Inilah 8 Cara Melancarkan Haid Agar Teratur Lagi

Inilah 8 Cara Melancarkan Haid Agar Teratur Lagi

Apakah kamu mengalami haid yang tidak lancar? Ketika haid tidak lancar, kamu pasti akan mencari tahu cara melancarkan haid. Tapi sebelum itu lebih baik kamu cari tahu dulu apakah kamu mengalami masalah haid tidak lancar. Biasanya periode haid berlangsung antara 4 hingga 7 hari. Umumnya haid seorang wanita terjadi tiap 28 hari, tapi siklus haid yang normal bisa berkisar antara 21 hingga 35 hari. Jika siklus haid kurang dari 25 hari atau lebih dari 35 hari, tidak haid selama tiga atau lebih secara berturut-turut, dan darah haid yang jauh lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya, bisa jadi kamu mengalami haid yang tidak lancar.

Klik Untuk Donasi - Miris!!! Bayi Salsa Lahir Tanpa Anus, Pertolonganmu Sangat diharapkan!
Atresia Ani
Salsa Ramadhani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.34,650,000
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 89

Cara Melancarkan Haid

Haid yang tidak lancar memang membuat frustrasi, tapi itu biasa terjadi. Berbagai faktor menjadi penyebabnya, seperti stres dan olahraga yang berlebihan. Kabar baiknya adalah ada beberapa cara untuk kembali melancarkan haidmu. Inilah 8 cara melancarkan haid yang bisa kamu praktikkan.

1. Pastikan untuk mendapatkan lemak yang cukup

Ketika mendengar kata lemak, kamu pasti langsung berpikir tentang kolesterol atau penyakit jantung. Lemak di sini adalah asupan lemak sehat. Ternyata asupan lemak sehat cukup penting untuk fungsi hormon dan keteraturan menstruasi. Faktanya, pendarahan yang tidak normal bisa jadi tanda kalau asupan lemak rendah.

Cara melancarkan haid yang mudah adalah dengan memasukkan beberapa lemak sehat dalam menu makananmu. Beberapa contoh lemak sehat yang bisa kamu konsumsi di antaranya buah alpukat, kelapa, kacang-kacangan (seperti almond), biji-bijian (seperti labu atau bunga matahari), minyak zaitun extra virgin, dan selai kacang (seperti almond atau peanut butter).

2. Berolahraga dengan teratur

Olahraga teratur mempunya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk siklus haid yang teratur, haid lancar dan pereda nyeri haid. Bila darahmu terpompa, maka kamu tidak akan sering mengalami kram saat haid. CDC merekomendasikan untuk melakukan aktivitas aerobik alias kardio selama 30 menit per hari. Jenis aktivitas ini di antaranya:

  • Jalan 
  • Lari
  • renang
  • bersepeda
  • yoga
  • menari

Ingatlah bahwa olahraga super intens bisa mengakibatkan haid tertunda. Penelitian ini sudah ada sejak lama, tapi masih berlaku hingga sekarang. 

3. Hindari stres

Banyak wanita mengalami haid tidak lancar atau tidak teratur karena menderita stres yang tinggi. Stres mempunyai dampak langsung pada sumbu hipotalamus-hipofisis-ovarium (HPO), yaitu sumbu reproduksi wanita. Sumbu ini adalah pengatur utama hormon reproduksi wanita: estrogen dan progesterone, yang bisa mengakibatkan haid tidak lancar dan tak teratur. Kortisol, hormon stres, sangat terkait dengan estrogen dan progesterone, yang bisa mempengaruhi ovulasi. Tanpa ovulasi, kadar progesterone bisa jadi rendah, yang mengakibatkan haid yang menyakitkan, perdarahan menstruasi yang berat, dan masalah kesuburan. Jadi cara melancarkan haid yang direkomendasikan adalah hindari stres.

4. Konsumsi sayuran cruciferous

Cara melancarkan haid selanjutnya adalah mengkonsumsi sayuran tertentu. Sayuran seperti selada, brokoli, dan sebagian besar sayuran hijau tua mempunyai senyawa yang dinamakan DIM. Diindolylmethane (DIM) merupakan senyawa yang dibuat ketika kamu mencerna sayuran cruciferous, seperti brokoli, kubis, kembang kol, kubis Brussel, lobak, kangkung, sawi hijau dan selada air. DIM yang membantu memetabolisme kelebihan estrogen dan menyeimbangkan hormon. Penelitian sudah menunjukkan bahwa DIM yang terkandung dalam sayuran cruciferous mendukung siklus menstruasi yang sehat dan bisa mengurangi risiko beberapa kanker yang sensitif terhadap estrogen. 

5. Menurunkan atau menambah berat badan

Perubahan berat badan bisa mempengaruhi siklus haidmu. Wanita dengan berat badan yang rendah bisa berarti haidnya tidak teratur atau bahkan berhenti. Untuk memproduksi hormon-hormon siklus menstruasi, tubuh membutuhkan sedikit lemak. Untuk itu bagi mereka yang berat badannya kurang, perlu menambah beratnya supaya membantu mengatur haid mereka. Sama halnya dengan obesitas atau kelebihan berat badan sehingga perlu menurunkan berat badan agar haid lancar. Cara melancarkan haid salah satunya yaitu dengan menjaga berat badan yang sehat karena itu penting untuk kesehatan reproduksi.

6. Kurangi konsumsi serat

Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang dilakukan dari tahun 2009, para ilmuwan menduga bahwa makan terlalu banyak serat bisa mempengaruhi ovulasi, yang bisa mengubah panjang siklus haid seseorang. Itu dikarenakan tingkat kandungan hormon-hormon yang penting untuk siklus haid, seperti estrogen, progesterone, Hormon perangsang folikel, dan hormone luteinisasi, dalam serat rendah.  

Namun penelitian ini temuannya sedikit lemah dan tidak semua ahli setuju bahwa serat mempengaruhi siklus haid.

7. Hindari diet rendah karbohidrat

Makan dengan kandungan karbohidrat yang super rendah bisa mengganggu fungsi tiroid, yang berdampak pada siklus haid. Terkadang diet rendah karbohidrat direkomendasikan untuk membantu menurunkan berat badan, yang bisa membantu melancarkan siklus menstruasi. Akan tetapi, jenis diet ini tidak ideal untuk semua orang.

Cara melancarkan haid yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks termasuk sayuran serta buah dan lemak sehat seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak zaitun. 

8. Latih kebiasaan tidur yang baik

Masalah menstruasi, khususnya PMS, bisa mengakibatkan kesulitan tidur bagi kebanyakan wanita, yang akhirnya bisa memperburuk gejala awal. Untuk membantu memerangi masalah tidur, coba praktikkan kebiasaan tidur yang baik. Langkah-langkah berikut ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur:

  • Tidur dan bangun pada jam yang sama tiap hari
  • Jangan membaca ataupun menonton TV di tempat tidur
  • Jangan tidur siang
  • Berolahragalah secara teratur, tapi cobalah untuk berolahraga sebelum jam 2 siang
  • Hindari mengkonsumsi kafein sesudah tengah hari.

Itulah rekomendasi cara melancarkan haid yang bisa dicoba. Masalah haid tidak lancar atau tidak teratur adalah hal yang umum terjadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti kurang berolahraga, kurang tidur, juga stres. Cara untuk mengurangi stres menurut para ahli salah satunya adalah menolong orang. Membantu orang lain dapat menurunkan tingkat stres harian menurut sebuah studi baru dari Yale University School of Medicine. Kamu bisa mencoba menolong pasien yang butuh bantuan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Cukupaplikasi WeCare.id WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Abnormal Menstruation (Periods). (2017). Diambil kembali dari my.clevelandclinic.org.

Beabout, L. (2021). Get Your Flow Back: 19 Ways to Regulate Your Period. Diambil kembali dari greatist.com.

Burgess, L. (2019). Can home remedies help regulate your period? Diambil kembali dari medicalnewstoday.com.

CentreSpringMD. (2021). Irregular Period? 10 Evidence-Based Ways to Help Regulate Your Cycles. Diambil kembali dari centrespringmd.com.

Helping others can reduce your stress and improve your mental health. (2015). Diambil kembali dari thestar.com.my.Marcin, A. (2019). How to Regulate Your Periods: 20 Tips and Tricks. Diambil kembali dari healthline.com.

Sumber Featured Image : Saranya7 dari Pixabay 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *