Tips Jitu Membangun Hubungan Sehat dengan Pasangan

Tips Jitu Membangun Hubungan Sehat dengan Pasangan

Memiliki hubungan yang sehat tentu jadi dambaan semua pasangan. Namun, memiliki hubungan sehat yang langgeng dan harmonis ini tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu usaha, komitmen, dan perjuangan yang panjang dalam melewati semua rintangan.

Klik Untuk Donasi - Sekujur Tubuhnya dipenuhi Luka akibat Penyakit Kulit Kronis, Ikshan Mengharapkan Uluran Tanganmu!
Dermatitis Atopik
Muhammad Ikhsan Cahyadi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,059,230
  2. Pencapaian 18.33%
  3. Donatur 93

Bagaimana caranya memiliki hubungan sehat yang awet dan langgeng bersama pasangan? Baca tips berikut ini.

5 Tips Membangun Hubungan Sehat yang Langgeng

Hubungan romantis yang sehat, tentu memberikan kebahagiaan jangka panjang. Namun, terkadang perjalanan kita bersama pasangan tidak selalu mulus. Berbagai masalah datang silih berganti. Agar kamu selalu bisa melewati cobaan dan membangun hubungan yang langgeng bersama pasangan, lakukan tips berikut ini:

1. Tunjukkan Kasih Sayang dan Habiskan Waktu Bersama

Setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda. Begitu juga cara mereka menunjukkan kasih sayang terhadap pasangan. Ada pasangan yang suka mengungkapkan perasaan mereka secara gamblang. Namun, ada juga yang lebih suka menunjukkannya melalui perbuatan, perhatian, kebersamaan, atau sentuhan.

Apa pun bahasa cinta kamu dan pasangan, saling memahami bahasa cinta masing-masing merupakan kunci hubungan yang langgeng. Tunjukkan kasih sayangmu dengan bahasa cinta yang disukai oleh pasangan, begitu juga sebaliknya. Selain itu, sering habiskan waktu bersama agar kamu dan pasangan semakin mengenal satu sama lain.

2. Menjaga Komunikasi

Komunikasi yang baik merupakan kunci sebuah hubungan sehat. Oleh karena itu, jangan segan untuk mengutarakan isi hatimu ke pada pasangan meski kalian sudah lama bersama. Agar pasangan tidak menebak-nebak isi hatimu dan terhindar dari kesalahpahaman.

Selain itu, pahamilah bahasa tubuh pasangan. Ketika ada bahasa tubuh yang tersirat, kamu bisa segera menanyakannya pada pasangan. Bisa jadi pasangan sedang dalam kondisi tidak baik dan membutuhkan bantuanmu. Namun, dia mengalami kesulitan untuk mengutarakan isi hatinya. Maka, tunjukkan empati dan jadilah pendengar yang baik untuknya.

3. Menjaga Keintiman

Intim bersama pasangan bukan selalu tentang hubungan seksual. Namun, bisa berupa sentuhan, pelukan, berpegangan tangan, atau berciuman. Kamu harus peka terhadap keintiman yang disukai oleh pasangan. Misal, pasangan tidak suka disentuh pada area tertentu, maka hindari hal tersebut. Karena jika kamu memaksakan kehendak, tindakan tersebut dapat membuat pasangan merasa tidak nyaman.

Jagalah kemesraan hubungan dengan hal-hal yang disukai oleh pasangan, begitu juga sebaliknya. Cari kegiatan yang bisa dilakukan bersama atau mencoba hal baru bersama pasangan, bisa menjadi cara menyenangkan untuk menjaga keintiman.

Gotong Royong Bantu UMKM dan Masyarakat Bertahan di Tengah Pandemi

4. Hargai Keberadaan Pasangan

Di awal hubungan, kita dan pasangan selalu terlihat mesra. Namun, seiring berjalannya waktu, terkadang kita jadi mengabaikannya karena merasa terbiasa. Terlebih jika kita sedang dalam fase bosan dan menemukan hal baru yang lebih menarik.

Jenuh dalam sebuah hubungan merupakan hal yang wajar. Namun, kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena dapat mengganggu kelanggengan sebuah hubungan. Komunikasikan apa yang kamu rasakan dengan pasangan. Kemudian, cari solusinya bersama. Dengan demikian, kamu menghargai keberadaannya.

5. Saling Memberi dan Menerima

Hubungan yang sehat dibangun berdasarkan komitmen dan peran kedua belah pihak. Jadi, buang jauh-jauh ekspektasi untuk selalu mendapatkan semua yang kamu inginkan tanpa berusaha melakukan hal serupa pada pasangan. Karena dalam sebuah hubungan, kedua belah pihak perlu memberi dan menerima.

Hal ini juga berlaku ketika ada konflik dalam hubungan. Kamu tidak bisa menuntut pasangan untuk selalu memahami dan mengalah. Jika kamu melakukan kesalahan, akui itu dan minta maaflah dengan tulus. Saling mendengarkan dan saling memaafkan adalah kunci untuk menyelesaikan konflik dengan bijak.

Untuk membangun hubungan sehat, kamu juga bisa mengajak pasangan melakukan kebaikan bersama. Salah satunya dengan memberikan donasi bagi mereka yang membutuhkan melalui WeCare.id. Yuk, segera download aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play agar kamu dan pasangan bisa donasi kapan saja, di mana saja!

Klik Untuk Donasi - Zakatmu Bantu Perjuangan Guru Ngaji
  1. Terdanai Rp.13,476,264
  2. Pencapaian 75.92%
  3. Donatur 163

Referensi:

Ariani, Karinta. (2021). 7 Kunci Menjaga Hubungan Tetap Sehat, Langgeng, dan Harmonis. Diakses pada 15 Agustus 2021, dari

https://hellosehat.com/mental/hubungan-harmonis/tips-hubungan-langgeng-awet/

Nurdivahafsari, Emillia. (2020). 5 Langkah Bangun Hubungan Sehat dengan Pasangan. Diakses pada 15 Agustus 2021, dari

https://www.popbela.com/relationship/dating/emillia-nurdivahafsari-kusumawardani/5-langkah-bangun-hubungan-sehat-dengan-pasangan/5

Tri, Gayuh. (2021). 5 Langkah Membangun Hubungan yang Sehat Bersama dengan Pasangan. Diakses pada 15 Agustus 2021 , dari

https://www.fimela.com/lifestyle/read/4471985/5-langkah-membangun-hubungan-yang-sehat-bersama-dengan-pasangan