Bangun Hubungan Sehat dengan Atasi 7 Masalah Ini

Bangun Hubungan Sehat dengan Atasi 7 Masalah Ini

Memiliki hubungan sehat bukan berarti kamu bebas dari berbagai masalah dengan pasangan. Hadirnya masalah terkadang bisa jadi “bumbu-bumbu” yang mempererat sebuah hubungan jika kamu dan pasangan bisa menyikapinya secara dewasa. Lantas, apa saja masalah yang sering terjadi dalam sebuah hubungan dan bagaimana cara mengatasinya?

7 Masalah dalam Hubungan Sehat dan Cara Mengatasinya

  1. Komunikasi yang Buruk

Sebagian besar masalah dalam sebuah hubungan berawal dari komunikasi yang buruk. Sebagai contoh, ketika merasa kecewa pada pasangan, kamu enggan memberitahunya dan berharap dia tahu dengan sendirinya.

Komunikasi yang buruk juga bisa terjadi ketika pasangan mengambil keputusan sepihak, karena perbedaan pendapat, atau kedua pasangan sibuk dengan dunianya masing-masing.

Untuk mengatasi masalah ini, kedua belah pihak harus sama-sama menyadari pentingnya memperbaiki komunikasi. Mulailah untuk saling terbuka, mengerti satu sama lain, dan saling mendengarkan. Ketika sedang berdua, fokuslah pada pasanganmu.

Salurkan bantuan anda, bantu kesembuhan para pasien ini dengan menyumbang mulai dari Rp 1.000

  1. Keintiman

Dalam sebuah hubungan yang sudah berlangsung lama, seringkali pasangan merasa bosan dan jadi kurang intim. Kondisi ini bisa dipicu oleh banyak faktor, seperti sibuk dengan pekerjaan masing-masing, jarang menghabiskan waktu berdua, kepercayaan diri berkurang, berkurangnya komunikasi, atau karena ada anak-anak.

Solusi mengatasi masalah ini adalah dengan komunikasi dan mencari solusi bersama. Kamu dan pasangan bisa kembali membangun keintiman ketika menjelang tidur atau saat tidak ada anak-anak di rumah. Selain itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk makan malam berdua atau mengunjungi tempat-tempat yang kalian suka.

  1. Keuangan

Cara mengelola keuangan, terkadang bisa memicu masalah dalam hubungan. Terlebih ketika pasangan mengambil keputusan finansial tanpa diskusi terlebih dahulu. Kondisi ini akan membuat kamu merasa tidak dihargai dan tidak dianggap.

Selain itu, kekhawatiran akan finansial di masa depan juga bisa menjadi pemicu pertengkaran. Untuk menyelesaikan masalah ini, kamu dan pasangan harus saling transparan perihal finansial. Agar tercipta hubungan sehat yang saling percaya dan menghargai.

  1. Cara Mendidik Anak

Perbedaan dalam cara mendidik anak terkadang menjadi perdebatan dalam hubungan rumah tangga. Solusi untuk masalah ini tentu saja dengan menyamakan visi dan misi dalam mendidik anak. Diskusi dengan pasangan tentang cara mendidik anak hingga mencapai kesepakatan dan satu suara. Selain itu, hindari berdebat di depan anak.

  1. Pekerjaan Rumah

Terdengar sepele tapi hal ini sering kali menjadi pemicu pertengkaran rumah tangga. Terlebih pada pasangan yang memutuskan mengurus semuanya sendiri. Seringkali pihak istri merasa lelah fisik dan emosional, merasa tidak adil, dan kecewa ketika suami tidak membantunya.

Untuk mengatasi masalah ini, pasangan perlu berdiskusi dan membuat kesepakatan pembagian pekerjaan rumah yang adil. Selain itu, saling pengertian juga diperlukan. Misal, ketika istri sedang repot mengurus anak dan tidak memiliki waktu membersihkan rumah, sebaiknya suami menggantikan tugasnya. Begitu juga sebaliknya.

  1. Kebiasaan Pasangan

Ketika masih dalam tahap pacaran, mungkin kamu tidak keberatan dengan kebiasaan pasangan. Namun saat sudah menikah, hal ini terkadang menjadi pemicu masalah rumah tangga. Terlebih jika kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan buruk.

Solusinya, bicarakan hal ini dengan pasangan. Ajak pasangan untuk berubah dengan cara yang baik-baik. Selama pasangan dalam proses berubah, kamu juga harus sabar untuk mengingatkannya.

  1. Menjaga Kepercayaan

Saling percaya merupakan pondasi utama dalam sebuah hubungan. Jika kepercayaan ke pada pasangan mulai pudar, kamu perlu berhati-hati. Utarakan hal yang membuatmu gelisah dan kehilangan kepercayaan pada pasangan.

Agar hubungan kamu dan pasangan kembali sehat, bicarakan masalah tersebut secara baik-baik. Temukan solusi bersama. Selain itu, hindari berbohong dan saling terbuka agar kepercayaan terhadap pasangan tetap utuh.

Membangun hubungan sehat adalah kerjasama antara dua orang. Oleh karena itu, keterbukaan, kepercayaan, saling membantu, dan menghargai adalah poin- poin penting yang harus dijaga. Berbicara tentang saling membantu, kamu juga bisa membantu orang lain yang sedang membutuhkan melalui WeCare.id. Download aplikasi WeCare.id agar kamu bisa dengan memberikan donasi kapan pun, di mana pun! Kamu juga bisa melakukan donasi rutin melalui program SEHATI.

Referensi:

Andika, Bernadette. (2020). Tidak Selalu Indah, Inilah 7 Sumber Masalah dalam

Hubungan!. Diakses pada 17 Agustus 2021, dari

https://www.guesehat.com/7-sumber-masalah-dalam-hubungan

Dini, Mega. (2019). Apa Pun yang Terjadi, Stop Curhat 7 Masalah Hubungan Ini ke

Orang Lain. Diakses pada 17 Agustus 2021, dari

https://www.popbela.com/relationship/married/megadini/curhat-masalah-hubungan/full

Riskita, Amelia. (2021). 10 Masalah Rumah Tangga yang Patut Diwaspadai dan

Cara Mengatasinya. Diakses pada 17 Agustus 2021 , dari

Sumber Featured Image : Tú Anh dari Pixabay 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *