Gunakan Kalkulator Siklus Haid untuk Pantau Menstruasi

Gunakan Kalkulator Siklus Haid untuk Pantau Menstruasi

Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur merupakan suatu hal yang tidak menyenangkan. Pasalnya, kita jadi tidak bisa memperkirakan kapan haid selanjutnya akan datang. Karena itu, kamu bisa memanfaatkan kalkulator siklus haid untuk memantau kapan datangnya menstruasi.

Siklus haid merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap wanita normal. Setiap bulan, indung telur akan melepaskan sel telurnya untuk dibuahi. Namun, ketika pembuahan itu tidak terjadi maka dinding vagina akan meluruh, dan inilah yang disebut menstruasi.

Daftar isi:

  1. 1. Gejala Menstruasi
  2. 2. Cara Menghitung Siklus Menstruasi
  3. 3. Cara Menggunakan Kalkulator Siklus Haid

Gejala Menstruasi

Sebelum mengalami menstruasi, umumnya wanita akan mengalami beberapa gejala yang disebut dengan premenstrual syndrome atau yang lebih kita kenal dengan sebutan PMS. Beberapa gejala ini diantaranya:

  • Nyeri payudara
  • Sakit kepala
  • Tumbuh jerawat
  • Perut terasa kembung
  • Mood swing
  • Perubahan gairah seks 

Beberapa gejala tersbeut biasanya akan berlangsung selama 6-7 hari lamanya, yaitu 4 hari sebelum datang menstruasi dan 2-3 hari saat sedang mengalami menstruasi. Sementara, saat sedang menstruasi, wanita akan merasakan beberapa gejala seperti berikut:

  • Keram perut
  • Nyeri pinggul
  • Nyeri punggung bagian bawah
  • Nyeri paha bagian dalam
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Diare

Seiring bertambahnya usia, beberapa gejala menstruasi di atas biasanya akan semakin berkurang, terutama pada wanita yang sudah melahirkan. Namun, tidak perlu dikhawatirkan karena ini merupakan hal yang normal. 

Cara Menghitung Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi merupakan waktu yang dihitung dari hari pertama wanita mengalami menstruasi hingga satu hari pertama menstruasi berikutnya. Umumnya, siklus menstruasi akan berlangsung selama 28 hari. Akan tetapi, ada juga ada beberapa wanita yang mengalami siklus antara 21-35 hari dan ini merupakan siklus yang normal. 

Namun, ada beberapa wanita yang memiliki siklus tidak teratur dan membutuhkan cara melancarkan haid untuk memperbaiki siklusnya. Untuk bisa mendapatkan prediksi yang tepat, kamu harus mengetahui cara menghitung siklus menstruasi. Selain menggunakan kalkulator siklus haid, kamu juga bisa menghitungnya secara manual. 

Kamu bisa menghitungnya dengan menandai kalender pada hari pertama darah haid keluar, tetapi tidak termasuk flek coklat. Kemudian, hitung rentang waktu dari hari pertama menstruasi pada bulan tersebut sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya. 

Sebagai contoh, misalnya pada bulan ini kamu mendapat haid pada tanggal 15 Januari dan mendapat haid berikutnya pada tanggal 16 Februari. Maka didapatkan siklus haid kamu adalah 32 hari, terhitung dari tanggal 15 Januari sampai tanggal 15 Februari. Kenapa tanggal 16 Februari tidak terhitung? Karena tanggal tersebut sudah masuk ke siklus haid berikutnya.

Cara Menggunakan Kalkulator Siklus Haid

Meskipun sudah tahu cara menghitung siklus menstruasi, tidak sedikit wanita yang sering lupa dengan siklus haidnya sehingga harus mengulang-ngulang berhitung. Namun, dengan adanya kalkulator siklus haid kamu tidak perlu menghitung siklus secara manual lagi.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukan tanggal HPHT yakni hari pertama haid terakhir pada kalkulator ini. Selanjutnya, kamu juga akan diminta memasukan siklus haid. Setelah itu, dengan otomatis kalkulator ini akan menampilkan perkiraan tanggal haid berikutnya pada setiap bulan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi repot-repot menandai kalender setiap bulan dan menghitung siklus secara manual. Selain menghitung siklus haid, biasanya kalkulator ini juga digunakan untuk menghitung masa subur saat sedang berencana melakukan program kehamilan.

Itulah beberapa informasi mengenai siklus menstruasi dan kalkulator siklus haid. Mari mulai perhatikan diri sendiri dengan memantau siklus menstruasi kita sehingga jika terjadi kelainan bisa diketahui dengan segera. Jangan lupa untuk selalu berbagi kebaikan dengan berdonasi bersama WeCare.id. Yuk, download aplikasinya sekarang dan ulurkan bantuanmu.

Referensi: 

Cara Tepat Memprediksi Kapan Anda akan Haid Setiap Bulan. (29 Agustus 2021). HelloSehat. https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/wanita/menstruasi/cara-menghitung-siklus-haid/%3famp=1

Kalkulator Masa Subur – Aplikasi Kalender Kesuburan (2021). Ibu&Balita. https://www.ibudanbalita.com/aplikasi/kalkulator-kesuburanMenstruasi. (12 November 2021). Alodokter. https://www.alodokter.com/menstruasi]

Sumber Featured Image : burin kul dari Pixabay