7 Tips Agar Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonis

7 Tips Agar Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonis

Hubungan yang harmonis dan romantis merupakan salah satu indikasi dari sebuah hubungan yang sehat. Tentu saja itu menjadi impian bagi banyak orang, bukan? Selain itu, memiliki hubungan yang sehat ternyata dapat memberikan dampak positif, baik untuk fisik maupun psikis (Umberson and Montez, 2010).

Namun sayangnya, realita memang tak seindah yang dibayangkan. Untuk mewujudkan hubungan yang sehat, apalagi tetap membutuhkan usaha yang tidak mudah. Tapi tenang saja, pada artikel kali ini, kita akan mengulas beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar hubunganmu dengan pasangan tetap harmonis dan romantis. Simak sampai habis, ya!

Tips Membangun Hubungan yang Harmonis

Hal yang perlu diingat dalam mewujudkan hubungan yang sehat dan harmonis adalah dibutuhkan kerjasama antar pasangan. Atau dengan kata lain, kedua pasangan harus saling memberi dan menerima, sehingga tips berikut ini akan berjalan dengan baik. 

  1. Berikan apresiasi

Pemberian apresiasi untuk pasangan merupakan salah satu langkah untuk menunjukkan bahwa kamu merasa beruntung dan bersyukur memiliki pasangan. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Personal Relationship menunjukkan bahwa, menunjukkan rasa terima kasih kepada pasangan akan meningkatkan kepuasan dalam berhubungan. 

  1. Menjaga kepercayaan

Menurut teori Erikson tentang psychosocial stage of life, menjaga kepercayaan satu sama lain menjadi salah satu pondasi terpenting untuk mempertahankan hubungan agar tetap berdiri kokoh. Kepercayaan juga menjadi dasar untuk semua hubungan yang kita miliki agar mampu bergerak maju. 

  1. Menyempatkan untuk quality time

Setiap individu dalam pasangan juga tentunya memiliki kesibukan masing-masing. Tak ayal, jika kebosanan bisa muncul kapan saja. Oleh karena itu, penting untuk kamu dan pasangan menyempatkan untuk melakukan quality time dan lakukan hal-hal baru atau menarik secara bersama. 

  1. Menunjukkan kasih sayang

Saat melakukan quality time bersama, jangan sungkan juga untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangan kamu. Akhir-akhir ini kamu pasti sudah sering mendengar tentang love language, bukan? Nah, kamu bisa mulai mengidentifikasi love language mu dan pasangan, agar kalian dapat saling memberi dan menerima kasih sayang secara tepat. 

  1. Bangun humor receh juga tak apa

Untuk membangun hubungan yang sehat dan tetap harmonis, kestabilan emosi menjadi penting. Menyelipkan humor dalam hubungan akan membantu mewujudkan kestabilan emosi loh, agar hubungan kamu tidak terlalu serius. Coba pahami humor satu sama lain. Melakukan humor receh juga menarik. 

  1. Menunjukkan empati

Dalam poin ini artinya kamu harus pintar-pintar untuk memahami apa yang tengah dirasakan pasangan. Ibaratnya, kamu harus mampu berjalan menggunakan sepatu orang lain, memahami dengan betul apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh pasangan. Dengan begitu akan muncul keterbukaan satu sama lain. 

  1. Menjaga komunikasi

Keenam poin diatas mungkin akan mudah kamu lakukan, namun jika tidak diimbangi dengan komunikasi yang baik maka semuanya akan menjadi sia-sia. Dengan menjaga komunikasi yang baik, maka pasangan akan terbuka satu sama lain. Ini juga menjadi salah satu cara menghindari permasalahan yang tidak diinginkan.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan hubungan yang harmonis dan romantis, bahkan sehat untuk kamu dan pasangan. Beberapa poin mungkin terkesan sepele, namun justru hal-hal tersebut yang dapat menjaga keseimbangan hubunganmu dengan pasangan. Salah satunya adalah melakukan donasi untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Unduh aplikasinya di Google Play atau App Store untuk donasi yang mudah dan praktis. 

Referensi:

Brenner, A. (2017, April 26). 7 building blocks of a great relationship. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-flux/201704/7-building-blocks-great-relationship

Cherry, K. (2019, November 18). Are you in a healthy relationship? Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/all-about-healthy-relationship-4774802#citation-1

Mcleod, S. (2007, February 5). Erik Erikson | Psychosocial stages | Simply psychology. Study Guides for Psychology Students – Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/Erik-Erikson.htmlUmberson D, Montez JK. Social relationships and health: a flashpoint for health policyJ Health Soc Behav. 2010;51 Suppl(Suppl):S54–S66. doi:10.1177/0022146510383501

Sumber Featured Image : The HK Photo Company on Unsplash