5 Manfaat Self Healing Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

5 Manfaat Self Healing Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

Apakah kamu sering merasa lelah karena kesehatan mentalmu sedang tidak baik-baik saja? Self healing bisa menjadi jawaban untuk mengatasinya. Istilah ini semakin populer setiap harinya. Tidak heran, karena kita sendiri seringkali merasakan penat yang tak kunjung usai dan membutuhkan pemulihan. 

Namun, apa sebenarnya self healing itu? Bagaimana cara melakukannya dan adakah manfaat yang bisa kita rasakan nantinya? Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak selengkapnya dalam uraian berikut ini.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Self Healing
  2. 2. Tata Cara Self Healing

Pengertian Self Healing

Proses penyembuhan dan pemulihan dari kondisi mental dan emosional yang buruk. Proses penyembuhan dan pemulihan ini lebih cenderung pada hal seperti trauma, depresi, stres, dan gangguan kecemasan berlebihan. Kita yang kelelahan karena selalu menghsdapi rutinitas yang sama setiap hari, atau mengalami stres yang tak berkesudahan, tentu saja memerlukan metode pemulihan ini. 

Tata Cara Self Healing

Jika melihat media sosial, maka akan begitu banyak orang yang menyarankan untuk self healing ke suatu tempat yang menyenangkan. Tidak salah memang, karena hal tersebut juga akan membantu kita merileksan diri. Namun, untuk sebagian orang ternyata jalan-jalan menjadi hal yang sulit dilakukan di tengah rutinitas dan kesibukan.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa teknik yang bisa kamu coba tanpa harus berpergian jauh.

1. Self compassion

Kita seringkali tanpa sadar menjadi sangat keras pada diri sendiri. Arti kata keras disini bukan bermakna melukai diri secara fisik. Namun secara kejiwaan kita terlalu sering memaksakan kehendak dan tidak menerima kondisi. Bahkan tak jarang, kita juga mengucapkan kata-kata tidak baik untuk diri sendiri. Maka dari itu, teknik self healing pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencintai diri sendiri, menerima kondisi, dan memaafkan yang telah terjadi.

2. Meningkatkan kualitas Tidur

Umumnya, gangguan mental identik dengan kualitas tidur yang kurang baik. Kualitas tidur akan mempengaruhi kualitas kesehatan mental kita. Misalnya saja terlalu sering begadang hingga pagi, akan menimbulkan stres dan kelelahan. Oleh karenanya, memastikan diri untuk mendapatkan jam tidur yang berkualitas juga merupakan salah satu bagian dari self healing yang bisa kamu lakukan.

3. Menarik napas lebih dalam

Pasti sebagian dari kita pernah melakukan metode “tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan” untuk mengurangi rasa cemas dan panik. Ternyata metode ini terbukti efektif untuk menenangkan diri dan mengatasi stres. Selain itu, metode ini juga dapat dilakukan berulang kali. 

Manfaat Bagi Kesehatan Mental

Self healing merupakan proses penyembuhan dan pemulihan diri dari luka yang diakibatkan oleh banyak hal. Sebagian luka tersebut dapat menyebabkan kita mengalami gangguan mental.  Maka dari itu, hal ini menjadi salah satu alternatif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mental kita. 

Mental yang sehat mampu membuatmu menyadari minat dan bakat yang kamu miliki hingga akhirnya berdampak pada produktivitasmu. Tak hanya itu, kondisi mental yang sehat juga akan membuatmu mampu memberikan banyak manfaat dan kontribusi pada lingkungan sekitar.

Manfaatnya antara lain:

1. Agar kita mampu selalu berpikir positif

2. Mengurangi kecemasan dan stres

3. Menerima diri sendiri dan memaafkan masa lalu

4. Meningkatkan produktivitas kerja

5. Menimbulkan perasaan bahagia

Berbicara tentang perasaan bahagia, ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkannya. Selain melalui self healing, kamu juga bisa memperoleh kebahagiaan dengan berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Wecare.id siap menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk kamu gunakan dalam menyalurkan bantuan.  

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Referensi

Berkeley Well Being Institute. Self-Healing: Definition & Tips for Healing Yourself. berkeleywellbeing.com.

Institu Teknologi Sepuluh Nopember. 2021. Mari Belajar Self Healing untuk Kesehatan Mental. its.ac.id

Sumber Featured Image : William Farlow on Unsplash