Yuk, Kenali 7 Jenis Yoga yang Bisa Kamu Coba

Yuk, Kenali 7 Jenis Yoga yang Bisa Kamu Coba

Siapa yang tak kenal dengan olahraga yoga? Olahraga yang sering dikaitkan dengan meditasi ini, tentunya memiliki banyak manfaat. Namun, tahukah kamu bahwa setiap jenis yoga memiliki manfaat yang berbeda – beda? Ayo simak 7 jenisnya berikut ini, sesuaikan dengan tingkat serta kebutuhanmu ya!

Klik Untuk Donasi - Sembako Kebahagiaan untuk Yatim & Dhuafa
  1. Terdanai Rp.1,954,101
  2. Pencapaian 0.11%
  3. Donatur 36

Ashtanga Yoga

Ashtanga adalah sebuah rangkaian yang melibatkan fisik untuk mensinkronisasi napas. Yoga ini diawali dengan sun salutation yang dilanjutkan dengan postur duduk atau berdiri, sebelum kembali ke rangkaian akhir, istirahat dan lakukan lagi. Ashtanga terdiri dari 6 postur yoga yang cukup menantang dan dilakukan tanpa henti. Sehingga, jenis yoga ini tidak direkomendasikan untuk kamu yang masih memiliki sendi dan otot yang lemah.

Vinyasa Flow

Vinyasa adalah jenis yoga yang berfokus dalam menghubungkan gerakan yoga yang berbeda – beda dalam satu aliran yang kreatif dan lembut, sembari menjaga napas. Vinyasa dikatakan sebagai olahraga yang bagus untuk tubuh bagian atas, biasanya dimulai dengan low plank atau plank dan hingga downward facing dog (Vinyasa). Selain itu, Vinyasa Flow terbukti mampu membantu meredekan stress, karena melibatkan konsentrasi, perhatian dan meditasi.

Power Yoga

Power Yoga memiliki ciri – ciri berupa banyak gerakan dan juga enerjik. Jenis yoga ini sendiri merupakan cabang dari Vinyasa dan Ashtanga, yang menggabungkan pernapasan dengan gerakan yang dipandu oleh guru. Rangkaian tersebut membuat kita menjadi berkeringat. Yoga ini cocok untuk kamu yang merupakan penggemar fitness, karena menantang dan dinamis.

Bikram Yoga

Bikram adalah olahraga yoga yang biasanya berdurasi 90 menit dan melibatkan 26 postur. Selain itu, melibatkan juga dua latihan pernapasan. Semua ini dilakukan dalam ruangan bersuhu 35 hingga 42 derajat Celsius. Rangkaian gerakan ini dirancang untuk membantu mempertahankan fungsi dan merawat kesehatan ligamen, pembuluh darah, otot dan organ dalam.

Bantu Dissa Lawan Penyakit Kanker yang dideritanya!

Hatha Yoga

Hatha Yoga adalah sebuah istilah yang umumnya digunakan pada semua jenis yoga yang berkaitan dengan postur fisik. Jika ada kelas dengan label ‘Hatha’ makan kamu akan dikenalkan pada sikap badan yang ada pada yoga klasik. Sikap – sikap badan tersebut akan lebih ditekankan pengajarannya dibandingkan dengan Vinyasa Flow. Pada umumnya kelas Hatha dibagi menjadi pengantar, sikap badan dasar, sampai teknik pernapasan. 

Iyengar Yoga

Iyengar Yoga dikembangkan oleh seorang yogi bernama B. K. S. Iyengar pada tahun 1960an. Jenis yoga ini berfokus pada presisi dan penyelarasan, karena itu jenis yoga ini cocok untuk semua umur dan juga semua tingkat ahli. Meskipun laju gerakan – gerakannya lambat, tidak berarti kelas ini mudah. Para guru akan membantumu mencari kelas yang sesuai dengan tingkat yang dikuasai menggunakan properti yang disediakan. Didukung dengan teknik sikap badan dan pernapasan yang sesuai, kamu bisa membangun fleksibilitas sekaligus kekuatan.

Yin Yoga

Yin berfokus pada pencarian ketenangan dan kesunyian tubuh. Jenis ini memiliki laju gerakan yang sangat lambat, dimana sikap badan akan ditahan dalam waktu yang lama, biasanya 2 hingga 20 menit. Yin Yoga bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan memicu saraf parasympathetic yang berfungsi untuk membangun sifat kalem secara emosional.

Itulah 7 jenis yoga yang bisa kamu pilih sesuai dengan manfaat yang diberikan. Kamu bisa mempertimbangkan juga untuk memasukkan yoga ke dalam pola hidup sehatmu! Ayo berdonasi di WeCare.id untuk membantu saudara – saudara kita, agar bisa sehat seperti kita yang habis melakukan yoga. Selain itu, kamu juga bisa berdonasi di WeCare.id dengan mudah melalui aplikasinya yang tersedia di App Store dan Google Play Store, ayo download sekarang! 

Klik Untuk Donasi - Bangun Rumah dan Sekolah Yatim dan Dhuafa
  1. Terdanai Rp.534,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 47

Referensi :

Anonim. Apakah YOGA Itu? Hanya Sebatas “Gerakan Yoga” Saja?. Diakses dari: https://yoganeka.com/apakah-yoga-itu-hanya-sebatas-gerakan-yoga-saja/ 
Citta, Givania. 2020. Ini Jenis-jenis Yoga yang Harus Kamu Tahu, Mana yang Cocok?. Diakses dari: https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/10/2020/22697/ini-jenis-jenis-yoga-yang-harus-kamu-tahu-mana-yang-cocok 

Nareza, Meva. 2021. Yoga untuk Pemula. Diakses dari: https://www.alodokter.com/tidak-perlu-bertubuh-lentur-untuk-ikut-yoga/ 

Wisnubrata. 2018. Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Diakses dari: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/06/110303420/mengenal-jenis-jenis-yoga-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/