Mengenal Jenis-Jenis dan Manfaat Yoga

Salah satu olahraga terkenal yang memiliki banyak penggemar adalah Yoga. Olahraga yang berasal dari India ini tak hanya terkenal di kalangan masyarakat umum tapi juga para selebriti.

Apa itu Yoga?

Kata yoga secara harfiah berarti “penyatuan”. Lebih dari sekedar latihan latihan fisik, yoga adalah penyatuan diri atau kesadaran individu, dengan kesadaran atau roh universal tanpa batas. Yoga adalah metode mencari tahu sifat pikiran, yang menekankan praktik dan pengalaman langsung.

Postur yoga masing-masing dibuat untuk tujuan kesehatan tertentu. Untuk Detoksifikasi, luruskan kembali otot, perkuat otot, dan ciptakan fleksibilitas.

Bersamaan dengan memperbaiki kesalahan postur tubuh, para yogi ini berusaha mencari cara untuk memperbaiki kesalahan pikiran. Seluruh filsafat diciptakan, semata-mata didasarkan pada memimpin manusia menemukan kebahagiaannya. Ajaran itu sangat tepat sehingga ajaran ini masih dipraktekkan hingga 5000 tahun kemudian.

Banyak yang mengira bahwa yoga berkaitan erat dengan sebuah ajaran agama. Namun, hal ini tidak benar karena yoga bukanlah agama. Latar belakang apa pun bisa mendapatkan manfaat kesehatan fisik dan mental dari yoga.

Manfaat Yoga

Ketika dilakukan dengan benar, bersama dengan teknik pernapasan terkait yang tepat, Yoga membantu merangsang sistem peredaran darah, proses pencernaan serta sistem saraf dan endokrin.

Memijat Semua Organ tubuh

Yoga mungkin satu-satunya bentuk aktivitas yang memijat semua kelenjar dan organ dalam tubuh secara menyeluruh, termasuk yang, seperti prostat, yang hampir tidak mendapatkan stimulasi eksternal selama seumur hidup kita.

 

Meningkatkan Pelumasan Sendi, Ligamen dan Tendon

Posisi yoga telah diteliti dengan baik dan dapat melatih berbagai tendon dan ligamen tubuh. Hasil penelitian dari Swami Vivekananda Yoga Anusandhana Samsthana, Bengaluru, India, menunjukkan latihan yoga dapat mencegah penurunan volume cairan sinovial dengan meregangkan dan memperkuat berbagai bagian tubuh, memijat dan membawa darah segar ke organ-organ internal sambil meremajakan sistem saraf dan melumasi sendi, otot, dan ligamen.

Meningkatkan Fleksibilitas

Yoga memiliki posisi yang bekerja pada berbagai sendi tubuh termasuk sendi yang tidak pernah benar-benar ada di ‘layar radar’ apalagi berolahraga.

Penelitian dari Universitas Nasional San Diego dan Sangam Yoga International dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa latihan yoga teratur dapat meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan serta ukuran seluruh tubuh atlet perguruan tinggi pria dan karenanya, dapat meningkatkan kinerja atletik yang memerlukan karakteristik ini.

Detoksifikasi Lengkap

Dengan meregangkan otot dan sendi dengan lembut serta memijat berbagai organ, yoga memastikan suplai darah optimal ke berbagai bagian tubuh. Ini membantu dalam membuang racun dari setiap sudut dan celah serta menyediakan makanan sampai titik terakhir.

Menurut peneliti dari Sir Ganga Ram Hospital, yoga dipercaya membantu mendetoksifikasi tubuh, mengurangi kelelahan kronis, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi organ dan kekebalan tubuh.

Mengencangkan otot

Gerakan yoga terdiri dari gerakan yang berulang-ulang yang salah satu tujuannya adalah menghilangkan kelebihan lemak dan otot yang kedur.

 

Menurunkan Stres

Yoga terkenal karena kemampuannya untuk meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Penelitian dari Universitas South Australia, Adelaide, menunjukkan bahwa yoga tampaknya memberikan peningkatan yang sebanding dalam hal stres, kecemasan, dan status kesehatan dibandingkan dengan relaksasi.

Jenis-Jenis Yoga

  1. Vinyasa

Vinyasa yoga populer dan diajarkan di sebagian besar studio dan gym. “Vinyasa” berarti menghubungkan nafas dengan gerakan. Postur biasanya dilakukan dalam urutan yang mengalir, atau “aliran vinyasa.”

  1. Ashtanga

Ashtanga berarti “delapan anggota badan” dan mencakup gaya hidup yoga. Kebanyakan orang mengidentifikasi Ashtanga sebagai yoga India tradisional. Seperti Vinyasa yoga, asana yoga Ashtanga (postur) menyinkronkan napas dengan gerakan saat kamu bergerak melalui serangkaian postur.

  1. Iyengar

Juga berdasarkan pada Delapan Anggota Yoga, Iyengar yoga dinamai setelah B.K.S. Iyengar, seorang yogi terkenal dari India. Yoga ini dipopulerkan di Barat sekitar waktu yang sama dengan yoga Ashtanga.

Penekanan pada praktik ini adalah penyelarasan di asana menggunakan kontrol napas melalui pranayama dan penggunaan alat peraga (guling, selimut, balok dan tali pengikat.)

  1. Bikram

Bikram yoga dirancang oleh Bikram Choudhury pada tahun 1970-an, yang membawa latihan ini ke California dari India. Kelas terdiri dari dua puluh enam postur yoga dan dua latihan pernapasan yang sama.

 

  1. Jivamukti

Jivamukti diciptakan pada tahun 1984 oleh Sharon Gannon dan David Life di New York City. ivamukti diterjemahkan menjadi “makhluk yang dibebaskan.”

Kelas menggabungkan nyanyian Sanskerta, Pranayama, dan gerakan (Asanas), dengan tema atau pelajaran untuk setiap kelas. Yoga ini adalah campuran yang baik dari latihan spiritual dan fisik.

  1. Power

Power yoga adalah latihan vinyasa berbasis kebugaran. Merupakan cabang dari Yoga Ashtanga, yoga ini memiliki banyak kualitas dan manfaat yang sama, termasuk membangun panas internal, meningkatkan stamina, kekuatan, dan fleksibilitas, serta mengurangi stres.

  1. Yin

Yoga Yin adalah latihan meditasi yang memungkinkan tubuh kamu menjadi nyaman dalam berpose tanpa melakukan pekerjaan apa pun (kekuatan). Yoga ini juga disebut yoga Tao, dan berfokus pada pemanjangan jaringan ikat di dalam tubuh.

  1. Kundalini

Gaya ini adalah tentang melepaskan energi kundalini di tubuh kamu yang dikatakan terperangkap, atau digulung, di tulang belakang bagian bawah. Kelas-kelas yoga ini benar-benar melatih inti dan pernapasan kamu dengan postur dan latihan pernapasan yang bergerak cepat dan menyegarkan.

 

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.revolutionyogaspace.com/pdf/yogabenefit.pdf

https://www.yfni.co.uk/sites/default/files/Types-of-yoga.pdf

https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga#section9

https://www.mindbodygreen.com/articles/the-11-major-types-of-yoga-explained-simply

https://www.happyyogainternational.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *