Mata Minus Tak Bisa Melahirkan Normal? Cek Faktanya Di sini

Mata Minus Tak Bisa Melahirkan Normal? Cek Faktanya Di sini

Melahirkan secara normal merupakan salah satu impian setiap calon ibu yang akan melahirkan, terlebih jika itu adalah kehamilan pertama. Namun ternyata, masih banyak pantangan-pantangan yang menjadikan calon ibu tidak bisa melahirkan secara normal. 

Klik Untuk Donasi - Miris! Seorang Ibu tidak memiliki biaya persalinan untuk melahirkan buah hatinya. Yuk Bantu Diana Selamatkan Bayinya!
Cerebral Salt Wasting Syndrome (CSW...
Diana Meiliawati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.302,598
  2. Pencapaian 1.27%
  3. Donatur 5

Salah satunya adalah mata minus. Banyak orang mengatakan, jika ibu hamil memiliki mata minus melahirkan secara normal, maka akan beresiko terjadi kebutaan. Hmmm, kira-kira itu fakta atau hanya mitos semata ya? Yuk simak lebih lanjut!

Resiko Melahirkan Normal dengan Mata Minus

Mata minus atau miopi merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan pandangan kabur ketika melihat objek yang letaknya jauh. Gangguan penglihatan ini terjadi karena mata yang tidak mampu memfokuskan cahaya pada retina mata. 

Beberapa dokter kandungan sering kali menghindari melahirkan secara normal untuk ibu hamil yang menderita mata minus, karena ketika berusaha mengejan (ngeden) saat melahirkan, ibu akan mengeluarkan banyak tenaga. Hal tersebut juga akan menimbulkan tegangan dan tekanan yang tinggi, termasuk pada bola mata. 

Tekanan tersebut dikhawatirkan dapat merusak struktur dalam mata. Terlebih lagi, jika ibu hamil menderita miopi yang tinggi, bisa saja terjadi pendarahan di retina akibat neovaskularisasi koroid atau pembentukkan pembuluh darah baru di dekat retina. 

Lantas, apakah penderita miopi benar-benar tidak bisa melahirkan secara normal?

Fakta Sebenarnya Menurut Para Ahli

Meski kebanyakan dokter kandungan menyarankan untuk tidak melakukan lahiran secara normal bagi ibu hamil yang menderita mata minus, namun ternyata belum ada bukti medis yang memperlihatkan bahwa persalinan normal beresiko merusak retina mata wanita. 

Royal Berkshire NHS Foundation Trust menjelaskan bahwa, persalinan normal tidak beresiko meningkatkan ablasio retina, termasuk pada penderita miopi. Tak sampai disitu, penelitian terdahulu yang diterbitkan dalam jurnal Graefe’s Archive for Clinical and Experimental Ophthalmology juga menjelaskan, bahwa tak ada temuan masalah pada retina ketika ibu hamil penderita miopi melahirkan secara normal. 

Artinya, meskipun menderita mata minus, tidak berarti hal tersebut akan memupuskan harapan ibu hamil untuk melahirkan secara normal.  Meski begitu, pemilihan metode persalinan harus tetap dikonsultasikan kepada dokter kandungan terlebih dahulu. 

Alami Jantung Bocor, Rizky Alif Butuh Pertolonganmu Segera!

Cara Menjaga Kesehatan Mata untuk Ibu Hamil

Dokter kandungan mungkin saja akan memperbolehkan seorang ibu hamil untuk melakukan persalinan secara normal, apabila kondisi mata dan retinanya tidak terlalu lamah. Maka dari itu, ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan matanya.  Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan matanya.

  1. Mengonsumsi makanan sehat  kaya akan vitamin A, C, dan E
  2. Istirahatkan mata dengan cukup
  3. Menggunakan pelindung mata
  4. Menghindari mengganti kacamata terlalu sering
  5. Rutin melakukan pemeriksaan mata

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai fakta mata minus tidak dapat melahirkan secara normal. Ternyata belum ada bukti medisnya. Jadi, para ibu hamil yang menderita mata minus, tak perlu khawatir nih!  Masih ada kesempatan untuk melahirkan secara normal. Tapi jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu, ya!

Selain itu, ibu hamil juga harus pintar-pintar nih untuk membagi waktu agar matanya dapat istirahat dari paparan cahaya gadget. Nah, dari pada bermain gadget untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik digunakan untuk menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Unduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi yang mudah dan praktis. 

Klik Untuk Donasi - Yuk Bantu Ringankan Perjuangan Bian Lawan Penyakitnya!
Epilepsi, Diare Akut, Cerebral Pals...
Bian Adrianto
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.301,000
  2. Pencapaian 1.22%
  3. Donatur 3

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi:

6 tips Menjaga Kesehatan mata Saat Hamil. (2014, October 8). IbudanMama. https://ibudanmama.com/kehamilan/ensiklopedia-kehamilan/6-tips-menjaga-kesehatan-mata-saat-hamil/

Bila Mempunyai minus pada mata, APA Bisa Melahirkan normal? (2022, February 8). Hello Sehat. https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/persalinan/mata-minus-tidak-boleh-melahirkan-normal/

Fakta Mengenai mata minus Tidak Boleh Melahirkan normal. (2019, July 11). Alodokter. https://www.alodokter.com/fakta-mengenai-mata-minus-tidak-boleh-melahirkan-normal

Ramadhan, MI. (2021, March 1). Derita mata minus, Benarkah Tak Bisa Melahirkan normal? klikdokter.com. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2954614/ibu-dengan-mata-minus-tak-bisa-melahirkan-normal-benarkah

Royal Berkshire Hospital. https://www.royalberkshire.nhs.uk/media/vicd0qc4/myopia-and-normal-vaginal-delivery_feb21.pdf