
  • Jerawat
  • Komedo (whiteheads dan blackheads)
  • Keriput
  • Bekas luka
  1. Hidrasi

Kulit yang sehat adalah kulit yang terhidrasi. Air minum sangat penting untuk kesehatan yang baik. Air akan membantu menjaga tidak hanya kulit tetapi seluruh tubuh dalam kondisi yang baik.

  1. Sensasi Normal

Jika kulit kamu sehat, seharusnya tidak terasa ada sesuatu. kamu seharusnya tidak merasakan sensasi yang tidak biasa atau tidak nyaman. Kekeringan dan kaku adalah sensasi yang tidak biasa, dan dalam hal itu, sensasi itu dipicu oleh produk pembersih yang terlalu keras untuk kulit.

Tanda-tanda sensasi kulit yang tidak sehat meliputi:

  • Gatal
  • Pembakaran
  • Pedas
  • Menarik
  • Kekakuan

 

Tips Agar Kulit Sehat Bercahaya

Berikut ini beberapa tips harian yang harus kamu ikuti untuk bisa memiliki kulit sehat bercahaya:

  1. Membersihkan Kulit

Membersihkan kulit dengan cara yang benar secara rutin dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit kamu di siang hari. Selalu gunakan pembersih dan pencuci wajah yang cocok untuk jenis kulit kamu, bukan sabun biasa.

  1. Exfoliate (Pengelupasan Kulit)

Ini adalah perawatan yang sangat penting, tetapi sering dilupakan. kamu dapat menggunakan exfoliator ringan alami seperti asam glikolat atau laktat. kamu juga dapat mengelupas kulit dengan krim dan bubuk yang berasal dari oatmeal atau almond atau produk pembersih lainnya yang menggunakan bubuk atau biji acai.

Jangan lupa untuk mengelupas kulit seluruh tubuh dan bukan hanya wajah kamu. Gunakan scrub garam dan gula dengan minyak kelapa dan tambahkan minyak esensial favorit kamu. Saat ini, minyak yang bisa digunakan adalah ylang ylang dan lemon.

  1. Gunakan Tabir Surya

Selalu gunakan tabir surya yang baik dengan SPF (faktor perlindungandari sinar matahari) setiap kali kamu keluar rumah. Tidak hanya di saat panas, kamu juga harus menggunakan tabir surya di saat dingin. Tabir surya yang baik melindungi kulit kamu dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya.

Penggunaan tabir surya yang direkomendasikan oleh penelitian dari Universitas Copenhagen, Denmark, adalah dua kali sebelum paparan sinar matahari, terutama sebelum paparan yang intens.

  1. Memelihara Kulit

Minyak dan serum dari minyak nabati alami dan organik sangat baik untuk kulit kering dan berminyak. Beberapa opsi terbaik adalah minyak acai murni, minyak argan Maroko, dan minyak biji mawar. Gunakan minyak-minyak ini setelah membersihkan wajah pagi dan sore hari saat wajah kamu masih lembab. Gunakan minyak kelapa di seluruh tubuh kamu.

  1. Konsumsi Vitamin

Vitamin dan antioksidan sangat membantu karena efek anti-inflamasinya. Saat kamu memilih produk perawatan kulit kamu, pastikan kamu produk tersebut mengandung vitamin C, D, E (sebagai campuran tokoferol), A dan beta-karoten. Vitamain-vitamin ini juga dapat ditemukan dalam ekstrak dari teh hijau dan biji delima.

Diet kamu juga harus mencakup beragam sayuran dan sayuran berwarna. Berbagai warna berkomunikasi secara berbeda di dalam tubuh, dan kulit kamu membutuhkan semuanya untuk bekerja sebaik-baiknya.

  1. Gunakan Masker Detoksifikasi

Masker wajah terbaik sebenarnya lebih dari sekadar membantu kita melepas lelah setelah seminggu yang panjang dan dapat membantu kamu mendapatkan kulit yang kamu inginkan.

  1. Jaga Kebersihan Ponsel kamu

Menurut sebuah penelitian di Universitas Stanford, iPhone yang selalu kamu genggam bisa lebih banyak terkena kuman daripada toilet di kamar mandi umum. Faktanya, layar sentuh kaca pada perangkat seluler sangat bagus dalam menyebarkan virus sehingga berbagi virus itu hampir sama buruknya dengan bersin pada wajah seseorang.

  1. Pergi Tidur Lebih Awal

Kurang tidur mengurangi sirkulasi, itulah sebabnya kamu terlihat pucat dan pudar jika kamu hanya mendapatkan tidur beberapa jam.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

http://www.americanskin.org/resource/

https://www.niams.nih.gov/health-topics/kids/healthy-skin

https://www.verywellhealth.com/whats-the-difference-between-healthy-and-unhealthy-skin-1069530

https://www.mindbodygreen.com/0-15560/10-tips-for-natural-glowing-skin.html

https://www.stylecraze.com/articles/simple-home-remedies-for-glowing-skin/#gref

https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/skin/a700108/33-easy-tips-for-glowing-skin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *